1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Hal yang Berhasil Jadi Tren di Industri Kecantikan

Jum'at, 09 Februari 2018 19:30 Penulis: Nisita Widinati
Cantik/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Industri kecantikan memang sedang berkembang pesat, khususnya dalam waktu 2 tahun belakangan ini. Perkembangan ini tak melulu berupa perilisan produk baru, brand kosmetik baru, ataupun tren makeup terbaru. Seiring dengan berjalannya waktu terdapat banyak perubahan dalam industri kecantikan. Mulai dari menanggapi isu-isu sosial, hingga perubahan cara pemasaran produk. Uniknya, perubahan-perubahan ini hampir dilakukan oleh beragam brand dalam waktu yang berdekatan sehingga dianggap sebagai sebuah ‘tren’. Lalu, hal apa saja ya yang sedang menjadi tren di industri kecantikan?

Inclusive Brand

Beberapa tahun ke belakang, dunia sedang gencar-gencarnya membahas mengenai isu keberagaman. Semakin banyak orang yang sadar bahwa semua orang berhak diperlakukan secara setara. Termasuk juga para pengelola dari brand kosmetik ternama di dunia. Gerakan ini semakin terasa dengan hadirnya Fenty Beauty, lini kosmetik milik Rihanna, yang mengeluarkan foundation dalam 40 shade dalam peluncuran perdananya, lengkap dengan produk makeup dekoratif dalam shade universal yang cocok digunakan semua warna kulit. Hal ini tentunya membuat brand kosmetik lainnya harus meningkatkan level produk yang mereka produksi. Jika hal ini terlihat seperti tidak dipertimbangkan oleh sebuah brand, akan banyak beauty vlogger dan influencer yang berani bersuara dan memberikan kritik terhadap brand tersebut.

Selain kesetaraan dalam warna kulit, kesetaraan gender dan bentuk tubuh juga mulai dilakukan. Salah satunya dilakukan oleh Milk Makeup. Tahun lalu, brand ini meluncurkan “Blur the Lines Campaign”. Dalam campaign ini, Milk menggunakan 7 orang model dengan gender, identitas, serta orientasi seksual yang berbeda-beda.

Baca juga: Kaleidoskop Akhir Tahun: Tren Kecantikan 2017 Ini Populer Sepanjang Tahun

Setting Spray

Popularitas setting spray berhasil meningkat pesat pada tahun 2017 kemarin. Mac Fix+ merupakan salah satu produk setting spray pertama yang berhasil menyita perhatian para pecinta makeup. Mengikuti kesuksesan produk ini, brand kosmetik lainnya pun tidak mau kalah dan meluncurkan produk serupa dengan beragam inovasi. Mulai dari untuk pemilik kulit kering hingga berminyak, dan yang memberikan hasil akhir dewy hingga matte. Meningkatnya popularitas dari setting spray juga disebabkan oleh banyaknya influencer yang selalu mengaplikasikan produk ini sebagai tahapan akhir dari penggunaan makeup.

Influencer Marketing

Perkembangan industri kecantikan dan kosmetik memang sedang pesat-pesatnya belakangan ini. Tak bisa dipungkiri, perkembangan industri ini seiring dengan kemajuan teknologi dan peningkatan pengguna media sosial. Salah satu faktor yang membesarkan industri kecantikan adalah kemunculan para beauty vlogger pada di YouTube. Buktinya, video dengan tema Beauty seperti tips makeup, tutorial, dan ulasan produk dapat mencapai angka 700 juta views tiap bulannya. Hal ini tentunya mengubah cara brand kosmetik dalam memasarkan produknya. Zaman sekarang, brand kosmetik lebih memilih untuk bekerja sama dengan para beauty vlogger untuk memasarkan produknya. Selain melalui video, brand kosmetik juga bekerja sama dengan para influencer untuk merilis produk baru. Cara ini dianggap sangat efektif dan mampu meningkatkan angka penjualan secara pesat. Salah satu contoh produk kolaborasi yang sangat diminati para pecinta makeup adalah The Jaclyn Hill Eyeshadow Palette yang habis terjual dalam waktu 2 jam saat perilisannya. Selain itu, masih banyak sekali beauty vlogger yang digandeng brand kecantikan seperti Kathleen Lights, Manny MUA, Jackie Aina, Alissa Ashley, dan Casey Holmes.

Baca juga: 5 Tren Skin Care yang Banyak Diburu Pada Mesin Pencari Google Sepanjang 2017

Online Virtual Experiences

Ingin membeli produk makeup baru secara online, tapi takut warnanya tidak cocok di kulit. kamu yang gemar berbelanja makeup secara online, pasti sudah sering berhadapan dengan masalah ini. Namun, ketakutan kamu dapat sedikit berurang karena sekarang, sudah banyak brand yang menyediakan fitur online virtual experiences pada website pribadinya. Online Virtual Experiences adalah sebuah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk “mencoba” terlebih dahulu produk yang diinginkan pada model dengan fitur wajah yang serupa. Beberapa brand yang memiliki fitur ini antara lain adalah NARS, Maybelline, dan Makeover Solutions. Selain melalui website, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman ini melalui berbagai aplikasi makeup seperti YouCam Makeup dan MakeupGenius App. Dengan fitur ini, kamu jadi bisa mendapatkan bayangan mengenai warna apa yang sekiranya akan cocok pada wajah kamu.

Peningkatan Independent Makeup Brand

Kamu mungkin menyadari bahwa dalam 2 tahun kebelakang, banyak sekali brand kosmetik baru yang bermunculan. Saat kemunculan brand tradisional menurun sebanyak 1.3% di tahun 2016, kemunculan brand independent justru mengalami peningkatan hingga 42.7 %. Peningkatan kemunculan brand makeup indie ini merupakan refleksi dari perubahan selera konsumen. Jika sebelumnya seseorang membeli produk karena brand yang besar, wanita zaman sekarang justru lebih senang memilih produk yang memiliki identitas, lebih “jujur”, minimalis, hingga yang memiliki kontribusi terhadap bumi. Beberapa contoh brand indie yang namanya sudah sangat populer yaitu, ColourPop, Sigma Beauty, Zoeva, dan Morphe Brushes.

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Melewati Batas, Meraih Mimpi - Jonathan Cristie