Sukses

Beauty

Apa Itu Keloid dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ladies, setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit yang halus dan mulus. Oleh karena itu, berbagai perawatan dilakukan untuk menjaganya tampil tetap prima dan sehat.

Namun, kita tidak pernah tahu kapan saatnya kulit kita terlukai bukan? Pada beberapa orang, bekas luka tidak mudah hilang, malah justru makin parah. Bekas luka tersebut melebar disertai dengan peninggian dan juga perubahan warna menjadi gelap atau yang sering disebut dengan keloid.

Keloid di telinga/Foto: copyright commons.wikipedia.org

Apa itu keloid?

Keloid adalah luka yang mengalami penyembuhan tidak normal dimana terjadi pertumbuhan jaringan luka yang melebihi batas luka dan waktu penyembuhan normal.

Siapa saja yang berpotensi memiliki bawaan keloid?

Keloid hanya ditemukan pada manusia dengan angka kejadian 5 – 15 persen luka yang ada. Angka kejadian keloid pada wanita cenderung lebih tinggi dari pria dan orang dengan pigmen gelap memiliki kecenderungan terjadi keloid 15 kali dibandingkan dengan orang berpigmen terang. Keloid paling sering munucul pada usia 10 – 30 tahun.

Bisakah keloid diobati?

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab munculnya keloid sehingga terapi yang bersifat definitif dapat menghilangkan keloid belum ada hingga saat ini tetapi ada beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk mengurangi keloid antara lain; pemakaian bahan topikal/salep, injeksi kortikosteroid, radiasi sinar, dan tindakan operasi untuk menghilangkan keloid.

Untuk beberapa kasus dapat digunakan kombinasi beberapa obat sehingga dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Sumber: Olive Tree Health and Beauty Center

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading