KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Manfaat Kopi untuk Kecantikan Wajah, Wajib Coba Nih

Rabu, 24 Januari 2018 10:30 Penulis: Andini Aprilliana
Kopi/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia. Saking sukanya, sebagian besar pecinta kopi bahkan tak akan melewatkan pagi hari mereka tanpa meminum secangkir kopi. Selain mampu menahan rasa kantuk, kabarnya kopi juga efektif untuk menenangkan dan membuat pikiran kembali segar. Di balik manfaat tersebut, ternyata kopi juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku perawatan kulit karena menyimpan berbagai nutrisi seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline, dan asam klorogenat. Nah, kalau untuk kulit, apa manfaatnya ya?

Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat/Copyright Shutterstock

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kopi dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Kopi sendiri bekerja sebagai diuretik yang dapat melancarkan sirkulasi pembuluh darah di dalam kulit. Selain itu, kopi juga mengandung flavanoid dan polifenol sebagai anti-oksidan yang baik untuk mencegah serta mengatasi berbagai macam masalah kulit, termasuk jerawat dan rosacea. Menariknya lagi, kandungan kafein yang terdapat pada bahan alami ini juga sangat efektif untuk mengurangi efek kemerahan akibat jerawat yang meradang.

Mengurangi Komedo

Tak hanya mengatasi jerawat, kopi juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi komedo pada kulit wajah. Kandungan kafein pada kopi bekerja secara efektif dengan cara mengurangi ukuran sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab utama munculnya komedo. Jika kamu ingin mengatasi komedo dengan cara alami, cukup gunakan masker kopi dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air. Oleskan secara merata pada area kulit yang berkomedo, lalu gosok secara lembut selama beberapa menit. Rutin melakukan ritual ini paling tidak seminggu dua kali diketahui dapat mengurangi komedo secara perlahan.

Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

Sering terpapar sinar matahari ternyata dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan muncul bintik-bintik hitam. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengandalkan campuran bubuk kopi dan beberapa tetes minyak zaitun sebagai masker. Sama halnya dengan teh, kopi mengandung anti-oksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas. Rutin melakukan perawatan masker kopi seminggu sekali diketahui dapat mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan noda hitam di wajah, termasuk bekas jerawat. Menariknya lagi, kandungan kafein pada kopi juga dapat mengurangi tampilan lingkaran mata yang menggelap, lho!

Memperbaiki Kerusakan Kulit

Seperti yang telah diketahui, kopi sangat kaya akan anti-oksidan yang mana sangat baik untuk memperbaiki kerusakan serta mengatasi tanda-tanda penuaan kulit akibat buruknya paparan sinar UV. Selain itu, rutin melakukan perawatan wajah dengan kopi juga dapat merevitalisasi kulit serta mengatasi kulit yang lelah karena kandungan astringent alami yang dimilikinya.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat Sel Kulit Mati/Copyright Shutterstock

Perlu diketahui, kulit wajah dan tubuh memiliki kemampuan untuk beregenerasi secara alami. Dalam proses ini, sel kulit tertua yang telah mati akan menumpuk di lapisan epidermis terluar. Jika tidak dibersihkan, sel kulit mati yang menumpuk ini ternyata dapat membuat kulit wajah jadi berjerawat, kusam dan tampak kasar. Oleh karena itu, kamu perlu rajin membersihkannya dengan rajin mencuci wajah setiap hari dan mengeksfoliasi kulit paling tidak seminggu sekali. Untuk mengeksfoliasi kulit, kamu bisa menggunakan bubuk kopi yang telah dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Kedua bahan alami ini tak hanya dapat mengangkat sel kulit mati secara maksimal, tapi juga merawat serta melembutkan kulit berkat vitamin E yang dikandungnya.

Baca juga: Mengenal Kopi Hijau, Minuman Dengan Kafein Rendah dan Anti-Oksidan Tinggi

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Kronologi Penangkapan Dhawiya, Putri Elvy Sukaesih
01:51