Sukses

Beauty

Cara Membersihkan Kuas Makeup yang Kotor Ternyata Ada Tekniknya Sendiri

Kuas makeup memang jadi peralatan penting untuk menghasilkan riasan yang sempurna. Tapi sudahkah kita rutin membersihkannya? Atau jangan-jangan malah kita masih sering nekat menggunakan kuas makeup yang sudah kotor?

Kuas makeup yang kotor mengandung banyak bakteri yang menyebabkan masalah kulit dan infeksi. Selain itu, kuas makeup yang bersih akan membuatnya bekerja lebih baik akan tahan lama.

Kuas yang sudah kotor jangan dipakai ya./Copyright pexels.com/tookapic

Dilansir dari Independent pada Selasa (1/5/2018), Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk membersihkan kuas makeup.

1. Waktu pencucian
Seberapa sering Anda membersihkan kuas makeup bergantung pada seberapa sering menggunakannya. Jika penggunaannya setiap hari, pencucian cukup dilakukan seminggu sekali. Terutama untuk kuas yang digunakan dengan formula produk makeup cair dan krim.

Sedangkan, untuk kuas yang digunakan dengan produk makeup berformula bubuk seperti eyeshadow atau bronze, cukup dibersihkan sebulan sekali.

2. Pembersih yang digunakan
Untuk membersihkan kuas makeup, kini terdapat beragam jenis pembersih yang memudahkan Anda. Namun Anda tetap perlu memperhatikan jenis pembersih yang digunakan dan disesuaikan dengan jenis kuas yang digunakan.

Untu kuas yang terbuat dari rambut alami, sebaiknya gunakan pembersih yang lembut agar bakteri hilang tanpa membuat kuas rusak. Anda bisa menggunakan pembersih yang lebih keras untuk kuas yang terbuat dari rambut sintetis. Paling umum yang digunakan adalah sampo bayi.

Nggak susah kok membersihkan kuas makeup./Copyright pexels.com/kaboompics.com

3. Teknik membersihkan
Membersihkan kuas pada dasarnya pembersih, air hangat, dan telapak tangan Anda. Cukup celupkan kuas satu persatu ke dalam air hangat. Pijat kuas dalam sabun dan putar kuas dengan lembut di tangan Anda dengan sabun. Kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk pembersihan yang lebih dalam, Anda bisa menggunakan bantalan yang memiliki tekstur tertentu untuk memijat kuas dalam sabun.

4. Teknik mengeringkan
Setelah kuas dibilas hingga bersih, peras dengan lembut air yang berlebih. Arahkan ke bawah atau gunakan handuk untuk menghindari air merembes. Pastikan pangkal kuas kering sempurna agar bulu-bulunya tidak rontok.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kebersihan kuas makeup ya ladies. Semoga bisa bermanfaat.

Sumber: Liputan6.com

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading