Sukses

Beauty

5 Tips Simpel Cegah Jerawat Buat Kamu yang Hobi Pakai Makeup Seharian

Sering pakai makeup seharian memang membuat kulit wajah jadi rentan mengalami jerawat. Lapisan tebal riasan wajah dan penggunaan aneka produk kosmetik di wajah memang bisa jadi pemicu munculnya jerawat. Tapi bukan berarti hal ini tak bisa diatasi.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dan dipilih untuk mencegah jerawat buat kamu yang hampir setiap hari pakai makeup cukup tebal. Selengkapnya, yuk ikuti tips-tips berikut ini.

Jangan Terlalu Sering Gonta-Ganti Produk Makeup
Kalau memang sudah cocok dengan produk atau merek kosmetik tertentu, berusahalah untuk setia ya. Meski mungkin akan tergoda untuk coba-coba produk makeup lain, tapi kalau dirasa tidak terlalu penting mending tahan diri dulu deh. Sayangi kulit wajahmu dengan menggunakan jenis produk makeup yang memang cocok dan sesuai dengan kulitmu.

Hindari Kebiasaan Berbagi Peralatan Makeup
Untuk amannya, selalu gunakan peralatan makeup milikmu sendiri. Jangan menggunakan atau meminjamkan peralatan makeup orang lain. Tujuannya untuk mengurangi risiko terkena infeksi dan gangguan kulit lainnya.

Gunakan makeup milikmu sendiri./Copyright thinkstockphotos.com

Bersihkan Peralatan Makeup Secara Rutin
Berbagai peralatan makeup memang harus dibersihkan secara rutin. Untuk brush, cuci dan bersihkan seminggu sekali. Spons dan aneka perlengkapan lain harus segera dicuci dan dibersihkan bila sudah tampak kusam. Maskara sebaiknya habis dipakai dalam waktu tiga bulan. Eyeliner sebaiknya habis dipakai dalam waktu enam bulan. Eye shadow jangan disimpan atau dipakai lagi setelah dua tahun. Lipstik dan lip gloss pun sebaiknya digunakan dan habis dipakai dalam waktu satu tahun.

Luangkan Waktu Khusus untuk Membebaskan Wajah dari Makeup
Saat sedang di rumah atau sedang olahraga, bebaskan wajah dari penggunaan makeup tebal. Apalagi kalau kamu bakal melakukan kegiatan yang bisa memicu banyak keringat, sebaiknya jangan gunakan makeup dulu untuk sementara waktu.

Selalu Bersihkan Sisa Makeup Setiap Malam
Sisa-sisa makeup harus dibersihkan sebelum tidur. Lalu gunakan toner, krim mata, serum, dan krim malam (disesuaikan dengan kebutuhan) untuk menjaga kesehatan kulitmu. Terkadang yang membuat kulit wajah gampang jerawatan adalah karena pori-pori kulit yang tersumbat sisa-sisa makeup. Jadi jangan sampai sisa makeup tidak dibersihkan setiap hari, ya.

Tips-tips di atas cukup simpel, bukan? Yuk, jaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah setiap harinya. Semoga infonya bermanfaat.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading