Sukses

Beauty

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Kesehatan dan Kecantikan

Ladies, Sudah merupakan rahasia umum bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk kecantikan. Namun tidak hanya untuk kecantikan saja, minyak zaitun juga mempunyai banyak manfaat lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan tanaman zaitun. Minyak ini merupakan tanaman asli Mediterania, mengandung banyak senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh, yaitu vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. Ingin tahu apa saja manfaat minyak zaitun? Ayo kita simak langsung di bawah ini.

Manfaat minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

1. Menyembuhkan jerawat

Apakah wajah kamu berjerawat? kamu juga dapat memanfaatkan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah berjerawat adalah :

  • Sifat anti-inflamasi nya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.
  • Sifat non-comedogenic nya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.
  • Kandungan antibakteri nya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
  • Merupakan obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan.
  • Antioksidan nya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi.

Berikut cara mengaplikasikan manfaat minyak zaitun untuk jerawat :

  • Ambil 1 sdm minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah kamu yang terkena jerawat
  • Pijit wajah dengan lembut dan perlahan
  • Pijit dengan tekanan yang cukup
  • Lakukan selama 4 - 5 menit
  • Biarkan selama 15 - 20 menit
  • Bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih dan hangat
  • Ulangi pijitan tersebut selama beberapa kali
  • Lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap harinya

2. Mengatasi kulit kering

kamu juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada seluruh badan, selain mengaplikasikannya pada wajah. Karena manfaat minyak zaitun yang sudah terbukti. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, kamu akan memiliki kulit yang memiliki kelembaban yang pas dan tidak perlu kuatir terhadap serangan radikal bebas. Karena manfaat antioksidan yang berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

3. Menghapus make up

kamu memerlukan pembersih make up? Ada alternatifnya, kamu bisa menggantikan pembersih make up dengan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang sudah menjadi rahasia umum, karena itu banyak produk cleansing oil (minyak pembersih) yang terbuat dari minyak-minyak alami salah satunya menggunakan minyak zaitun. Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih make up, kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat minyak zaitun untuk kecantikan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

4. Memutihkan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang lainnya adalah berguna untuk memutihkan wajah. kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. kamu tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau pun melakukan suntik wajah agar wajah berubah menjadi lebih putih, cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

5. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah untuk menghaluskan wajah. Untuk hasil yang lebih memuaskan, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya dan menggunakannya sebagai masker. Enzim papain terdapat pada pepaya dapat meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E nya yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan membantu menutrisi, melembapkan dan menghaluskan kulit wajah kamu. Pepaya akan berfungsi sebagai sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan lebih mempercepat wajah menjadi halus.

Caranya adalah :

  • Haluskan buah pepaya
  • Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat

6. Mengecilkan pori-pori wajah

Manfaat zat linoleic selain dapat mengencangkan wajah, juga mampu untuk mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu performa penampilan kamu.

7. Mengencangkan kulit wajah

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput pada usia dini. Minyak zaitun juga mengandung banyak anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Sebab itulah penggunaan minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Caranya :

  • Siapkan 1 sdm minyak zaitun
  • Campur dengan 1 sdt madu
  • Gunakan sebagai masker wajah

8. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata

Selain bisa diaplikasikan pada alis, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada bulu mata kamu, bagi wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa memilikinya tanpa harus menggunakan maskara atau bulu mata palsu yang efek sampingnya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata kamu.

9. Menebalkan alis

Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, manfaat minyak zaitun yang lainnya adalah untuk perawatan alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi, yaitu vitamin E. Vitamin E akan memelihara kesehatan rambut. Dengan gabungan ini, maka kamu akan memiliki alis yang lebat dan alami. Perlu kamu perhatikan bahwa kamu harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar murni dan alami atau belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Caranya :

  • Oleskan saja minyak zaitun pada alis sebelum tidur
  • Biarkan semalaman
  • Lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka

10. Merawat kesehatan rambut

Pada rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun cara memperindah rambut dengan penggunaan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi, misalnya patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut kamu. Selain itu juga akan membuat rambut kamu semakin tebal dan bersinar secara alami. Bagi kamu yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

11. Memerahkan bibir

Selain mampu menghilangkan bibir hitam, minyak zaitun juga dapat kamu gunakan untuk memerahkan bibir kamu agar perlahan-lahan nampak alami.

12. Menghilangkan bibir hitam

Ada kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Caranya cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

1. Mencegah dan mengurangi risiko kanker

Minyak zaitun mempunyai sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat dan juga kandungan phenolic dan vitamin E nya dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit.

Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya secara rutin pada kanker kulit, merupakan cara yang terbaik untuk mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari efek sinar matahari yang berbahaya seperti UVA dan UVB. Dengan begitu dapat mencegah malignant melanoma (tipe kanker kulit yang paling berbahaya).

Sedangkan pada kasus kanker payudara, seringkali kanker payudara ini terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat.

Lemak pada minyak zaitun dapat melawan perkembangan tumor ini yang akan menjadi cikal bakal kanker payudara. Minyak zaitun yang mengandung banayak asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan akan menjadi kunci penting untuk mengatasi tumor.

2. Melancarkan aliran darah

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak omega 9,6, dan 3 yang akan memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

3. Mengontrol kolesterol

Karena peredaran darah lancar serta antioksidan yang sangat tinggi pada minyak zaitun akan membantu untuk mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi.

4. Mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak zaitun memiliki Antioksidan yang tinggi untuk membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi sehingga dapat melindungi, mencegah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengontrol tekanan darah

minyak zaitun mengandung Lemak tak jenuh yang menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan, konsumsilah minyak zaitun extra virgin.

6. Menebalkan tulang dan mencegah osteoporosis

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang sedang dalam kondisi yang mirip pada menopause perempuan. Terdapat 1 kelompok tikus yang rutin diberi minum minyak zaitun. Sedangkan kelompok yang lainnya tidak diberi minum minyak zaitun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberi minyak zaitun mengalami penurunan kadar kalsium yang signifikan dan juga peningkatan pada kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan.

7. Meredakan peradangan kulit

Minyak zaitun mengandung anti inflamasi yang berguna untuk mengobati peradangan kulit, misalnya terbakar oleh sinar matahari, kulit sensitif, dan gatal-gatal.

8. Membantu mengobati alzheimer

Seorang peneliti Italia dari Universitas Florence telah menemukan bahwa polifenol pada minyak zaitun ekstra virgin mampu untuk mencegah atau menunda timbulnya penyakit alzheimer. Kemudian, studi yang dipublikasikan di PLOS One, yaitu sebuah jurnal dengan akses terbuka, telah meneliti manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang diberikan pada tikus yang berpenyakit alzheimer. Tikus diberikan oleuropein aglycone, polifenol utama yang ditemukan pada minyak zaitun extra virgin selama 8 minggu. Hasil penelitian itu menunjukkan hasil bahwa suplementasi diet oleuropein aglycone mampu memperbaiki kinerja kognitif tikus jika dibandingkan dengan kelompok tikus yang tidak menerima polifenol dari minyak zaitun.

9. Melindungi dari depresi

Menurut peneliti dari Universitas Navarra dan Las Palmas de Gran Canaria, makanan yang mengandung banyak minyak zaitun dapat mengatasi penyakit jiwa. Minyak zaitun bila dikombinasikan dengan pilihan sehat dari diet Mediterania, seperti sereal gandum, ikan berminyak, sayuran, dan tomat kering matahari, akan menjadikan minyak zaitun lebih mampu menunjukkan keajaiban khasiatnya, yaitu memerangi depresi, demikian menurut netdoctor.co.uk.

Bagaimana menurut pendapat kamu? Luar biasa bukan mengetahui betapa banyak manfaat yang didapat dari minyak zaitun? Sebaiknya untuk menjaga kesehatan kamu dan orang-orang di sekitar kamu, mulailah memanfaatkan khasiat dari minyak zaitun untuk kesehatan dan kehidupan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading