1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Mengenal 4-2-4 Cleansing Method, Rahasia Bae Suzy

Jum'at, 22 Desember 2017 11:15 Penulis: Andini Aprilliana
Bae Suzy/Copyright dramafever.com

Vemale.com - Bagi para penggemar drama Korea, nama Bae Suzy mungkin sudah tak asing lagi didengar. Selain multitalenta, selebriti yang bernaung di bawah JYP Entertainment Agency ini juga terkenal akan kecantikannya. Wanita kelahiran tahun 1994 ini memang memiliki tampilan kulit yang sehat dan juga flawless. Oleh karena itu, sangat tak mengherankan jika sosok cantik ini kerap diminta untuk menjadi brand ambassador dari berbagai brand kecantikan. Salah satunya The Face Shop, brand kecantikan asal negeri ginseng yang cukup banyak digemari para wanita dari seluruh penjuru dunia.

Kecantikan kulit wajah Suzy ternyata tak lepas dari upayanya dalam merawat wajah. Menurut pengakuannya pada salah satu program acara kecantikan televisi di Korea, kecantikan kulit wajahnya itu bisa ia dapatkan karena rajin menerapkan 4-2-4 cleansing method. Hmm, kira-kira seperti apa ya cara kerja dan manfaat dari metode ini? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut, yuk!

Seperti Apakah 4-2-4 Cleansing Method?

4-2-4 Cleansing Method/copyright sociolla.com

4-2-4 cleansing method merupakan salah satu cara membersihkan wajah yang kini banyak digemari para wanita Asia. Metode membersihkan wajah yang berasal dari Jepang ini kabarnya kerap menjadi kunci rahasia para selebriti Korea dalam mendapatkan kulit wajah yang sehat dan mulus. Metode ini dinamakan 4-2-4 karena prosesnya memakan waktu 4 menit untuk membersihkan wajah dengan cleansing oil, 2 menit untuk facial wash, dan 4 menit terakhir untuk membilas kulit wajah dengan air. 4-2-4 cleansing method juga sangat berguna untuk para wanita yang kerap beraktivitas di luar ruangan atau yang sering mengenakan full makeup setiap harinya. Dan jika diperhatikan lebih seksama, metode ini sebenarnya tak jauh berbeda dari double cleansing. Hanya saja, 4-2-4 cleansing method memiliki ritual yang lebih detail dan spesifik.

Tahapan 4-2-4 Cleansing Method

Menerapkan 4-2-4 cleansing method sebenarnya tidak terlalu sulit, kok! Terlebih jika kamu sudah sering menyelipkan ritual double cleansing ke dalam rutinitas perawatan kulit wajah sehari-hari. Namun, bagi yang belum pernah melakukannya, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu tahapan dari 4-2-4 cleansing method berikut!

  • 4 menit pertama: bersihkan wajah dengan menggunakan cleansing oil. Jika dibandingkan dengan produk cleanser lainnya, pembersih wajah berbasis minyak diketahui lebih mudah dalam mengangkat kotoran dan sisa makeup. Setelah itu, pijat kulit selama 4 menit hingga seluruh makeup dan kotoran di wajah terangkat, lalu usap dengan kapas.
  • 2 menit kedua: Setelah menggunakan cleansing oil, bersihkan kembali wajah dengan facial wash. Gosok wajah secara lembut dengan gerakan memutar selama 2 menit.  Agar hasil bersihnya maksimal, pastikan kamu menggosok facial wash di telapak tangan terlebih dahulu menghasilkan sebelum menerapkannya ke wajah.
  • 4 menit terakhir: bilas wajah dengan menggunakan air hangat pada 2 menit pertama. Selain dapat melancarkan peredaran darah, membilas wajah dengan air hangat juga dapat membuka pori-pori kulit, sehingga kotoran yang tersumbat di dalamnya pun akan terangkat secara maksimal. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin pada 2 menit terakhir untuk menutup pori serta memberikan efek segar pada wajah.

Nah, setelah 4-2-4 cleansing method usai dilakukan, kamu dapat langsung mengeringkan wajah dengan tisu atau handuk bersih. Perlu diingat, mengeringkan wajah sebaiknya tidak dilakukan dengan cara digosok, melainkan ditepuk-tepuk hingga kering agar tidak mengiritasi kulit. Setelah proses ini usai, kamu pun bisa melanjutkan ritual skin care lainnya, seperti menggunakan serum atau mengoleskan pelembap.

Manfaatnya untuk Kulit?

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan rajin melakukan 4-2-4 cleansing method. Selain kebersihan wajah senantiasa terjaga, metode ini juga dipercaya dapat mendetoksifikasi kulit dari berbagai kandungan negatif yang mungkin saja tersimpan dalam produk kosmetik yang selama ini kita kenakan. Menariknya lagi, rutin menjalani ritual ini setiap hari juga diyakini dapat membuat tampilan kulit wajah jauh lebih halus, kenyal, bercahaya, dan tentunya sehat. Pada awalnya, mungkin akan ada rasa malas untuk konsisten melakukan metode ini setiap hari. Apalagi, saat kamu mulai mengantuk atau tubuh sudah terasa lelah setelah beraktivitas seharian. Namun, mengingat banyaknya manfaat yang dihasilkan, rasa-rasanya sayang sekali hal sebaik ini tidak dilakukan.

Baca juga: Membersihkan Muka dengan Sparkling Water, Ngetren Karena Punya Klaim Bisa Buat Kulit Wajah Lebih Glowing

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : 10 Quotes Dari Kartini Modern Indonesia
00:00