Sukses

Beauty

Ladies, Yuk Santap 5 Makanan Pencegah Rambut Rontok Ini Tiap Hari

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh wanita adalah rambut rontok. Pastinya sebal saat setiap menyisir ada saja rambut yang jatuh berguguran.

Senang atau tidak, setiap hari kamu akan mengalami rambut rontok. Beberapa penelitian di seluruh dunia menyebutkan alasan beberapa orang mengalami rambut rontok, seperti diet yang tidak tepat, kekurangan vitamin, faktor genetik, stres berlebihan, rasa cemas dan khawatir, sirkulasi darah yang buruk, dan kulit kepala yang tidak bersih.

Dilansir dari Boldsky, Senin (23/4/2018), meski kerap tak terkendali, kamu dapat menghindari kerontokan rambut dengan mengonsumsi makanan tertentu. Konsumsi makanan ini dapat membuat rambutmu menjadi lebih kuat tanpa harus menjalani perawatan di salon. Berikut adalah lima makanan yang dapat membantumu mencegah rambut rontok.

1. Telur
Rambut sebagian besar terdiri dari protein. Rambut rontok yang dialami bisa terjadi karena kekurangan asupan protein bagi tubuh. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan asupan protein tetap baik dengan mengonsumsi telur. Bahan makanan ini dipercaya menjadi salah satu sumber protein terbaik.


2. Sayuran hijau
Tak hanya protein, sel-sel rambut membutuhkan nutrisi berupa zat besi. Hal ini karena ketika kamu kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi tidak dapat diangkut ke akar rambut dan folikel. Akibatnya, pertumbuhan rambut akan terhambat dan kamu akan mengalami rambut rontok secara terus menerus. Salah satu sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi rambut rontok adalah bayam.


3. Jeruk
Agar dapat menyerap zat besi, tubuh pun membutuhkan asupan vitamin C. Inilah alasan kamu dianjurkan untuk menambahkan buah jeruk pada daftar menu makanan. Para ahli gizi merekomendasikan satu buah jeruk nipis sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Selain itu, vitamin C juga penting untuk memproduksi kolagen yang dapat terhubung dengan pembuluh kapiler pada batang rambut. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C akan membuat rambut tumbuh lebih cepat. Selain itu, asupan nutrisi bagi rambut pun menjadi teratur.


4. Kacang-kacangan
Agar mendapatkan rambut yang subur dan tebal, tubuh membutuhkan asupan asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, kamu dapat menambahkan kacang-kacangan, seperti kenari dan almond pada menu makanan. Hal ini karena tubuh tidak dapat memproduksi lemak sehat ini.

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi biji rami sebagai camilan sehat, sehingga kebutuhan asam lemak esensial bagi rambut pun terpenuhi.


5. Wortel dan Alpukat
Kedua bahan makanan ini memang memiliki khasiat yang berbeda bagi rambut. Mengonsumsi jus wortel yang kaya akan vitamin A akan membuat rambut dapat tumbuh lebih cepat. Selain itu, vitamin A juga membantu memproduksi minyak sebum alami yang dapat menjaga akar rambut tetap sehat.

Tak hanya wortel yang kaya akan vitamin A, rambut pun membutuhkan asupan vitamin E. Salah satu makanan yang mengandung vitamin E adalah alpukat. Vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu folikel rambut bekerja lebih efisien, sehingga rambut pun tumbuh lebih cepat. Tak hanya itu, konsumsi alpukat pun dapat menjaga kadar minyak dan pH seimbang pada rambut.

Mudah bukan Ladies?

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading