1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Manfaat Tea Tree dari Masalah Jerawat Hingga Kesehatan

Jum'at, 13 April 2018 11:00 Penulis: Nisita Widinati
Manfaat Tea Tree/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Pernah mendengar tea tree oil? Minyak yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia ini merupakan salah satu bahan alami yang sudah banyak digunakan di Australia sejak tahun 1920. Tea tree oil populer berkat keampuhannya mengatasi masalah jerawat. Padahal, masih banyak lho manfaat tea tree oil lainnya yang bisa kita dapatkan. Tak hanya untuk kulit, minyak esensial ini juga memiliki manfaat untuk rambut dan kesehatan tubuh. Yuk cari tahu manfaat lain dari minyak yang memiliki nama lain melaleuce oil ini!

Mengurangi Bau Badan

Kamu yang memiliki masalah dengan bau badan yang tidak sedap, bisa juga lho merawatnya dengan tea tree oil. Minyak ini memiliki kandungan antiseptik dan astringent yang dapat membantu kamu mengontrol bau badan. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan membuat tea tree oil toner spray. Campurkan 2 tetes minyak dengan 2 sendok makan air, lalu semprotkan campuran tersebut pada area ketiak, dada, tengkuk, atau bagian tubuh lainnya yang sering berkeringat.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka/Copyright Shutterstock

Mengalami luka gores yang terbuka? Segera rawat menggunakan tea tree oil. Minyak ini memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, serta anti-septik yang menjadikan tea tree oil efektif untuk merawat luka. Untuk menggunakan tea tree oil sebagai perawatan, buatlah campuran 1:10 yang terdiri dari 1 tetes tea tree oil dengan 10 tetes air hangat. kamu bisa mencuci luka menggunakan campuran tersebut atau dijadikan kompres menggunakan bola kapas. Lakukan dengan rutin hingga luka mulai sembuh.

Baca juga: 5 Rekomendasi Brand Essential Oil yang Aman dan Terjangkau

Membuat Rambut Lebih Panjang dan Tebal

Ingin mendapatkan rambut yang lebih panjang dan tebal? Coba rawat rambut kamu menggunakan tea tree oil. Peran minyak ini dalam pertumbuhan rambut adalah membantu folikel rambut agar tidak tersumbat serta memberikan nutrisi bagi akar rambut. Untuk menggunakannya, cukup dengan memijat kulit kepala dengan tea tree oil yang sudah dicampur dengan carrier oil. Setelah dipijat, bungkus rambut menggunakan handuk selama 10 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali seminggu hingga mencapai hasil yang diinginkan.

Melawan Infeksi Jamur

Manfaat tea tree oil selanjutnya adalah efektif untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Minyak esensial ini dapat mencegah pertumbuhan jamur dan menyembuhkan beragam penyakit kulit seperti jamur kuku, dermatitis atau athlete’s foot. Untuk merasakan khasiat ini, kamu cukup mengaplikasikan tea tree oilpada area tubuh yang mengalami jamur sebanyak 1-2 kali sehari, setiap hari.

Baca juga: Rekomendasi Produk dengan Kandungan Tea Tree Oil yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Selain bermanfaat saat diaplikasikan secara topikal, kamu juga bisa merasakan manfaat tea tree oil dengan cara dihirup. Cara ini akan bermanfaat untuk kamu yang menderita flu, hidung tersumbat, bronchitis, dan masalah pernapasan lainnya. Tak hanya itu, tea tree oil juga bermanfaat untuk menstimulasi sekresi hormon, peredaran darah, dan meningkatkan sistem imun tubuh. Risiko kamu mengalami beragam infeksi pun akan menurun.

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Panduan Beri Essential Oil Kepada Anak Untuk Pemula