Sukses

Beauty

Cara Mengecilkan Pori Pori Kulit Wajah dengan Cepat dan Alami

Perempuan yang memiliki pori-pori wajah yang terlihat besar tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri mereka. Perempuan memang lebih menjaga penampilan bila dibandingkan dengan laki-laki, baik penampilan wajah maupun tubuh. Perempuan kerap kali menggunakan make up untuk mempercantik penampilan.

Mari kita membahas tentang pori-pori yang menjadi topik utama pembahasan kali ini, terlebih dahulu. Sebelum kita membahas mengenai make up. Pori-pori atau titik-titik pada permukaan kulit sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka. Setiap folikel ini mengandung kelenjar minyak. Pada Umumnya pori-pori yang ada di wajah terutama bagian dahi dan hidung cenderung terlihat lebih besar.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya pori-pori kulit itu tidak benar-benar membesar seperti yang kita kira. Hal ini merupakan faktor genetik (keturunan). Orang yang berkulit kulit pucat atau putih akan memiliki pori-pori yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang berkulit lebih gelap. Hal ini juga tergantung pada jenis kulit seseorang. Orang dengan jenis kulit berminyak pori-porinya akan lebih nampak jika dibandingkan dengan mereka yang berkulit kering.

Sekarang membahas tentang make up. Make up memang berguna untuk mempercantik wajah, tapi ternyata dapat menjadi faktor penyebab pori-pori kulit terlihat lebih besar atau membesar. Sebabnya karena make up dapat menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Paparan sinar ultraviolet juga bisa menyebabkan pori-pori seseorang jadi terlihat besar. Bisa juga disebabkan oleh kadar kolagen yang menurun, hal ini biasanya terjadi pada orang tua.

Akibat dari Pori-pori yang tersumbat, terbuka, dan membesar inilah yang biasanya menjadi penyebab timbulnya jerawat dan Komedo. Memiliki pori-pori yang besar, terutama jika anda orang yang sering keluar bepergian tentu akan menyebabkan debu, kotoran, dan bakteri menempel pada kulit sehingga pori-pori menjadi makin besar lagi.

Yuk kita simak cara mengecilkan pori-pori wajah di bawah ini, supaya pori-pori kulit Anda tidak terbuka sehingga sumber penyebab komedo, jerawat, dan kulit kusam pada kulit tidak akan masuk pada pori-pori.

Cara mengecilkan pori-pori secara alami dan permanen

 

1. Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami kali ini adalah dengan menggunakan es batu. Es batu bisa digunakan sebagai cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen.

Caranya juga tergolong sangat mudah :

  1. Ambil es batu dari freezer.
  2. Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah.
  3. Oleskan pada wajah Anda.
  4. Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

 

2. Madu

Madu merupakan Pelembap alami wajah yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya :

  1. Siapkan 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah.
  2. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

3. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan zat asam, sifat asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel mampu berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya :

  1. Campurkan 1 sdm cuka apel dan segelas air.
  2. Lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

 

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga kaya akan anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu untuk melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah yang efektif.

Caranya :

  1. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu.
  2. Lalu gunakan sebagai masker wajah.

 

5. Air rendaman beras

Saat anda mencuci beras dan hendak menanak nasi, jangan membuang airnya. Pada beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya :

  1. Rendam beras dalam wadah.
  2. Biarkan air beras agar mengendap.
  3. Lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

 

6. Kopi dan gula

Kopi dan gula ini bisa digunakan sebagai scrub pada wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah bisa terangkat dengan sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati inilah maka pori-pori wajah mengecil.

Caranya :

  1. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta.
  2. Kemudian dengan perlahan-lahan gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

 

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung Anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil. Anda bisa menggunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah.

Jika Anda menggunakan daun teh :

  1. Rendam dalam air panas selama 15 menit.
  2. Lalu oleskan air pada wajah.

Jika dengan menggunakan bubuk teh hijau :

  1. Campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dan air hingga berbentuk pasta.
  2. Lalu oleskan pada wajah.

 

8. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Yang akan berfungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Karena manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis diyakini sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Caranya :

  1. Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya.
  2. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah.
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas wajah Anda dengan air bersih.

 

9. Lemon

Lemon adalah Jenis lain dar buah Jeruk yang mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu dalam buah lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya :

  1. Potong buah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras airnya.
  2. Oleskan air perasan lemon pada wajah Anda.
  3. Biarkan selama 15 menit (hal ini akan membuat pori-pori menjadi menutup).

 

10. Jeruk

Buah jeruk yang biasa anda makan dagingnya pun juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah wajah secara alami. Kali ini Anda jangan memakan dagingnya, tapi peraslah buah jeruk lalu oleskan air jeruk pada wajah anda. Dengan melakukan hal ini secara rutin maka pori-pori wajah anda akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

 

11. Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin C bila dibandingkan dengan buahnya. Jadi bagi Anda yang sedang makan jeruk, jangan membuang kulitnya yang bermanfaat ini. Kulit jeruk dapat Anda gunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya :

  1. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering.
  2. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus.
  3. Campurkan air secukupnya hingga berbentuk pasta.
  4. Setelah itu oleskan pada wajah Anda (yang sebelumnya telah dibersihkan).
  5. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan berfungsi untuk membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengecilkan pori-pori.

 

12. Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah dikenal manfaatnya untuk perawatan dan kesehatan. Dengan menggunakan lidah buaya, Anda akan memperoleh beberapa manfaat sekaligus, yaitu menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya :

  1. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.
  2. Lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda.
  3. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

13. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan menggunakan buah pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan berfungsi menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya :

  1. Kupas dan potong buah pepaya.
  2. Tumbuk halus pepaya.
  3. Lalu gunakan sebagai masker.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bilas wajah Anda dengan air bersih.

Perawatan ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah Anda.

 

14. Alpukat

Manfaat dari buah Alpukat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena buah alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Guna vitamin E untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C adalah zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen yang menjaga agar kulit tetap kenyal. Dengan memanfatkan buah alpukat, akan mengatasi penyebab pori-pori membesar sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya.

Caranya :

  1. Belah buah alpukat dan keruk isinya.
  2. Haluskan daging buah alpukat, lalu gunakan sebagai masker wajah.
  3. Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

 

15. Pisang

Buah Pisang mengandung banyak vitamin C, yang efektif untuk memutihkan wajah secara alami.

Caranya :

  1. Kupas 1 buah pisang, lalu tumbuk halus.
  2. Tambahkan 1 sdm madu, campur hingga merata.
  3. Lalu oleskan masker ini pada wajah.
  4. Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

 

16. Strawberry

Buah strawberry mengandung Ellagic yang mampu untuk menghilangkan kotoran dan menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori bisa mengecil.

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan strawberry adalah :

  1. Siapkan secukupnya buah strawberry, lalu tumbuk halus.
  2. Campurkan susu hingga mengental, kemudian gunakan sebagai masker wajah.

 

17. Tomat

Buah tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk yang bisa menyebabkan pori-pori wajah mengecil. Tomat juga bisa dimanfaatkan menjadi tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.

Cara penggunaannya :

  1. Tumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur.
  2. Lalu oleskan pada wajah.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bilas wajah dengan air bersih.

 

18. Kentang

Kentang mengandung mineral yang dapat menjadi antibiotik alami yang memperlambat penuaan pada wajah dan membantu regenerasi kulit serta menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori akan mengecil. Anti-oksidan yang alami juga berfungsi untuk menyamarkan atau menghilangkan noda atau flek pada wajah secara sempurna.

Cara penggunaannya :

  1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus.
  2. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.
  3. Kemudian oleskan pada wajah.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bilas wajah Anda dengan air bersih.

 

19. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah. Mentimun juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah :

Cara pertama :

  1. Iris mentimun Tipis-tipis.
  2. Tempelkan pada seluruh wajah.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Basuh dengan menggunakan air bersih.

Cara kedua :

  1. Parut mentimun dan ambil airnya.
  2. Lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada wajah.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Basuh dengan menggunakan air bersih.

 

20. Bengkoang

Buah bengkoang banyak sekali digunakan sebagai produk kecantikan untuk dijadikan pemutih. Tapi selain berguna sebagai pemutih wajah, bengkoang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Sebab buah bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang menjaga agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah yang akan mengakibatkan pori-pori wajah membesar.

Caranya :

  1. Parut buah bengkoang lalu peras dengan menambahkan air.
  2. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami.
  3. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan wajah Anda dengan air bersih.

 

21. Lobak putih

Selain digunakan sebagai sebagai bahan dapur, ternyata lobak putih bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Kandungan pada lobak putih seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Lobak putih yang mengandung banyak air di dalamnya juga akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembap dan sehat.

 

22. Putih telur

Putih telur dipercaya berkhasiat untuk mengenyalkan wajah Anda serta dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah, karena mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien.

Caranya :

  1. Pecahkan 1 butir telur (ambil bagian putihnya saja)
  2. Gunakan sebagai masker pada wajah.
  3. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

 

23. Susu

Di dalam wajah kita terdapat kolagen yang menjaga agar kulit tetap terlihat kenyal, tidak berkerut, dan agar pori-pori wajah tidak membesar. Susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan vitamin B6 yang berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

Caranya :

  1. Siapkan 2 sdm susu segar dan 1 sdm madu, campurkan hingga merata.
  2. Lalu gunakan sebagai masker wajah.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bilas wajah Anda dengan air bersih.

 

24. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu. Yogurt mengandung banyak kalsium dan zinc. Kalsium berfungsi untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berguna untuk membantu mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Yogurt juga mengandung vitamin B kompleks yang mampu menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami sehingga pori-pori tidak terlihat.

Caranya :

  1. Siapkan yogurt segar tanpa rasa.
  2. Gunakan sebagai masker pada wajah Anda.
  3. Diamkan beberapa saat, lalu bila wajah Anda dengan air bersih.

Demikianlah bermacam-macam cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen. Semoga bermanfaat

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading