1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Manfaat Garam Laut untuk Menghilangkan Jerawat

Senin, 16 April 2018 16:00 Penulis: Syemi Jayanti
Garam laut/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Garam laut (sea salt) ialah garam yang dihasilkan dari penguapan air laut. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap untuk makanan, garam laut juga umum digunakan dalam produk perawatan kulit. Garam laut juga punya kemampuan yang dapat melarutkan sebum serta mengandung mineral-mineral yang dapat membantu menyembuhkan kulit. Nah, jika kamu ingin menghilangkan jerawat dengan bahan alami, kamu dapat memanfaatkan garam laut ini. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba dengan memanfaatkan garam laut ini. Simak yuk!

Baca juga: Mulai dari Wajah Hingga Kuku, Inilah Manfaat Garam Laut untuk Perawatan Kecantikan Wanita

Penguapan atau Steaming

Penguapan atau Steaming/Copyright Shutterstock

Penguapan membantu agar larutan garam masuk lebih dalam ke pori-pori kamu untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya pun mudah, cukup larutkan 3 sendok makan garam pada panci berisi air mendidih, tunggu hingga hangat, kemudian rendam handuk khusus untuk wajah pada panci, dan kompres pada wajah selama 5 menit. Akhiri semua step dengan mengaplikasikan toner.

Membuat Face Scrub dengan Campuran Olive Oil

Membuat Face Scrub dengan Campuran Olive Oil/Copyright Shutterstock

Nah, selain rajin membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi dengan scrub juga bisa kamu lakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika kamu mempunyai garam laut dan olive oil di rumah, cukup campurkan satu sendok makan garam dengan olive oil kemudian usapkan halus pada wajah. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Aplikasikan toner dan pelembap setelah semua langkah selesai.

Masker dari Garam Laut

Masker dari Garam Laut/Copyright Shutterstock

Selain garam laut, siapkan madu atau aloe vera gel yang tidak mengandung alkohol jika kamu ingin mempercepat penyembuhan jerawat dan teh hijau jika butuh manfaat anti-oksidan. Cara membuatnya cukup mudah, cukup larutkan 1 sendok teh garam ke dalam 3 sendok teh air panas. Setelah benar-benar larut, tambahkan satu sendok madu atau aloe vera gel, jika kamu membutuhkan anti-oksidan, ulangi kembali langkahnya kemudian tambahkan teh hijau pada larutan garam. Aplikasikan pada wajah selama 10 menit hindari area mata dan mulut, lalu bilas hingga bersih. 

Baca juga: Selain Melembapkan Kulit, Ini 5 Manfaat Aloe Vera Gel yang Juga Bisa kamu Nikmati

Menghilangkan Jerawat Punggung

Menghilangkan Jerawat Punggung/Copyright Shutterstock

Jika kamu kesusahan menghilangkan jerawat di punggung, kamu bisa berendam di bath tub dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan garam laut. Tambahkan 2 cangkir garam laut ke air hangat-panas saat mengisi bath tub, biarkan hingga larut. Berendamlah selama 15 menit, jangan lebih dari itu untuk menghindari kulit yang kering. Setelah mengeringkan tubuh, aplikasikan pelembap pada tubuh kamu. Selain dapat menghilangkan jerawat punggung, cara ini dapat mengatasi rasa lelah dan kaku pada otot-otot tubuh. Kandungan mineral dan magnesium yang terdapat dalam garam laut bekerja melemaskan otot dan menstimulasi pikiran jadi lebih rileks.

Selain menghilangkan jerawat dengan bahan alami, kamu juga harus rajin untuk membersihkan wajah dua kali sehari untuk menghindari jerawat tumbuh kembali pada wajah kamu. Lakukan double cleansing setelah kamu menggunakan makeup, dan jangan lupa mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit kamu.

Baca juga: Berbagai Bahan Alami yang Efektif untuk Mengobati Jerawat Leher

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Tips Aman Pakai Tester Makeup