Sukses

Beauty

Ternyata, Tak Hanya Kulit Wajah Yang Mengalami Penuaan Dini

Ladies, tidak ada yang abadi dalam diri kita, termasuk tubuh kita. Sudah manusiawi, semakin lama manusia hidup, ia akan mengalami penuaan.

Penuaan adalah proses alami yang pasti terjadi dalam hidup manusia. Seiring bertambahnya usia maka satu persatu tanda-tanda penuaan akan mulai muncul pada tubuh kita. Aktivitas harian yang tinggi tanpa disadari juga berperan dalam mempercepat terjadi proses penuaan sehingga beberapa tanda penuaan akan muncul lebih awal atau yang sering disebut penuaan dini.

Apa penyebab proses penuaan dini?

Proses penuaan dini/Foto: copyright pexels.com/@minan1398

Ada beberapa teori yang biasa dipakai untuk menjelaskan terjadinya proses penuaan. Penumpukan radikal bebas akibat paparan oksidatif adalah salah satu yang paling sering dipakai dalam menjelaskan terjadinya proses penuaan. Radikal bebas yang berlebih dapat menyebabkan kemunduran fungsi organ-organ tubuh.

Kulit adalah organ terluar yang langsung dapat diamati ketika terjadi proses penuaan dini. Kurangnya perawatan kulit seperti tidak menggunakan sunscreen secara memadai ketika beraktivitas setiap hari, tidur malam yang kurang atau pola diet yang sembarangan disertai kurangnya konsumsi cairan harian menjadi penyebab munculnya garis-garis halus dan keriput, noda hitam pada kulit, kulit kering dan sensitif. Penuaan dini juga dapat terjadi pada organ-organ tubuh yang lain tidak hanya terbatas pada kulit.

Bagaimana cara mencegah penuaan dini?

Mencegah penuaan dini/Foto: copyright pexels.com/@minan1398

Untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini diperlukan sebuah perubahan pola hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat, pola tidur yang baik dan cukup, mengatur waktu secara rutin untuk berolah raga, bekerja dengan baik dan juga meluangkan waktu untuk relaksasi ataupun rekreasi. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung anti oksidan juga bisa dilakukan untuk mengatasi tumpukan radikal bebas dalam tubuh.

Sumber: Olive Tree Health and Beauty Center

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading