Sukses

Beauty

Ternyata Bahaya, 5 Masker Bahan Alami Ini Baiknya Tidak Dioles ke Wajah!

Selama ini banyak orang tahu bahwa merawat kulit wajah dengan bahan alami nyatanya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Dibanding dengan skincare yang mengandung banyak bahan kimia serta menguras dompet.

Tapi tahukah kamu bahwa sebaiknya kamu juga hati-hati menggunakan bahan alami sebagai masker, karena beberapa bahan alami bisa berbahaya untuk kulit meski kandungannya sehat. Dermatologis Mona Gohara, M.D. dalam Women's Health.com mengungkapkan bahwa bahan-bahan alami inilah yang sebaiknya kamu waspadai.

Hindari mengoles lemon langsung ke kulit/copyright Shutterstock.com

1. Lemon
Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa lemon adalah bahan alami super yang bisa mempercantik kulit wajah, baik menghilangkan jerawat, bekasnya, menghaluskan, melembabkan atau menutrisi sehingga cerah dan sehat. Tapi kamu harus hati-hati, tidak boleh mengoleskan begitu saja perasan air jeruk lemon atau nipis langsung ke wajah karena efeknya yang pedih.

Kandungan vitamin C-nya memang bagus tapi kadar keasamannya cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan inflamasi, iritasi di kulit wajah yang tipis dan sensitif. Air lemon bahkan bisa menyebabkan kulit terbakar jika terkena sinar matahari. Lebih baik campurkan air lemon dengan sedikit air agar tidak terlalu kuat kadar asamnya sehingga tidak pedih di kulit.

Mayonaise bisa menyumbat pori-pori/copyright Shutterstock.com

2. Mayonaise
Mayonaise diketahui bisa melembapkan kulit kering dan kusam karena kandungan telurnya. Tapi sayangnya mayonaise tidak bisa dijadikan masker rutin karena kandungan lemak dan minyaknya yang bisa menyumbat pori-pori. Jika kulitmu jenis yang mudah berjerawat atau acne-prone, kulit jadi semakin berminyak dan berisiko berjerawat.

3. Alkohol
Alkohol memang punya sifat anti-bakteri, bisa membersihkan dan dingin di kulit. Tapi sayangnya mengoleskan alkohol ke wajah bisa berbahaya. Jika kamu punya jenis kulit berminyak atau kombinasi, mungkin kamu pikir bisa menjadikan kulit kesat dan bersih seketika.

Tapi sayangnya, cara ini terlalu keras untuk kulit. Mengoleskan alkohol ke kulit alih-alih sebagai pembersih kulit justru akan mengikis lapisan lipid, protein dan lemak alami di kulit, yang berperan sebagai pelindung sehingga menyebabkan kulit menipis dan rentan mengalami inflamasi. Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan membersihkan kulit dengan alkohol.

Baking soda bisa menipiskan kulit/copyright Shuttertsok.com

4. Baking Soda
Kamu mungkin pernah membaca bahwa baking soda bukan hanya bisa membersihkan peralatan dapur dan berbagai macam keperluan lifehack di rumah, tapi juga bisa dijadikan untuk mengatasi wajah berjerawat. Karena dipercaya baking soda bisa mengurangi minyak di kulit dan mengangkat sel-sel mati di kulit.
Penggunaannya bisa dengan cara dijadikan masker atau scrub. Tapi sayangnya baking soda yang bersifat alkalin bisa mengubah pH alami kulit sehingga menipiskan lapisan kulit dan menyebabkan bakteri mudah berkembang dan kotoran mudah menempel. Bahkan bisa menyebabkan kulit panas terbakar.

5. Bawang putih
Bawang putih diketahui ampuh menyembuhkan jerawat, tapi jangan asal menggunakan bawang putih sebagai masker atau menggosokkannya ke wajah langsung karena kandungannya terlalu keras untuk kulit, bisa menyebabkan pedih dan terbakar. Lebih baik campurkan dengan bahan lain seperti madu atau mentimun untuk mengurangi efek pedih. Lebih baik lagi jika menggunakan bahan lain yang lebih aman.

Nah, itu dia sekian bahan alami yang bisa jadi bahan perawatan kulit tapi sebaiknya kamu hindari dan tidak mengoleskannya langsung ke kulit wajah ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading