Sukses

Beauty

4 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Agar Makin Cantik & Berkilau

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, khususnya kaum hawa. Rambut yang sehat, berkilau, dan tebal merupakan impian semua orang. Sementara itu, demi mendapatkan rambut yang indah tentu dibutuhkan perawatan rambut ekstra yang penting dilakukan secara rutin.

Bahan-bahan alami di sekitar kita, sebenarnya bisa menjadi alternatif untuk melakukan perawatan rambut intensif lho. Kandungan bahan alami pada sampo yang kita gunakan sehari-hari terbukti ampuh membuat rambut kita jadi makin sehat dan indah. Selain itu, memanfaatkan bahan alami seperti argan oil, jojoba oil, minyak kelapa dan shea butter sebagai bahan perawatan rambut, ini akan membuat kecantikan serta kesehatan rambut makin mempesona.

Argan Oil
Argan oil atau minyak argan berasal dari buah pohon Argan (Argania Spinosa) yang hanya bisa ditemukan di Maroko, Afrika Utara. Argan oil mengandung vitamin E dua kali lipat lebih banyak daripada olive oil. Vitamin E yang berperan sebagai antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit dan rambut kusam. Argan oil juga kaya akan kandungan asam lemak omega 6 dan 9.

Argan oil bisa membuat rambut makin cantik dan sehat secara alami/copyright ohsimply.com

Untuk perawatan rambut, argan oil membantu merawat kulit kepala yang kering dan melembabkan rambut. Argan oil dapat digunakan pada saat sebelum atau sesudah mencuci rambut. Jika Anda ingin menggunakan argan oil sebelum mencuci rambut, aplikasikan sejumlah minyak ke seluruh rambut dari akar hingga ujung lalu pijat kulit kepala secara lembut. Kenakan shower cap atau kain agar minyak dapat menembus kutikula. Diamkan kurang lebih selama 5 menit. Lepas shower cap kemudian bilas dengan air hangat.

Coconut Oil
Selain untuk memasak makanan di dapur, coconut oil atau minyak kelapa dikenal memiliki banyak khasiat bagi kecantikan. Minyak kelapa memiliki kandungan tinggi akan asam kaprat dan asam laurat.

Minyak kelapa bisa membuat rambut makin cantik, hitam berkilau dan halus/copyright cnn.com

Dua asam tersebut bisa diubah menjadi monolaurin dan monocaprin. Minyak kelapa juga mengandung vitamin E yang penting untuk menjaga kesehatan rambut kita agar senantiasa sehat dan lembab. Selain itu, coconut oil juga dapat membuat rambut terlihat lebih bercahaya dan menjaganya tetap tebal berkilau.

Jojoba Oil
Jojoba oil memang terkenal akan khasiatnya untuk kecantikan tubuh secara menyeluruh. Jojoba oil sendiri merupakan minyak alami yang diekstrak dari biji tumbuhan herbal parenial buxaceae yang disebut dengan Jojoba. Biasanya jojoba oil dimanfaatkan sebagai produk perawatan rambut, luka terbakar, jerawat, dan lain sebagainya.

Jojoba oil/copyright healthline.com

Gunakan jojoba oil ini untuk perawatan luar tubuh seperti rambut dan kulit. Dengan menggunakan jojoba oil pada rambut, maka rambut pun akan terlindungi dari kering, debu, terik matahari, dan sinar ultraviolet. Jojoba oil juga bermanfaat untuk melindungi kulit kepala dari masalah ketombe dan gatal akibat kulit kepala kering.

Shea Butter
Shea butter murni mengandung vitamin A, E, dan F. Vitamin A dan E mampu membantu meredakan, melembabkan, dan menyeimbangkan kulit. Sedangkan vitamin F mengandung asam lemak esensial dan dapat membantu melindungi serta merevitalisasi kulit serta rambut yang rusak. Sifat anti inflamasi alami yang dimiliki shea butter menjadikan pilihan yang sangat bergizi untuk kulit kepala, membantu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Shea butter untuk rambut makin berkilau/copyright superdrug.com

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut sebagai bahan perawatan rambut secara langsung untuk mendapatkan hasil yang maksimal, memakai sampo dengan kandungan bahan tersebut juga sangat disarankan. Untuk itu, penting bagi kita agar pandai-pandai memilih sampo yang memang mengandung bahan alami tersebut di dalamnya.

Untuk mengetahui lebih banyak info menarik seputar kecantikan juga kesehatan dan berbagai hal menarik lainnya, jangan lupa untuk berkunjung ke laman iPrice.co.id ya ladies.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading