1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Persiapkan agar Sesi Konsultasi dengan Dermatologis Efektif

Rabu, 14 Februari 2018 10:30 Penulis: Ammy Marcida
Konsultasi dermatologis/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Sudah memiliki rencana untuk mengunjungi dermatologis demi mengatasi masalah kulit kamu? Kalau iya, kamu tidak hanya perlu mempersiapkan waktu dan budget saja, lho. Agar hasil konsultasi perdana terasa efektif dan membuat kamu puas, ada baiknya untuk mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Mengingat sesi konsultasi dengan dermatologis biasanya tidak berlangsung lama, tentu dalam waktu terbatas ini kamu harus bisa memastikan semua keluhan dan pertanyaan terjawab dengan baik. Nah, sebelum berangkat menuju dermatologis, pastikan jika kamu sudah melakukan berbagai persiapan berikut ini, ya!

Tulis Daftar Pertanyaan yang Ingin Kamu Ajukan

Manfaatkan waktu yang kamu miliki di dalam ruang konsultasi dengan mengajukan pertanyaan yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Bukan tak mungkin juga saat dokter menjelaskan, akan muncul pertanyaan baru yang ingin kamu lontarkan. Dengan mencatat, sesi konsultasi jadi bisa kamu manfaatkan dengan maksimal karena tak ada pertanyaan penting yang terlewat. kamu juga bisa mengurutkan pertanyaan dari yang paling ingin kamu ketahui. Agar tidak lupa dengan jawaban dari daftar pertanyaan yang sudah dibuat, kamu juga bisa menuliskan jawaban atau lebih mudahnya rekam percakapan selama konsultasi menggunakan smartphone yang dimiliki.

Catat Berbagai Hal Penting Seputar Masalah jerawat

Catat Berbagai Hal Penting Seputar Masalah jerawat/Copyright Shutterstock

Di sesi konsultasi tidak hanya kamu saja yang ingin mengajukan pertanyaan seputar masalah kulit, dokter juga akan mengajukan berbagai pertanyaan seputar kondisi kulit kamu. Umumnya dokter akan menanyakan sejak kapan kamu mengalami peradangan pada jerawat, apakah ada alergi pada kandungan tertentu serta perawatan apa saja yang sudah kamu lakukan selama ini. Agar siap dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu mencatat poin-poin penting yang mungkin kamu lupa. Dan pastikan untuk menjawab pertanyaan dokter secara jujur, jika selama ini kamu belum rutin mengaplikasikan sunscreen atau cukup sering tidur dengan masih mengunakan makeup, dokter perlu mengetahui hal ini untuk membantunya mencari tahu penyebab utama masalah kulit kamu.

Catat atau Bawa Produk Skin Care yang Sedang Digunakan

Mengenai pertanyaan seputar perawatan kulit yang akan diajukan dokter, kamu sebaiknya mempersiapkan catatan yang berisi daftar skin care yang digunakan pada malam maupun pagi hari. Agar lebih detail dan efektif kamu juga bisa menuliskan kandungan bahan aktif yang terdapat dalam tiap produk skin care kamu. Misal dibandingkan hanya menulis Pixi Glow Tonic kamu bisa menambahkan keterangan kandungan Glycolic Acid 5% atau AHA pada catatan.

Selain itu jika ada produk skin care yang kamu yakini jadi pemicu breakout pada wajah atau bingung dengan salah satu komposisinya, kamu bisa membawa produk tersebut dan meminta dokter untuk memeriksa dan menjelaskan pada kamu.

Cari Tahu Mengenai Berbagai Cara Mengatasi Jerawat

Sebelum melakukan sesi konsultasi coba luangkan waktu untuk mencari tahu mengenai beberapa kandungan yang umum digunakan untuk mengatasi masalah kulit, memiliki sedikit informasi mengenai hal ini bisa membantu kamu untuk lebih spesifik dalam mengajukan pertanyaan dan tidak mengalami kebingungan saat menanyakan kandungan apa yang terdapat pada obat yang diresepkan untuk kamu. Meskipun kamu bisa menanyakan dengan lebih mendetail tapi tetap saja sedikit pengetahuan yang kamu miliki akan membuat sesi konsultasi yang hanya berlangsung beberapa menit akan jadi lebih efektif.

Tidak Memakai Makeup Saat Konsultasi

Saat mengunjungi dermatologis ada baiknya untuk tidak menggunakan makeup berlebih. Karena ini akan memudahkan dokter ahli untuk melihat kondisi wajah kamu, selain itu toh makeup akan dibersihkan saat dokter melakukan pemeriksaan wajah. Jadi usahakan untuk tampil senatural mungkin dengan menggunakan pelembap maupun sunscreen secukupnya. Selain tampil natural, kamu juga bisa melakukan dokumentasi dengan selalu mengambil gambar diri sejak wajah mengalami peradangan jerawat, hal ini selain bisa menjadi catatan pribadi, juga akan membantu dokter untuk melihat perkembangan wajah kamu dari waktu ke waktu.

Baca juga: 5 Tanda Seputar Jerawat yang Jadi Indikator kamu Perlu Mengunjungi Dermatologis

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#MusikTalk The Jawara - Racun Cinta Dari Mantan Personil D'Bagindas