Sukses

Beauty

Ini Dia Wanita Pemilik Wajah Proporsional Dari Indonesia, Seperti Apa?

Ladies, apakah kamu sebagai wanita bertanya-tanya seperti apa sih wajah yang proporsional? Sebab, kecantikan yang sesungguhnya dapat dimiliki ketika wajah kita proporsional, bukan didapat secara berlebihan.

Nah, wajah proporsional wanita Indonesia ini dimiliki oleh wanita bernama Miya Alexa. Lewat Merz,  penyedia teknologi perawatan kecantikan non-bedah ultrasound bernama UltheraÒ yang mampu mengangkat serta mengencangkan kulit dan telah lolos uji FDA, ia dinobatkan sebagai wanita dengan wajah paling proporsional di antara 38 partisipan lainnya dari Indonesia.

Setelah mengalahkan peserta lainnya, Miya pun berlenggang pada ajang The “MAAT Golden Ratio Search” yang merupakan ajang pencarian pertama di Asia Pasifik dengan tujuan memberikan informasi dan pemahaman tentang proporsi juga daya tarik wajah dan merupakan bagian dari ajang peluncuran pedoman medis pertama yang membahas pendekatan holistik perawatan kecantikan untuk membentuk wajah Asia yang proporsional. Ajang pencarian se-Asia ini merupakan upaya Merz dengan mengaplikasikan sains dalam dunia kecantikan.

Padahal, Miya sendiri mengatakan tidak berniat untuk mengikuti acara yang merupakan ajang pencarian wajah proporsional se-Asia pertama dan dilakukan di sebelas negara di Asia Pasifik, termasuk di Australia, Hong Kong, India, Korea, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore, Taiwan, Thailand dan Vietnam ini.

“Aku tuh tadinya MC di acara ini, tapi salah satu dokter bilang kalo dilihat dengan mata telanjang wajahku proporsional. Lalu, suruh kirim foto, tapi malah ngga kirim-kirim foto, tapi akhirnya dihitung juga wajahku. Terus masuk 5 besar karena skor wajahku bagus, lama-lama masuk 3 besar, dan akhirnya aku yang bisa mewakili Indonesia,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Miya mengatakan, peserta sendiri di seluruh Indonesia mencapai 3000 orang dari 10 negara. Ia pun harus melalui rangkaian test, agar memenuhi syarat.

Miya adalah wanita cantik yang dikatakan memiliki karakteristik wajah cantik indel wanita Indonesia/copyright instagram.com/miyaalexa

“Dalam ajang pencarian MAAT Golden Ratio ini, saya mengikuti beberapa rangkaian penghitungan mulai dari proporsi bentuk wajah dan bentuk estetikanya, dan akhirnya berhasil terpilih menjadi wanita Indonesia yang memiliki wajah cantik paling proporsional. Selain itu, saya juga dinyatakan memenuhi syarat utama yakni belum pernah melakukan perawatan khusus kecantikan seperti filler atau Botulinum toxin maupun operasi plastik,” tambah wanita asal Bandung, Jawa Barat ini.

 

Ajang Pencarian MAAT Golden Ratio ini dilakukan di 11 negara dan menunjukkan bahwa wajah proprosional tidak memandang suku ataupun batas geografis.

 

Marketing Manager Merz Indonesia, Hansen Gandhi, pun mengatakan The ‘MAAT Golden Ratio Search’ menggunakan ilmu pengukuran dan memberikan pemahaman bahwa bentuk wajah proporsional merupakan bagian dari kecantikan. Wanita yang memahami proporsi dan bentuk wajahnya akan mampu menyesuaikan penampilan sehingga cocok dengan diri sendiri dan mampu tampil percaya diri.

 

Di Indonesia, ajang Pencarian Golden Ratio ini diadakan selama tiga bulan dan ditutup pada tanggal 30 September 2017 lalu. Dari 38 partisipan Indonesia berusia antara 21-58 tahun, ditemukan bahwa bentuk wajah oval (70%), persegi (5%), bulat (8%), segitiga terbalik (3%) dan oblong/lonjong (3%) merupakan wajah yang paling umum.

Sedangkan di antara 3.000 partisipan Asia Pasifik berusia antara 21-64 tahun, ditemukan bahwa bentuk wajah oval (67%), persegi (13%), bulat (9%), segitiga terbalik (7%), dan oblong/ lonjong (5%). “Ajang pencarian ini mengukur wajah peserta berdasarkan golden ratio (proporsi panjang dan lebar wajah), proporsi horisontal wajah, dan proporsi simetri wajah untuk menemukan wajah yang paling proporsional. Hasilnya, wajah yang dinilai paling proporsional memiliki bentuk oval,” tambah Hansen.

Miya Alexa si pemilik wajah cantik ideal wanita Indonesia/copyright vemnale.com/Anisha SP

Para dokter kecantikan berkesimpulan bahwa bentuk wajah oval merupakan yang paling ideal untuk wanita Asia. Seperti yang dikatakan dr. Kevin Maharis, salah satu juri dari Indonesia dalam ajang “MAAT2 Golden Ratio Search”,  agar para dokter kecantikan mampu memberikan hasil yang optimal, perlu dilakukan perawatan yang menggabungkan beberapa terapi kecantikan. Pedoman medis yang sudah ada saat ini lebih banyak fokus pada perawatan kecantikan untuk pasien Kaukasia.  

Sedangkan, jumlah pedoman yang membahas secara detail mengenai perawatan kecantikan, rekomendasi, dan prosedur pengubahan bentuk wajah yang cocok untuk pasien Asia khususnya Indonesia agar mendapatkan bentuk wajah oval yang ideal masih sangat sedikit.

“Tentunya, dokter kecantikan di Indonesia perlu memahami anatomi dan karakteristik wajah wanita Asia agar dapat memberikan rekomendasi yang cocok,” ujarnya.

 

Berdasarkan pedoman medis baru dan pertama tersebut, wajah Asia yang ideal adalah wajah yang berbentuk oval. Beberapa metode perawatan dapat dilakukan untuk membentuk wajah oval berdasarkan anatomi dan karakteristik wajah pasien. Dibutuhkan sekitar dua minggu setelah perawatan pertama agar wajah dapat berbentuk menjadi oval. Efek perawatan dapat bertahan hingga 1 tahun.

Miya pun berpesan, untuk memiliki wajah yang proporsional kita harus tahu terlebih dahulu bentuk wajah, agar kita mengerti apa yang cocok diterapkan pada wajah. Dan yang terpenting jangan memaksakan diri seperti orang lain.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading