1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Tanda Seputar Jerawat yang Menjadi Indikator Kamu Perlu ke Dermatologis

Selasa, 13 Februari 2018 10:30 Penulis: Ammy Marcida
Jerawat/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Menjadi masalah pada kulit wajah yang bisa dialami oleh siapa saja, kehadiran jerawat memang cukup challenging untuk diatasi. Terlebih jika jerawat yang muncul tidak hanya satu tapi berbarengan, apalagi kalau sampai meradang. Selain rasa sakit dan panik, tidak jarang kamu juga dapat mengalami stres. Namun mengingat ada banyak solusi untuk mengatasi jerawat, kamu jadi bebas memilih perawatan apa yang akan dilakukan dalam mengatasinya. Nah, salah satu perawatan yang cukup populer adalah berkonsultasi langsung dengan dermatologis.

Selain langsung bertemu dengan dokter ahli, kamu juga bisa mendapatkan pengobatan secara personal karena dokter akan memeriksa kondisi kulit sebelum memberikan resep. Namun mengingat biaya yang tidak sedikit, kadang opsi ini baru muncul ketika jerawat sudah terlihat cukup parah hingga perlu penanganan yang lebih mendalam. Agar kamu bisa menentukan dengan baik kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi dermatologis, coba simak 5 permasalahan jerawat berikut, yang sebaiknya segera diobati oleh dermatologis.

Baca juga: Tanpa Filter, 3 Wanita ini Tetap Percaya Diri Menampilkan Kondisi Wajah yang Berjerawat

Jerawat Akibat Penggunaan Obat Medis

Beberapa jenis obat seperti penggunaan steroid dan pil KB sering kali menjadi pemicu timbulnya jerawat pada beberapa orang. Hal ini terjadi karena perubahan pada hormon akibat mengonsumsi obat-obat tersebut sehingga menyebabkan sekresi pada kelenjar minyak dan lemak di wajah secara berlebihan yang berujung pada penyumbatan pori-pori. Jika kehadiran jerawat di wajah merupakan efek samping dari penggunaan obat, ada baiknya kamu segera menghubungi dermatologis agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat agar jerawat tidak semakin meradang dan kamu tetap bisa aman memakai jenis obat-obatan yang tengah dikonsumsi.

Tidak Pernah Punya Masalah Jerawat Sebelumnya

Masalah jerawat/Copyright Shutterstock

Ada beberapa orang yang beruntung dan tidak pernah mengalami masalah jerawat serius. Nah jika kamu termasuk orang tersebut, namun tiba-tiba mengalami peradangan seperti jerawat pada area kulit, ada baiknya untuk segera mengunjungi dermatologis. Karena bisa jadi tampilan masalah pada kulit tersebut bukan jerawat melainkan masalah kulit rosacea maupun folikulitis. Agar tidak salah menangani, langsung berkonsultasi dengan dermatologis tentu jadi pilihan yang bijak.

Jerawat Meradang dalam Waktu Singkat

Jika tampilan jerawat kamu terlihat parah dan meradang sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli, dibandingkan mengobati dengan produk jerawat dari drugstore. Apalagi jika kamu mengalami jenis jerawat Nodule dan Cyst. Dua jerawat ini merupakan jenis jerawat yang cukup parah sehingga perlu langsung ditangani oleh dokter ahli. Karena jika terlambat, jerawat ini bisa menyebkan terjadinya jaringan parut di kulit yang meninggalkan bekas permanen seperti bopeng.

Baca juga: Mengenal Segitiga Berbahaya pada Wajah, Area yang Pantang Disentuh Saat Mengalami Jerawat

Skin Care dari Drugstore Belum Tentu Cocok untuk Mengobati Jerawat Kamu

Beberapa jenis jerawat ringan biasanya dapat diobati hanya dengan mengkamulkan produk drugstore yang punya berbagai kandungan ampuh dalam mengatasi jerawat. Namun tidak semua orang bisa sukses dengan cara ini, malah jika tidak hati-hati kondisi jerawat bisa semakin meradang. Jika kamu sudah menggunakan rangkaian skin care drugstore selama 10-12 minggu namun belum ada tkamu-tkamu kesembuhan pada jerawat, sebaiknya segera kunjungi dokter ahli untuk bisa mengatasi masalah jerawat kamu sebelum makin meradang.

Baca juga: Pengalaman Mengatasi Breakout Karena Over Eksfoliasi

Merasa Stres Saat Jerawat Meradang

Meskipun jerawat adalah hal yang umum terjadi, namun tak sedikit orang yang mengalami stres akibat kemunculan jerawat di wajah, bahkan ada yang akhirnya menarik diri dari kehidupan sosial dan menjadi rendah diri. Jika kamu mengalami hal serupa, ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter ahli agar masalah jerawat cepat teratasi. Karena selain memiliki pengobatan yang lebih personal, dokter juga bisa memberi masukan serta referensi pengobatan untuk meredakan stres yang kamu alami.

Baca juga: Selain Faktor Stres, Mungkin Ini Penyebab Mengapa Jerawat di Wajah Sukar Disembuhkan

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#KapanLagiChallenge - Jefri Nichol & Amanda Rawles