1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Hindari Efek Samping yang Merugikan Memakai Essential Oil

Jum'at, 02 Februari 2018 17:00 Penulis: Nisita Widinati
Essential Oil/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, essential oil juga dikenal baik untuk kesehatan. Namun di balik manfaat baiknya, kamu juga perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Seperti diketahui, essential oil merupakan minyak konsentrat tinggi dari berbagai bagian tanaman, di mana untuk mendapatkan 10 kg essential oil harus dilakukan penyulingan dari 10 ton bahan baku. Karena itulah menggunakannya pun tidak boleh sembarangan. Nah, agar essential oil tetap aman dan memberikan manfaat yang kamu butuhkan, yuk cari tahu hal apa saja yang perlu dihindari saat memakai essential oil, melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Tidak Boleh Sembarang Simpan. Berbagai Hal Ini Bisa Mengubah Warna dan Menurunkan Kualitas Essential Oil

Tidak Memperhatikan Cara Aplikasi

Essential Oil dapat digunakan dalam berbagai cara. Mulai dari diaplikasikan secara topikal pada kulit, dihirup, hingga dikonsumsi secara langsung. Setiap cara pemakaian ini memiliki hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Untuk pengaplikasian pada kulit secara topikal, ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu rasio pengenceran (dilution ration), rekomendasi dosis harian (RDD), dan durasi pemakaian (duration guidelines). Ketiga hal ini penting untuk dilakukan guna mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Informasi mengenai dilution ratio, RDD, dan duration guidelines dapat kamu temukan di internet atau mengikuti petunjuk di kemasan. kamu yang memiliki kulit sensitif juga harus lebih berhati-hati dalam memilih essential oil yang akan digunakan secara topikal. Selalu lakukan skin patch test terlebih dahulu untuk melihat apakah ada reaksi kulit terbakar atau iritasi dalam waktu 24 jam kedepan.

Pengaplikasian secara dihirup memang tergolong paling aman jika dibandingkan dengan metode lainnya. Baik menggunakan diffuser, ataupun dihirup secara langsung dari botol selama beberapa detik. Meskipun begitu, kamu yang memiliki alergi atau asthma harus sedikit berhati-hati karena beberapa jenis minyak yang memiliki aroma kuat dapat menimbulkan beberapa masalah pernapasan. Pastikan untuk selalu menggunakan diffuser pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan lakukan dalam interval waktu 30 menit.

Untuk penggunaan secara internal atau dikonsumsi, kamu harus memberikan perhatian lebih karena tidak semua essential oil aman untuk dikonsumsi. Beberapa jenis oil dapat memberikan dampak buruk hingga keracunan apabila dikonsumsi. Cari tahu lebih jauh mengenai dosis penggunaan, konsentrasi yang diperlukan, dan durasi konsumsi essential oil. Selain itu, konsumsi essential oil sebaiknya dilakukan dengan cara dicampurkan dengan carrier oil yang juga dapat dikonsumsi seperti olive oil.

Tidak Mencari Tahu Mengenai Efek Samping

Essential oil yang beredar di pasaran umumnya sudah memiliki sertifikasi aman. Namun, tetap saja kamu perlu memperhatikan efek samping yang mungkin ditimbulkan dari masing-masing essential oil. Selain dapat menimbulkan berbagai reaksi terhadap tubuh, essential oil juga dapat bereaksi terhadap obat-obatan yang sedang digunakan. Jika kamu memiliki kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, epilepsi, dan penyakit lainnya yang memerlukan konsumsi obat secara rutin, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli.

Baca juga: Ingin Mencoba Essential Oil untuk Perawatan Kulit? Ini Beberapa Hal Seputar Essential Oil yang Perlu kamu ketahui

Menggunakan Oil yang Sensitif Terhadap Matahari Saat akan Beraktivitas di Luar Ruangan

Kesalahan saat menggunakan essential oil yang terakhir adalah menggunakan oil yang bersifat photosentitive saat di luar ruangan. Kombinasi antara photosentive oil dan cahaya matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang bersifat permanen. Beberapa jenis oil yang memilki sifat photosensitive antara lain, Angelica Root, Bergamot, Grapefruit, Lemon, Lime, Rue, dan Mkamurin Leaf. Selain kulit yang meradang, phototoxicity dapat menyebabkan beberapa gejala seperti sunburn, kulit yang menggelap, edema, hingga blister yang umunya muncul dalam waktu 36 jam. Jika kamu harus menggunakan oil yang bersifat photosensitive, pastikan area kulit tidak terpapar sinar UV dalam waktu 12-18 jam.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Essential Oil dan Manfaatnya untuk Kecantikan

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#KapanLagiChallenge - Jefri Nichol & Amanda Rawles