Sukses

Beauty

Ini Dia Jenis-Jenis Alkohol yang Aman Untuk Kulit Wajahmu

Ladies, umumnya alkohol tidak disarankan untuk kulit. Namun tidak semua alkohol tak ramah di kulit. Ada beberapa alkohol yang tidak menimbulkan iritasi atau kerusakan pada wajah.

Kamu mungkin sering menemukan produk yang berlabel “free alcohol”. Produk ini sebenarnya tidak 100% bebas alkohol, tetap ada kandungan alkohol di dalamnya. Alkohol yang dikandung produk tersebut hanya terbebas dari alkohol yang terbuat dari bahan kimia keras, namun mengandung alkohol lemak (biasanya terbuat hasil fermentasi olahan minyak) yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit saat digunakan.

Nah berikut ini adalah beberapa alkohol yang ramah untuk kulitmu:

  • Yang pertama adalah low molecular weight alcohol. Alkohol yang satu ini punya sifat mudah memuai atau menguap di kulit. Tetap ada reaksi kimia yang ditimbulkan, biasanya kulit akan terasa kering.
  • Steril alcohol juga ramah untuk kulit. Ini terbuat dari minyak kelapa yang berfungsi sebagai emulsifier dan emolien (pelembab) di dalam produk kecantikan. Emulsifier ini merupakan senyawa yang digunakan untuk mengikat minyak dan cairan dalam produk kecantikan dan biasa digunakan dalam sabun cuci muka untuk menghasilkan busa.
  • Lenolin alcohol sering dipakai dalam pelembap yang fungsinya untuk memberi kelembaban di wajah. Lenolin alcohol biasanya terbuat dari olahan kulit domba.
  • Setil Alcohol 40 terbuat dari olahan minyak sawit, minyak kelapa, dan biji-bijian. Selain setil alcohol, masih banyak lagi jenis alkohol lainnya yang terbuat dari bahan olahan minyak ini, seperti ceteary alcohol dan setostearyl alcohol yang fungsinya untuk bahan pemadat. Biasanya digunakan dalam produk cair.


Nah Ladies, pastikan saat memilih produk perawatan kulit kamu benar-benar mengetahui kandungan di dalamnya ya. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading