KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Merawat Kulit Saat Haid, Ternyata Ada Caranya Sendiri

Sabtu, 02 Desember 2017 11:15 Penulis: Endah Wijayanti
Perawatan kulit saat haid./Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Duh, kalau mau haid, jerawat pada keluar semua deh. Jadi bete dan kulit jadi makin kusam. Hm, pernah mengalami masalah yang seperti itu, ladies?

Saat menjelang atau sedang haid, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan hormonal. Kondisi ini kemudian bisa mempengaruhi kulit. Jadi nggak heran kalau kulit jadi berjerawat dan kusam. Untuk merawat kulit saat haid pun perlu penanganan yang lebih intensif. Seperti sejumlah tips berikut ini.

Pijat Kulit Wajah
Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, memijat kulit wajah bisa memperlancar sirkulasi darah. Masalah kulit kering dan kusam yang kerap muncul saat haid pun bisa diatasi. Cukup pijat wajah dengan gerakan lembut menggunakan minyak zaitun untuk membuat kulit wajah tampak kembali bersinar.

Eksfoliasi Kulit Wajah Sebelum dan Selama Haid
Pori-pori tersumbat bisa menyebabkan jerawat yang makin parah selama haid. Cegah masalah ini dengan melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati. Bisa dengan scrub yang banyak dijual di pasaran, bisa juga buatan sendiri dengan menggunakan oatmeal, air perasan jeruk lemon, dan gula.

Jaga Kelembapan Kulit
Saat haid, kulit bisa tampak lebih kusam karena kelembapannya berkurang. Untuk mengatasinya bisa dengan minum banyak air dan menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit wajah untuk menjaga kelembapannya.

Rutin gunakan toner./Copyright thinkstockphotos.com

Gunakan Masker Wajah
Masker wajah bisa bantu menghaluskan kulit. Kita bisa pakai masker yang sudah banyak dijual di pasaran, bisa juga pakai masker alami buatan sendiri dengan bahan mentimun dan gel lidah buaya. Penggunaan masker ini bisa membuat kulit tampak lebih bersih dan bercahaya.

Pakai Krim Malam
Saat tidur, sel-sel kulit akan meremajakan diri. Oleh karena itu penting untuk tetap menggunakan krim malam sebelum tidur. Atau setidaknya aplikasi air mawar sebelum tidur di malam hari. Dengan begini, wajah akan tampak bersinar saat haid.

Hindari makeup tebal./Copyright thinkstockphotos.com

Hindari Penggunaan Makeup Tebal
Saat sedang haid, kulit akan jadi sangat sensitif. Penggunaan makeup jangan sampai berlebihan karena bisa menyebabkan jerawat dan iritasi. Cukup gunakan makeup tipis-tipis dan tidak berlebihan selama haid, ya.

Merawat kulit saat haid memang perlu perhatian khusus. Imbangi juga dengan mengonsumsi banyak air putih dan konsumsi makanan sehat agar jerawat tidak muncul saat haid. Semoga infonya bermanfaat!



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA