Sukses

Beauty

Tips Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari Saat Liburan ke Pantai

Pantai merupakan salah satu tujuan wisata paling favorit untuk melepas penat. Beruntungnya kita yang tinggal di Indonesia memiliki banyak pilihan destinasi liburan dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari pantai Belitung, pantai Pandawa di Bali, hingga pantai-pantai tersembunyi di Maluku. Namun ketakutan terbesar yang sering dikeluhkan para cewek adalah kulit gosong ketika tersengat sinar matahari.

Sebelum berangkat liburan, pastikan kamu membawa “peralatan tempur” supaya kulit tetap sehat dan tidak melepuh. Untuk menghindari kasus kulit gosong, mengelupas, dan merah-merah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini kami berikan tipsnya:

Gunakan Kacamata Hitam

Jangan lupa membawa kacamata hitam saat pergi ke pantai. Selain menjadi aksesoris, kacamata hitam juga berfungsi melindungi mata dari radiasi sinar UV dan pantulan cahaya yang terlalu silau. Penelitian menunjukkan radiasi sinar UV matahari dapat menyebabkan resiko penyakit katarak dan kemunduran fungsi mata.

Memakai kaca mata hitam bisa melindungi kulit/copyright pexels.com

Memakai Pelembab Kulit atau Sunblock

Sepertinya hal ini sudah menjadi kewajiban para cewek saat liburan ke pantai. Gunakan pelembab sebelum berjemur. Kamu bisa menggunakan pelembab yang mengandung aloe vera, minyak zaitun, atau shea butter.

Selain itu, lengkapi juga pelindung kulitmu dengan tabir surya dengan minimal SPF 30. Pilihlah produk tabir surya yang dikhususkan untuk liburan ke pantai seperti waterproof, mudah meresap, dan tidak lengket.

Gunakan Sunblock Setiap 4 Jam Sekali

Salah satu cara untuk mencegah kulit terbakar adalah dengan sering-sering mengaplikasikan sunblock. Disarankan kamu mengaplikasikan ulang sekitar 4 jam sekali, terutama jika kamu berniat berenang atau snorkeling di pantai. Hal ini memastikan kulitmu selalu terlindungi meski terkena air berkali-kali.

Memakai Topi atau Pelindung Kepala

Meski sudah menggunakan pelembab dan tabir surya, namun kulit wajah merupakan bagian yang paling sensitif dibanding bagian tubuh lainnya. Untuk memberikan perlindungan ekstra, gunakan topi atau pelindung kepala untuk menutupi kulit wajahmu. Selain itu, usahakan jangan terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari langsung. Kamu bisa sesekali berteduh di bawah pohon atau tempat-tempat yang terlindung sinar matahari.

Gunakan penutup kepala atau topi agar tidak terlalu panas/copyright pexels.com

Mandi Setelah Berjemur di Pantai

Air laut yang memiliki kandungan garam tinggi ternyata bisa menyebabkan kulit kering. Setelah puas bermain di pantai, segera bilas tubuhmu dengan air tawar hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakan sabun berpelembab supaya kulitmu tidak kering.

Memakai Aftersun Gel

Aftersun gel adalah produk yang berfungsi menjaga kelembaban kulit dan membantu mengurangi dampak paparan sinar matahari langsung saat pergi ke pantai. Gel ini terbilang penting untuk dipakai apalagi setelah kamu berjemur seharian. Gel ini berkhasiat untuk memperbaiki kulit yang mengalami sunburn dan menjaga kulit untuk tetap dingin dan sejuk. Setelah mandi untuk membilas sisa air laut dari kulit tubuh, gunakan aftersun gel supaya kulitmu tidak mengalami sunburn.

Demikian tips-tips “bertempur” di pantai supaya kulitmu tidak gosong. Untuk tips kecantikan lainnya, kunjungi iPrice.co.idya!

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading