1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Tips Merawat Wajah dengan Masker Buah-Buahan di Bulan Ramadan

Jum'at, 18 Mei 2018 15:45 Penulis: Rohmitriasih
copyright shutterstock.com

Vemale.com - Bagi sebagian besar orang, wajah merupakan anggota tubuh paling penting. Wajah juga menjadi salah satu aset paling penting sehingga perlu dirawat dengan sangat baik salah satunya dengan memakai masker wajah secara rutin. Wajah yang sering terpapar sinar matahari, tidak mendapatkan perawatan maksimal, terpapar radikal bebas, salah menggunakan produk kosmetik hingga stres bisa membuat kondisi wajah bermasalah mulai dari masalah komedo hingga jerawat.

Demi dapatkan wajah yang cantik dan sehat selalu, di bulan Ramadan ini kita penting merawat wajah salah satunya dengan cara memakai masker secara rutin. Mengenai masker wajah, sejauh ini memang ada banyak masker buatan yang bisa dibeli di pasaran atau toko kosmetik. Namun, masker wajah juga bisa dibuat dengan bahan-bahan alami seperti buah dan diaplikasikan di rumah.

Dilansir dari dari buku berjudul "Dari Alam untuk Kecantikan Sempurna karya Sukmo Pinuji", berikut adalah resep masker perawatan wajah alami dari buah-buahan yang bisa kamu aplikasikan sesuai jenis kulit dan mampu menjaga kelembapan kulit selama bulan ramadan.

Masker Apel
Apel sangat baik digunakan untuk jenis kulit yang berminyak dan mudah berjerawat. Apel  kaya vitamin yang terdiri dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan vitamin C. Apel juga diperkaya dengan kandungan mineral antara lain kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi. Untuk membuat masker apel, siapkan satu buah apel ukuran sedang. Parutlah apel tersebut lalu campur dengan lima sendok makan madu. Oleskan ke seluruh wajah kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah mengering, bersihkan wajah.

Buah apel mengandung nutrisi yang sangat baik buat kulit/copyright pixabay.com/Mihail-Hukuna

Masker Wortel
Wortel juga merupakan buah yang sangat bagus untuk jenis kulit berminyak. Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin B yang baik bagi kulit. Kandungan beta karoten dan potasium yang ada di dalam wortel juga dapat membantu merawat kulit. Untuk membuat masker wortel, siapkan dua atau tiga buah wortel. Rebus wortel tersebut kemudian dihancurkan sampai lembut. Campurkan dengan setengah sendok madu kemudian oleskan pada wajah. Tunggu hingga 10 menit kemudian bersihkan wajah.

Masker Alpukat
Buah alpukat sangat cocok digunakan untuk kulit kering karena buah ini mengandung lemak sehat yang sangat baik untuk melembabkan kulit kering. Buah ini juga kaya akan protein, karotenoid, dan mineral-mineral penting lainnya. Untuk membuat masker alpukat, sediakan setengah buah alpukat kemudian haluskan. Campur dengan lima sendok madu. Aplikasikan resep tadi ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu cuci bersih wajah.

Sejak zaman dulu buah alpukat menjadi bahan dasar untuk masker kecantikan/copyright pixabay.com/stucx

Masker Pisang
Pisang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang memiliki kulit cenderung kering. Buah ini kaya akan vitamin C, B6, potasium, serta mengandung pelembap alami yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Untuk membuat masker pisang, sediakan dua buah pisang matang lalu haluskan. Campurkan dengan lima sendok makan madu. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah, tunggu hingga 10 menit sebelum dibersihkan.

Itulah beberapa masker wajah dari buah-buahan yang bisa dimanfaatkan sebagai masker alami. Selamat mencoba dan dapatkan wajah cantik tanpa harus melakukan perawatan mahal di klinik atau salon kecantikan.
Sumber: Liputan6.com



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
#MusikTalk The Jawara - Racun Cinta Dari Mantan Personil D'Bagindas