1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Unik dan Seram, Makeup Artist Ini Menggunakan Serangga Asli

Kamis, 08 Februari 2018 16:00 Penulis: Devina Ellora
Makeup Artist/copyright instagram/butterflyjasmine49

Vemale.com - Seiring berjalannya waktu, kreativitas dalam dunia makeup kian berkembang. Setuju nggak sih, kalau tren makeup, terutama makeup special effect, saat ini semakin kreatif dan unik? Mulai dari makeup mengikuti karakter boneka Bratz, makeup neon yang seolah bercahaya, hingga makeup 3 dimensi yang memberikan efek ilusi mata.

Penggunaan properti atau aksesoris untuk melengkapi riasan makeup pun semakin lazim, misalnya dengan menggunakan gemstones atau glitter. Namun, bagaimana jika makeup kamu dihiasi dengan serangga? Inilah yang dilakukan seorang makeup artist asal California yang bernama Jasmine (@butterflyjasmine49). Penasaran? Yuk, lihat bagaimana hasil makeupnya di bawah!

Riasan Dengan Lebah

Riasan mata bertemakan lebah ini merupakan salah satu karya Jasmine dalam ‘Insect Eye Series‘ alias rangkaian riasan mata serangga miliknya. Dalam caption Instagramnya, Jasmine menyebutkan bahwa Insect Eye Series merupakan sebuah proyek yang telah ia kerjakan selama lebih dari 6 bulan. Meskipun sedikit mengerikan untuk sebagian orang, Jasmine menjelaskan bahwa ini adalah salah satu bentuk ekspresi seninya.

Dalam tiap-tiap riasannya, Jasmine memberikan keterangan mengenai serangga yang ia gunakan, produk makeupnya, serta sekilas fakta mengenai serangga tersebut. Dalam tampilan ini, Jasmine mendapatkan si lebah dari halaman rumahnya sendiri dalam keadaan sudah mati. Untuk melengkapi si lebah, Jasmine mendesain riasan mata dengan bentuk hexagon khas sarang lebah bernuansa kuning. Tidak lupa, Jasmine menambahkan efek lelehan madu menggunakan campuran cat, pewarna, dan glycerin. Hasilnya cukup cantik, ya!

Sarang Laba-Laba

Tidak hanya lebah, Jasmine juga memasukkan laba-laba sebagai salah satu serangga dalam Insect Eye Series. Jasmine menuliskan, bahwa Ia memulai series ini karena segala hal yang terdapat di alam menginspirasi dirinya. Ia terinspirasi dari warna, tekstur, bahkan suara di sekelilingnya. Karenanya, Ia ingin menunjukkan betapa mengagumkannya serangga-serangga ini melalui riasan makeup-nya.

Sebenarnya, Jasmine sendiri pun tidak terlalu menyukai, bahkan sedikit takut pada serangga, lho! Oleh karena itu, ia hanya menggunakan serangga yang sudah mati dalam riasannya. Namun, ia tidak pernah membunuh satupun serangga yang digunakan untuk riasannya. Kebanyakan serangga yang ia gunakan sudah mati saat ditemukan, atau ia beli melalui internet dan toko. Salah satunya adalah Chaco Golden Knee Tarantula yang ia dapatkan dari Etsy untuk riasan ini. Ia melengkapi riasan ini menggunakan kapas untuk membuat efek jaring laba-laba serta lem untuk membuat aksen kulit terkelupas yang diisi dengan telur plastik.

Larva Sebagai Bulumata

Jika kebanyakan perempuan memilih eyelash extension untuk mempercantik bulu matanya, lain halnya dengan Jasmine. Ia memilih untuk menggunakan larva yang kerap menjadi makanan reptil untuk riasan bulu matanya. Menurut Jasmine, jika kamu melihat ke sekeliling, kamu akan menyadari bahwa terdapat banyak serangga mati di sekitar kamu. Yang menjadi perbedaan adalah Jasmine memutuskan untuk mengambil serangga tersebut dan mendokumentasikannya pada wajahnya.

Oh, iya, Jasmine juga tidak akan membeli dari toko yang membunuh serangga-serangga ini dengan sengaja, lho! Ia hanya akan membeli serangga yang sudah mati tanpa dibunuh. Nah, dalam riasan larva ini, Jasmine memadukannya dengan eyeshadow berwarna oranye kemerahan dengan aksen cut out cat eye. Ia juga membingkai alisnya dengan warna oranye neon dan membubuhkan titik-titik kuning sebagai pelengkap riasannya. Ada yang tertarik mencoba?

Baca juga: Dari Unik Hingga Menyeramkan, Ini 7 Makeup Halloween yang Bisa Jadi Inspirasi Kamu

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Halangi Bajaj, Pejalan Kaki Tiduran di Trotoar