1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Serum Vitamin C

Selasa, 13 Februari 2018 19:30 Penulis: Ammy Marcida
Serum/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Vitamin C merupakan jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi langsung oleh tubuh. Karena itulah kamu memerlukan berbagai produk yang kaya akan kandungan vitamin ini untuk bisa merasakan manfaatnya. Selain mengonsumsi buah-buahan dan makanan sehat, kamu juga bisa mengandalkan produk skin care dengan kandungan vitamin C. Salah satunya adalah serum vitamin C. Tak hanya melindungi sel kulit, produk ini juga diklaim mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi serta memudarkan noda bekas jerawat. Meskipun khasiatnya terbilang menjanjikan, tapi menggunakan serum vitamin C tidak bisa sembarangan. kamu perlu memerhatikan beberapa hal agar bisa merasakan khasiat produk secara maksimal. Apa saja yang perlu dilakukan dalam menggunakan serum vitamin C? Coba simak paparannya melalui artikel berikut!

1. Lakukan Ekfoliasi Secara Rutin 

Selain fokus pada proses pengaplikasikan, kamu juga perlu menaruh perhatian pada rutinintas perawatan wajah sebelum menggunakan serum. Pastikan untuk rutin melakukan ekfoliasi, agar kondisi kulit tetap bersih dan tidak ada sel mati yang menumpuk. Karena jika sel kulit mati masih berada di lapisan atas kulit, tentu produk serum tidak akan mampu menyerap dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal pada kulit.

2. Pilih Produk yang Sesuai Kebutuhan Kulit

Pilih Produk yang Sesuai Kebutuhan Kulit/Copyright Shutterstock

Pemilihan produk serum vitamin C juga perlu dilakukan dengan teliti. Jangan sampai kamu memilih produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit. Bagi pemilik kulit berminyak dan normal, kamu dapat memilih produk dengan kandungan L-ascorbic acid lebih dari 10% agar hasilnya lebih efektif. Sedangkan pemilik kulit sensitif bisa menggunakan produk dengan kandungan vitamin C atau  L-ascorbic acid  dengan kandungan 5-10%. Jika kulit sudah bisa menyesuaikan baru beralih pada serum vitamin C yang punya kandungan lebih tinggi.

Baca juga: Dari yang Termurah Hingga yang Paling Mahal, Inilah 5 Rekomendasi Serum Vitamin C untuk Samarkan Noda Bekas Jerawat

3. Wajah Harus dalam Kondisi Bersih

Agar serum vitamin C bisa menyerap dengan baik ke dalam lapisan kulit kamu perlu mempersiapkan kulit wajah dalam kondisi yang bersih dan lembap. Jadi sebelum buru-buru menggunakan serum vitamin C pastikan jika kondisi kulit sudah bersih. Melakukan langkah double cleansing yang diikuti dengan hydrating toner, bisa menjadi langkah awal yang baik agar serum vitamin C bekerja maksimal di kulit.

4. Aplikasikan Secukupnya dan Hindari Area Mata

Aplikasikan Secukupnya dan Hindari Area Mata/Copyright Shutterstock

Menggunakan serum dalam jumlah banyak tidak menjadi jaminan produk akan bekerja semakin efektif. Sebaiknya kamu cukup menggunakan sedikit serum vitamin C untuk diaplikasikan pada seluruh area wajah. Untuk produk dengan jenis pump, umumnya 2 kali pump sudah cukup untuk digunakan pada wajah dan leher. Selain itu kamu juga harus menghindari area kulit yang iritasi dan kulit di sekitar mata.

5. Aplikasikan dengan Jari pada Area Wajah dan Leher

Cara terbaik menggunakan serum vitamin C adalah dengan menggunakan jari. kamu bisa melakukan pijatan ringan dengan gerakan ke arah luar sambil membiarkan produk menyerap sempurna di kulit wajah dan leher.  Pijatan lembut di kulit akan membantu penyerapan produk sehingga kamu akan merasakan manfaat yang maksimal, terutama jika dilakukan secara rutin. Selain itu tekanan pijatan juga akan bantu melancarkan peredaran darah.

6. Biarkan Produk Meresap Sempurna

Biarkan Produk Meresap Sempurna/Copyright Shutterstock

Setelah mengaplikasikan serum vitamin C sebaiknya beri waktu agar produk menyerap sempurna dengan mendiamkannya selama 3-5 menit. Lalu kamu bisa melanjutkan langkah perawatan dengan mengaplikasikan pelembap favorit.

7. Gunakan Broad Spectrum Sunscreen Sebelum Beraktivitas di Luar Ruangan

Jika digunakan pada malam hari kamu dapat mengakhiri ritual perawatan wajah dengan menggunakan krim malam. Namun khusus penggunaan siang hari baiknya kamu turut menggunakan sunscreen berjenis broad spectrum untuk melindungi kulit dan mencegahnya dari hiperpigmentasi. Hal ini wajib dilakukan karena serum vitamin C cenderung membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap paparan matahari. Selain sunscreen kamu juga bisa mengandalkan sunglasses atau topi untuk melindungi kulit wajah saat beraktivitas.

Baca juga: Kulit Berminyak dan Berjerawat? Jangan Takut Pakai Sunscreen!

8. Jangan Digunakan Jika Produk Berubah Warna

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan serum vitamin C adalah penempatan produk. Karena serum vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah terganggu kestabilannya, maka kamu harus menempatkan produk ini pada tempat yang sesuai. Letakkan di area yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan di suhu yang sejuk.

Jika serum vitamin C mulai oksidasi dan berubah warna menjadi kekuningan atau coklat, maka kamu tidak perlu berpikir ulang untuk membuang produk ini. Karena perubahan warna menjadi salah satu indikator yang menunjukkan jika khasiat produk sudah hilang. Jadi percuma saja dipakai kalau tidak memberi manfaat apapun pada kulit, kan?

Baca juga: Ini Cara Benar Simpan Produk Kecantikan Agar Tidak Mudah Rusak

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Afgan Blak-Blakan Seputar Kehidupannya