Sukses

Beauty

Awas, Mengikat Rambut Terlalu Kencang Menyebabkan Rambut Rontok

Selain faktor genetik yang menjadi penyebab paling umum bagi kerontokan rambut, ada pula faktor-faktor lain yang sangat berkaitan erat dengan keseharian wanita modern di Indonesia. dr. Gloria Novelita, SpKK selaku seorang Hair Expert mengatakan, rambut rontok juga erat kaitannya dengan gaya hidup. Seperti nutrisi tidak cukup, kekurangan vitamin dan mineral, hairstyling, kurangnya aktivitas fisik dan terjadi stress.

“Di tengah kesibukan, kadang kita lupa menjaga asupan nutrisi ataupun melakukan aktivitas fisik yang cukup. Hal ini mengakibatkan kulit kepala dan rambut menjadi kekurangan nutrisi yang dibutuhkan serta menghambat sirkulasi darah sehingga pertumbuhan rambut akan terganggu,” ujarnya saat ditemui di acara ‘Dove Hairlympic Studio, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (22/2).

Menurut dr. Gloria, rambut rontok dipengaruhi oleh gaya hidup yang buruk/copyright vemale.com/Anisha SP

Begitu pun dengan mereka yang menggunakan hijab, inner terlalu ketat dan kunciran terlalu ketat menjadikan rambut mudah rontok. “Karena menginginkan kepraktisan, seringkali kita mengikat atau mencepol rambut terlalu kencang sehingga menyebabkan tekanan berlebihan pada folikel rambut, akhirnya rambut mudah rontok. Begitupun dengan yang menggunakan hijab,” tambahnya.

Melihat hal tersebut, dr. Gloria menyarankan untuk selalu memperhatikan styling. Contohnya, ketika kita mengikat rambut atau inner kerudung jangan terlalu ketat atau kencang. “Penataan rambut diusahakan berbeda-beda, jadi tidak menetap. Tekanan apapun jangan satu titik saja. Seperti kalau mengikat rambut usahakan jangan di satu titik. Sebab, jika banyak tekanan akan semakin gampang rontok,” tuturnya.

Jangan lupa, untuk selalu mengonsumsi protein, vitamin dan mineral. Sebab zat itu sangat baik untuk kesehatan rambut. “Protein dari nabati dan hewani, ekstra kedelai, tahu tempe, mineral yang seperti zink, kacang-kacangan juga bagus. Dan kalau keramas usahakan sampai kulit kepalanya, karena kita suka lupa,” tutupnya.

Well ladies, buat kamu yang ingin punya rambut kuat dan bebas masalah rontok. Perhatikan lagi cara mengikat rambut. Hindari mengikat rambut terlalu kencang, cukupi nutrisi tubuh dan jaga selalu kebersihan rambut maupun kulit rambut.



(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading