1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Rekomendasi Essential Oil yang Mampu Atasi Masalah Sunburn Pada Kulit

Rabu, 07 Februari 2018 10:30 Penulis: Andini Aprilliana
Essential Oil/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Pernah mengalami kulit yang memerah saat terlalu lama berada di bawah terik sinar matahari? Dalam dunia kecantikan dan kesehatan, kondisi tersebut dinamakan sunburn alias kulit yang terbakar sinar matahari. Selain kemerahan, sunburn biasanya juga ditandai dengan munculnya rasa nyeri atau perih saat kulit yang terbakar tidak sengaja tersentuh. Masalah kulit yang satu ini memang dapat diatasi secara cepat dengan menggunakan kompresan air dingin. Sayangnya, cara ini hanya memberikan sensasi dingin yang sesaat.

Nah, jika kamu menginginkan solusi yang lebih efektif dan tentunya aman, coba deh atasi sunburn dengan menggunakan essential oil! Karena tak hanya berfungsi sebagai pelembap, produk yang satu ini ternyata juga diperkaya dengan kandungan khusus yang mampu meringankan efek kemerahan dan rasa perih yang timbul akibat sunburn. Kalau begitu, langsung saja yuk ketahui jenis essential oil apa saja yang bisa kamu gunakan untuk meringankan sunburn pada kulit!

Neroli Essential Oil

Minyak esensial ini termasuk sebagai salah satu minyak asiri yang berkhasiat untuk meringankan bekas luka bakar. Minyak yang yang terbuat dari bunga bitter orange ini memiliki aroma yang manis dan segar layaknya wangi buah jeruk. Menurut penelitian, neroli oil mengandung konstituen biologis aktif yang mampu mengurangi peradangan akut dan peradangan kronis akibat sunburn. Selain itu, minyak esensial ini juga bersifat sebagai antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi yang baik digunakan oleh semua jenis kulit. Jika ingin efek sunburn sembuh dengan cepat, rutinlah mengoleskan neroli essential oil paling tidak dua atau tiga kali dalam sehari.

Baca juga: Tidak Boleh Sembarang Simpan. Berbagai Hal Ini Bisa Mengubah Warna dan Menurunkan Kualitas Essential Oil

Geranium Essential Oil

Tak hanya digunakan sebagai aromaterapi yang mampu merilekskan pikiran, minyak esensial geranium juga diketahui efektif dalam menghilangkan rasa perih akibat sengatan matahari. Minyak yang berasal dari ekstrak bunga geranium ini bersifat sebagai anti-mikroba, anti-kanker, dan anti-peradangan. Selain minim risiko iritasi, jenis minyak esensial ini juga bersifat sebagai terapeutik yang mampu menyembuhkan luka, termasuk sunburn. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar, tuangkanlah tiga tetes minyak ini pada bagian kulit yang terbakar. Oles dan pijat secara lembut hingga minyak meresap sempurna ke dalam kulit.

Peppermint Essential Oil

Peppermint Essential Oil/Copyright Shutterstock

Selain perih, sunburn juga kerap kali menimbulkan efek panas pada kulit. Untuk meringankan masalah tersebut, kamu bisa mengandalkan minyak esensial peppermint. Jenis minyak ini mengandung menthol, yakni senyawa kimia yang dapat membantu meringankan peradangan akibat sengatan matahari. Selain melembapkan, minyak esensial ini juga dapat memberikan sensasi dingin pada kulit yang terbakar. Tak hanya itu saja, minyak esensial peppermint juga bersifat sebagai antibakteri, antijamur, dan antiseptik. Untuk menggunakan minyak ini, kamu perlu mengencerkannya terlebih dahulu dengan menggunakan air atau beberapa tetes minyak zaitun untuk meminimalisir efek iritasi yang muncul.

Baca juga: Agar Terhindar dari Efek Samping yang Merugikan, Ini Beberapa Kesalahan yang Sebaiknya Tidak kamu Lakukan Saat Menggunakan Essential Oil

Lavender Essential Oil

Di balik aromanya yang menenangkan pikiran, minyak esensial lavender diketahui dapat membantu mengurangi gejala nyeri kemerahan akibat sengatan matahari. Selain itu, penggunaan minyak ini juga mampu mengurangi pembengkakan sekaligus menurunkan risiko infeksi akibat sunburn berkat kandungan antibiotiknya. Pada sebagian kasus, jenis minyak ini mungkin saja dapat menyebabkan reaksi alergi. Untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu bisa menambahkan beberapa tetes helichrysum oil yang bersifat sebagai analgesik.

Eucalyptus Essential Oil

Eucalyptus Essential Oil/Copyright Shutterstock

Minyak esensial yang satu ini memiliki sifat anti-peradangan yang dapat meringankan rasa sakit dari sengatan sinar matahari secara cepat. Sifat anti-bakteri yang dimiliki minyak ini juga efektif dalam melindungi kulit yang terkena infeksi akibat terlalu lama terbakar sinar matahari. Selain memiliki zat anti-septik dan anti-mikroba, jenis minyak esensial yang satu ini juga dikenal baik untuk mengatasi beberapa masalah kulit, sepeti bisul dan juga psoriasis.

Baca juga: 5 Rekomendasi Brand Essential Oil yang Aman dan Terjangkau

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#MusikTalk The Jawara - Racun Cinta Dari Mantan Personil D'Bagindas