Sukses

Beauty

20 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Cepat secara Alami

Bila Anda memiliki bibir yang terlihat hitam, kusam, dan kering tentunya akan mengurangi rasa percaya diri dan juga menurunkan performa penampilan Anda. Mungkin ada orang yang menganggap Anda adalah perokok, padahal Anda bukan perokok bahkan tidak merokok sama sekali. Bila memang Anda adalah perokok, bibir hitam, kusam, dan kering adalah hal yang biasa, karena memang itu adalah efek samping dari rokok. Mungkin Anda mencoba menutupi bibir dengan berbagai cara seperti menggunakan lipbalm, lipgloss atau lipstik, tapi hasilnya tidak akan terlihat secara alami. Terjadinya bibir hitam, kusam, dan kering tidak hanya karena merokok, tapi bisa juga disebabkan karena:

  1. Pemakaian produk kecantikan yang tidak cocok, kurang tepat.
  2. Bibir yang kekeringan.
  3. Mengkonsumsi kafein.
  4. Kurangnya nutrisi dalam tubuh.
  5. Mengkonsumsi obat tertentu.
  6. Alergi.
  7. Karena faktor keturunan.

Apapun penyebabnya, bibir hitam, kering, dan kusam pastinya akan mengganggu penampilan Anda. Bagi wanita mungkin sangat mudah untuk menutupinya dengan lipbalm, lipgloss dan lipstik. Tapi Anda perlu tahu, memang lipstik bisa menyamarkan bibir hitam, kering, dan kusam secara instan, tapi ternyata ada resiko dan bahaya yang mengintai. Hal tersebut karena lipstik dibuat dari bahan kimia. Coba simak efek samping dari pemakaian lipstik berikut ini.

  1. Terlalu sering menggunakan lipstik akan menjadikan bibir Anda cepat kering dan mudah pecah.
  2. Memang ada yang beranggapan bahwa penggunaan lipstik aman karena tidak terbuat dari bahan kimia, tapi kenyataannya masih banyak merk lipstik yang menggunakan bahan kimia. Bahkan ada produk tertentu yang mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker.
  3. Lipstik hanya bisa menghasilkan warna yang sementara. Begitu Anda hapus lipstiknya, maka warna bibir akan kembali seperti semula dan bahkan menjadi lebih kusam dan gelap.
  4. Bila Anda yang memiliki kulit yang sensitif, menggunakan merk lipstik secara sembarangan bisa menimbulkan terjadinya alergi.

Daripada Anda merasakan akibat negatif dari efek samping penggunaan produk kecantikan dan nantinya akan menyesal, mari kita simak cara menghilangkan bibir hitam secara alami dan cepat di bawah ini.

 

Cara menghilangkan bibir hitam secara alami dan cepat

1. Pasta gigi

Pasta gigi mengandung banyak magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya. Khasiatnya baik untuk mempercepat proses regenerasi kulit.

Caranya:

  1. Aplikasikan pasta gigi pada bibir.
  2. Diamkan selama 15 menit.
  3. lalu bilas dengan air bersih.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan pasta gigi yang berbahan herbal

 

2. Es batu

Sifat dingin pada es batu akan menjadikan pembuluh darah menyempit sehingga memperbesar tekanan darah pada bibir, yang akan membuat bibir nampak merah.

Caranya:

  1. Gosok-gosokkan es batu pada bibir selama 15 menit.
  2. Lakukan setiap hari.

 

3. Lidah buaya

Lidah buaya mempunyai fungsi yang sama seperti mentimun dapat memerahkan bibir secara alami.

Caranya:

  1. Oleskan gel lidah buaya pada bibir Anda.
  2. Diamkan selama 15 menit.
  3. lalu bilas dengan air bersih.

 

4. Daun mint

Daun mint bisa memberikan sensasi rasa dingin pada bibir. Juga mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang bisa berfungsi untuk memerahkan bibir secara alami.

Caranya:

  1. Haluskan 2 lembar daun mint.
  2. Lalu oleskan pada bibir.
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Lalu bilas dengan air bersih.

 

5. Air mawar

Air mawar dapat berfungsi sebagai pelembap bibir yang alami. Dan telah terbukti khasiatnya dapat memerahkan bibir.

 

6. Kentang

Kentang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk mempercepat proses regenerasi pada kulit. Sehingga kentang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bibir hitam menjadi merah.

Caranya:

  1. Kupas kentang lebih dulu.
  2. Haluskan kentang.
  3. Lalu oleskan pada bibir.

 

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis diperkaya dengan kandungan vitamin C, buah ini berguna untuk mengangkat sel kulit yang mati, sehingga membuat kulit bibir bisa beregenerasi dengan baik. Proses ini akan membuat bibir Anda menjadi merah merona secara alami.

 

8. Lemon

Lemon juga berfungsi sama seperti jeruk nipis, buah ini juga mampu menghilangkan warna gelap pada bibir, sehingga bisa menjadikan bibir berwarna merah merona secara alami.

 

9. Madu

Madu mengandung glukosa dan fruktosa yang berguna untuk merangsang epidermis yang akan memproduksi kolagen baru. Dengan begitu bisa menimbulkan warna merah pada bibir.

Caranya:

  1. Campurkan madu dengan gula.
  2. Lalu gosok-gosokkan perlahan-lahan pada bibir agar kulit mati terangkat.

 

10. Kunyit

Berikutnya kita menggunakan kunyit sebagai cara menghilangkan bibir hitam dan kering secara alami. Selain berguna untuk mengobati penyakit, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bibir hitam dan kering.

Caranya adalah:

  1. Tumbuk halus 2 ruas jari kunyit, lalu oleskan pada bibir.
  2. Diamkan selama 15 menit.
  3. Lalu bilas dengan air bersih.

 

11. Susu

Susu mengandung asam laktat yang efektif digunakan sebagai cara menghilangkan flek dan noda hitam di bibir.

Caranya:

  1. Cukup dengan mengoleskan susu murni pada bibir Anda.
  2. Lalu biarkan selama 15 menit.
  3. Cara ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati.

 

12. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bibir hitam menjadi merah secara alami.

Caranya:

Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

 

13. Minyak almond

Minyak almond memiliki kandungan properti emollient yang berfungsi untuk meremajakan dan menghaluskan kulit bibir, sehingga warna bibir yang kusam bisa berubah menjadi merah merona. Olesi bibir dengan minyak almond setiap hari.

 

14. Minyak jarak

Minyak jarak berkhasiat untuk mengobati bibir pecah-pecah yang bisa mengakibatkan bibir menjadi hitam. Oleskan saja minyak ini pada bibir setiap hari, maka bibir Anda akan menjadi halus.

 

15. Minyak kelapa

Cara memerahkan bibir secara alami berikut adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa berfungsi untuk membantu kulit agar mampu beregenerasi dengan lebih cepat, hasilnya bibir merah merona pun akan nampak.

 

16. Gula

Anda dapat memanfaatkan gula menjadi scrub bibir alami. Karena tekstur kasar pada gula akan membantu untuk mengangkat kulit mati pada bibir secara lembut.

 

17. Alpukat

Buah alpukat mengandung antioksidan dan vitamin yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain itu alpukat juga mengandung lebih dari 25 nutrisi yang penting dan berguna bagi tubuh.

Caranya:

  1. Haluskan daging alpukat, lalu oleskan pada bibir.
  2. Diamkan selama 15 menit.
  3. Lalu bilas dengan air bersih.

 

18. Strawberry

Buah strawberry adalah pemerah bibir yang alami, berkat kandungan vitamin C nya. Selain vitamin C, pada strawberry juga terdapat antioksidan yang menyebabkan warna pada strawberry menjadi merah terang.

Caranya:

  1. Belah strawberry jadi dua lalu oles-oleskan pada bibir.
  2. Biarkan selama 15 menit.

 

19. Delima

Delima dikenal memiliki kandungan polifenol. Polifenol adalah anti oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Caranya:

  1. Anda hanya perlu menjus 1 buah delima.
  2. Lalu oleskan jus tersebut pada bibir.

 

20. Mentimun

Mentimun memiliki banyak kandungan air. Khasiatnya bisa menjaga kelembapan pada bibir, sehingga bibir bisa berwarna merah merona secara alami.

Caranya:

  1. Potong mentimun tipis-tipis.
  2. Oleskan pada bibir Anda.
  3. Lakukanlah dengan rutin menggosokkan timun pada bibir.

 

Demikianlah berbagai cara menghilangkan bibir hitam dengan cepat secara alami. Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Rekomendasi Pelembap Bibir

1. Sensatia Botanicals Lip Care

Rekomendasi lipstik yang pertama adalah Sensatia Botanicals Lip Care. Pelembap ini diperkaya dengan kandungan minyak kelapa, yang aman juga digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Harga pelembap ini sekitar Rp 60ribuan.

2. Nivea Lip Balm Soothe & Protect

Pelembap yang selanjutnya adalah Nivea Lip Balm Soothe & Protect. Pelembap ini membantu melembapkan bibir kering dan mencegah hiperpigmentasi bibir, karena mengandung natural oil dan UV protection. Pelembap ini dijual dengan harga Rp 30ribuan.

3. Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition

Rekomendasi pelembap bibir yang terakhir yaitu Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition, yang diperkaya dengan kandungan vitamin E, madu, green tea dan UV Protection. Pelembap ini memiliki klaim bisa melembapkan bibir selama 12jam, dengan harga sekitar Rp 25ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading