Sukses

Beauty

Sudah Rajin Gosok Gigi Tapi Bau Mulut Masih Menghantui? Intip Sebabnya Yuk

Bau mulut jadi salah satu masalah pelik yang bikin percaya diri terjun bebas. Banyak sekali penyebab hal tidak mengenakkan ini bisa terjadi. Biasanya karena ada masalah pada rongga mulut yang tidak pernah kamu sadari. Nah, halitosis ini dapat terjadi karena adanya ribuan mikroorganisme yang bersemayam di dalam mulut.

Kadang sudah merasa rajin sikat gigi, tapi mengapa bau mulut masih saja menghantui? Berdasarkan sebuah penelitian, kata dia, 90 kasus bau mulut terjadi akibat adanya masalah pada rongga mulut, sembilan persen karena masalah dari sistem pernapasan, dan satu persen akibat masalah pencernaan.

  • Sebab pertama adalah karena lidah yang kotor. Bau mulut bisa terjadi karena lidah yang tidak pernah dibersihkan secara berkala bisa jadi tempat untuk bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut
  • Selanjutnya karena gigi yang berlubang. Makanan bisa menyangkut pada gigi berlubang yang tidak juga ditambal. Sisa makanan yang menyangkut tersebut bisa berubah menjadi tempat bagi bakteri tumbuh dan berkembang.
  • Gusi berdarah dan pembentukan karang gigi juga bisa jadi sebab kamu bisa mengalami bau mulut. Penelitian menemukan, kantung gusi yang terbentuk akibat radang gusi dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut.
  • Gigi palsu cekat atau lepasan yang tidak dirawat secara rutin dan teratur dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Ini karena gigi palsu tetap bisa kotor, bercelah atau berlubang, sehingga bila tidak dikontrol rutin oleh dokter gigi dapat menjadi tempat bagi kuman untuk bersarang.
  • Beberapa penyakit nyatanya juga bisa jadi sebab kamu bau mulut. Infeksi saluran napas, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan golongan tertentu, misalnya antidepresi dan obat darah tinggi.


Nah Ladies, itu tadi sebab gangguan bau mulut meski sudah rajin sikat gigi. Jika kamu merasa terganggu bisa langsung saja berkonsultasi dengan dokter gigi terdekat untuk mendapatkan solusi terbaik.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading