Sukses

Beauty

5 Fakta Tentang Silikon dalam Produk Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

Nama silikon tentu sudah tidak asing terdengar di telinga kamu. Apalagi, di awal tahun 2017, sponge berbahan silikon alias silisponge sempat membuat heboh dunia kecantikan. Ada juga tren kecantikan yang menggadangkan penggunaan produk bebas silikon, paraben, dan beberapa bahan lainnya. Jadi, sebenarnya silikon itu apa sih? Silikon (Silicone) adalah artificial polymer, yaitu bahan kimia buatan manusia yang dibuat dari silicon, carbon, hydrogen, dan oxygen. Sedangkan, silicon sendiri adalah mineral alami yang sangat mudah ditemukan, serta biasanya digunakan untuk membuat computer chips maupun perlengkapan komputer lainnya (ini, lho, asal nama Silicon Valley!). Setelah memahami perbedaan silicone dan silicon, yuk, pelajari lebih lanjut mengenai penggunaan silicone dalam industri kecantikan dalam 5 fakta berikut!

Baca juga: Silisponge dan beautyblender, Mana yang Lebih Baik?

1. Silikon Adalah Rahasia Di Balik Tampilan Kulit yang Flawless

Silikon Adalah Rahasia Di Balik Tampilan Kulit yang Flawless/Copyright Shutterstock

Silikon kerap digunakan dalam produk perawatan kulit maupun kosmetik karena memiliki substansi yang membuat formulasi produk semakin lembut, sehingga mudah untuk dibaurkan. Apalagi, silikon juga dapat mengisi celah maupun kerak-kerak, termasuk keriput pada kulit dan membentuk lapisan segel di atas kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang lembut, halus, velvety, dan flawless. Silikon juga bersifat water-resistant, sehingga ‘lapisan’ yang terbentuk oleh silikon akan mengunci kelembapan kulit atau rambut, memperkuat ketahanan warna makeup, dan mencegah riasan luntur karena keringat.

Baca juga: Rekomendasi Foundation dengan Efek Airbrush untuk Hasilkan Makeup yang Tampak Lebih Sempurna dan Flawless

2. Silikon Ada Di Mana-Mana!

Nah, karena kemampuan silikon untuk membuat kulit terasa halus, tekstur produk yang lebih nyaman untuk dioleskan, serta membuat sunscreen sanggup menahan air dan keringat, silikon pun sangat sering digunakan dalam produk perawatan kulit maupun kosmetik. Nah, kandungan silikon dapat kamu temukan pada sampo, conditioner, moisturizer, sunscreen, eyeshadow, blush on, bronzer, krim, eye cream, hand & body lotion, produk anti–aging, sabun mandi, deodoran, cat rambut, produk styling rambut, hingga shaving lotion. Wah! Ternyata banyak sekali ya produk-produk yang mengandung silikon. Namun, jika melihat ingredients list, mungkin kamu hampir tidak akan menemukan nama silikon di situ, karena…

3. Silikon Sering Bersembunyi Di Balik Nama-Nama Lain

Silikon Sering Bersembunyi Di Balik Nama-Nama Lain/Copyright Shutterstock

Nah, inilah yang menjadi alasan kamu mungkin tidak menyadari kalau produk yang kamu gunakan mengandung silikon. Namun, ada cara mudah kok untuk mengecek keberadaan silicone dalam produk. Umumnya, kandungan silikon akan memiliki nama bahan dengan akhiran –cone. Contohnya Dimethicone, Methicone, Trimethicone, Cyclomethicone, Amodimethicone, Trimethylsilylamodimethicone. Selanjutnya, kamu juga bisa mengecek nama bahan dengan akhiran –siloxane, seperti Cyclopentasiloxane atau Polydimethylsiloxane. Nah, selain nama bahan dengan kedua akhiran diatas, kamu juga bisa mengecek beberapa nama lainnya, seperti Dimethiconol, C10-30 Alkyl acrylate crosspolymer, VP / VA Copolymer, Polybutene, serta Polyisobutene. Hmm, agak memusingkan memang, namun ada baiknya kamu tetap mengecek terlebih dahulu. Terutama jika kamu memiliki kulit yang cukup sensitif.

4. Selain Mengunci Kelembapan, Silikon Juga Bisa Memerangkap Kotoran Pada Kulit!

Salah satu keunggulan silikon adalah kemampuannya untuk membentuk lapisan yang akan mengunci kelembapan kulit. Namun, perlu kamu ketahui bahwa lapisan ini pun dapat mengunci kotoran, keringat, sebum, serta sel kulit mati di bawahnya. Hal ini tentu dapat menyebabkan masalah, mulai dari pori-pori yang tersumbat, hingga jerawat. Karenanya, pastikan kulit kamu berada dalam keadaan bersih sebelum menggunakan produk berbahan silikon. Setelahnya pun pastikan kamu membersihkan produk bersilikon dari wajah kamu hingga benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah adanya sisa silikon di atas kulit yang dapat terakumulasi dan menyumbat pori-pori, atau menghalangi proses penyerapan produk skincare kamu berikutnya secara maksimal.

5. Tren Perawatan Kulit dan Kosmetik bebas Bahan Kimia

Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Termasuk juga kesadaran para perempuan akan kandungan produk yang ia gunakan. Kini mulai banyak brand yang menggadangkan produk organik, natural, bebas paraben, dan lain-lain. Nah, hal ini tentu akan memudahkan kamu memiliki kulit yang sensitif atau ingin mengurangi pemakaian produk dengan kandungan silikon. Beberapa produk yang bisa kamu coba adalah Innisfree Green Tea Balancing Cleansing Oil, Benton Snail Bee High Content Steam Cream, Bali Balance Coconut Rosemary Shampoo, dan masih banyak lagi!

Baca juga: 4 Alasan Mengapa kamu Harus Mencoba Produk Kecantikan Organik Dari Sekarang

(vem/sociolla/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading