Sukses

Beauty

Inilah Kesalahan Merawat Kulit Wajah yang Penting Kamu Tahu

Siapa sih yang nggak pengen punya kulit wajah mulus, bersih, dan bebas jerawat? Mungkin beberapa dari kamu ada yang sangat terobsesi dalam merawat kulit wajah sampai mencoba segala produk perawatan kulit yang direkomendasikan di internet.

Namun hati-hati dalam merawat kulit, niatnya ingin memperbaiki malah membuat kulit wajahmu lebih parah. Cari tahu yuk kesalahan merawat kulit wajah yang perlu dan penting kamu tahu.

Tidak Memahami Jenis Kulit
Kesalahan paling umum saat merawat kulit wajah adalah karena kita tidak memahami jenis kulit wajah sendiri. Meski kamu menggunakan produk perawatan paling mahal sekalipun, kalau memang tidak cocok dengan jenis kulitmu maka akan nihil hasilnya, atau malah lebih parah.

Salah satu cara mengenali jenis kulit wajah adalah dengan memperhatikan reaksi kulit saat kamu menjalani aktivitas. Kulit berminyak cenderung sangat mudah mengeluarkan minyak meskipun kamu berada di ruangan berAC, sedangkan tanda-tanda kulit kering jika kulitmu sering mengelupas atau pecah-pecah meskipun kamu sudah menggunakan pelembab.

Untuk kulit kombinasi memang sedikit tricky dalam mengetahuinya. Jika sebagian kulit kamu sangat berminyak namun di bagian wajah lain sangat kering, kemungkinan besar kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Jika kamu masih bingung jenis kulitmu, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter kecantikan untuk mendiagnosis kondisi kulit dan saran produk apa yang cocok untuk kulitmu. Jadi jangan sampai salah menggunakan produk ya!

Melakukan Scrub Wajah Terlalu Sering

Perlalukan wajah dengan lembut agar senantisa cantik dan terawat/copyright shutterstock.com
Scrub wajah memang dikenal dapat membersihkan pori-pori dari komedo. Namun hati-hati, scrub wajah yang berlebihan malah membuat kulit kamu iritasi dan kering, lho. Untuk itu perawatan scrubbing tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Lebih baik kamu melakukan scrub wajah seminggu sekali.

Tidak Menggunakan Pelembab
Kesalahan lain dalam merawat kulit wajah adalah mengabaikan kegunaan pelembab. Sebagai informasi, pelembab amat penting digunakan untuk menjaga kekenyalan kulit, terutama bagi kamu yang memiliki kulit kering. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dapat memilih pelembab yang mengandung kandungan oil-free atau water-based pelembab. Jarang menggunakan pelembab dapat membuat kulitmu pecah-pecah, kering, mengelupas, dan tidak rata. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya tiap hari ya!

Mencuci Muka Terlalu Sering

Hindari mencuci wajah terlalu sering agar kulit wajah tidak rusak/copyright shutterstock.com
Banyak cewek yang terobsesi untuk mencuci muka agar tetap terasa fresh dan bersih. Namun tahukah kamu mencuci muka berkali-kali malah membuat mukamu menjadi kering. Selain itu kandungan yang terdapat pada sabun pembersih muka akan membasuh minyak alami sehingga mengganggu pH ideal kulit wajah. Nah lho!

Menggunakan Bahan-Bahan yang Berbahaya
Banyak perempuan yang ingin mendapatkan hasil yang cepat terlihat meskipun harus menggunakan perawatan yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Umumnya produk kecantikan pemutih wajah yang paling banyak digandrungi, namun memiliki komposisi yang berbahaya seperti merkuri, hidrokuinon, dan asam retinoat. Dalam jangka panjang, kandungan tersebut dapat menimbulkan kanker kulit hingga kerusakan ginjal.

Demikianlah kesalahan merawat kulit wajah yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat ya ladies. Untuk tips kecantikan lainnya dapat mengunjungi iPrice.co.id.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading