1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Mengenal Jerawat Mekanika, Jenis Jerawat yang Kerap Dialami para Atlet

Selasa, 13 Februari 2018 16:00 Penulis: Ammy Marcida
Jerawat/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Jerawat seringkali hadir secara tak terduga di bagian tubuh manapun. Tentu kamu sudah membaca artikel soal jerawat di area punggung, maupun bokong, kan? Nah selain berbagai area tubuh, jerawat juga bisa hadir dalam jenis yang berbeda. Kali ini Beauty Journal akan membahas mengenai jerawat mekanika yang umumnya dialami oleh para atlet, pelajar maupun para penggila olahraga. Untuk cari tahu mengapa jerawat ini lebih dominan menyerang golongan tertentu, yuk coba simak pemaparannya di bawah ini.

Apa Jerawat Mekanika itu?

Makna Jerawat Mekanika/Copyright Shutterstock

Pada dasarnya jerawat mekanika bisa menyerang siapa saja, tapi kebanyakan jenis jerawat ini dominan dialami oleh para atlet, penggila olahraga, pelajar maupun tentara. Mengapa? Karena jerawat mekanikan biasa muncul pada area kulit yang mengalami tekanan, suhu panas dan gesekan pada kulit. Umumnya para atlet dan penggila olahraga akan memakai pakaian ketat serta berbagai perlengkapan olahraga lain yang melekat kuat pada tubuh. Sedangkan kemunculan jerawat ini di kalangan pelajar dan tentara muncul akibat penggunaan tas ransel yang biasa dikenakan.

Jenis jerawat ini bisa menyerang area tubuh mana pun, dari mulai wajah hingga tubuh seperti punggung, bahu dan bokong. Kemungkinan jerawat ini muncul juga dirasakan oleh mereka yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat. Tampilan jerawat mekanika juga beragam, bisa berupa komedo kecil, hingga jerawat papula dan pustules yang meradang.
Pada tahap awal kemunculannya, kondisi kulit akan terasa kasar dan membengkak, meskipun belum ada tampilan jerawat. Seiring perkembangannya di kulit, nanti area yang kasar ini akan mulai memperlihatkan jerawat yang meradang.

Baca juga: 5 Jenis Jerawat yang Penting untuk kamu Ketahui

Penyebab Jerawat Mekanika

Meskipun sering disebut serupa dengan jenis jerawat vulgaris, namun jerawat mekanika hadir karena sebab yang berbeda. Seperti disebutkan sebelumnya, jerawat ini akan muncul pada area kulit yang kerap mendapat tekanan serta gesekan secara terus menerus. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh perlengkapan olahraga, strap ransel, tas, topi, headbands, strap bra, serta pakaian yang terlalu sempit.

Baca juga: Pengaruh Baik dan Buruk Olahraga Terhadap Kesehatan Kulit

Perlengkapan yang terlalu ketat akan menahan kemunculan keringat saat tubuh tengah beraktivitas. Hal ini membuat folikel rambut atau pori-pori tersumbat, dalam suhu tinggi ditambah gesekan pada kulit, pada akhirnya kulit akan terlihat memerah dan iritasi lalu memunculkan jerawat yang meradang.

Meskipun banyak menyerang para tentara, atlet dan pelajar, namun tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa terserang hal ini, misal sering menggunakan helm yang sempit, serta tali bra yang terlalu ketat. Tapi tidak hanya benda-benda ini saja yang bisa memicu jerawat mekanika. Jika sering menggunakan telepon dalam jangka waktu lama ada kemungkinan kulit di area pipi juga mengalami peradangan, atau bagi pemain violin, yang kerap mendapat jerawat di area dagu akibat tekanan biola dan kulit dagu mereka.

Cara Mengatasi Jerawat Mekanika

Mengatasi jerawat/Copyright Shutterstock

Untuk menyembuhkannya, jerawat mekanika dapat diatasi dengan pengobatan menggunakan produk yang banyak tersedia di pasaran. Umumnya produk dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide bisa dipakai untuk mengatasi jerawat ini. Namun pastikan untuk tidak memberi gesekan yang terlalu keras pada area yang meradang. Karena hal ini dapat menyebabkan breakout pada kulit makin parah. Jika selama lebih dari 2 minggu jerawat tidak terlihat mereda sebaiknya segera kunjungi dermatologis untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

Selain melakukan perawatan dengan produk yang tepat, kamu juga perlu memerhatikan bahan pakaian kamu. Sebaiknya hindari jenis bahan sintetis karena produk ini cenderung memberi rasa panas pada kulit. Lebih baik gunakan kain yang bisa menyerap keringat seperti katun. Selain itu hindari menggunakan topi dan helm dalam jangka waktu lama dan pilih tas berjenis hand bag dibandingkan ransel.

Baca juga: Punya Jerawat Punggung? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya!

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Fero Walandouw Pengen Jadi Presiden Korea Utara