KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Hal yang Diperhatikan Agar Layering Skin Care Kamu Maksimal

Rabu, 15 November 2017 13:00 Penulis: Pita Larasati
Layering skin care/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Meskipun sudah cukup lama dikenal dalam dunia kecantikan, namun tren langkah perawatan Korea yang identik dengan mengandalkan berbagai lapis produk skin care tetap ramai diadopsi banyak wanita. Saya pun yakin, pasti sebagian dari kamu sudah atau masih melakukan perawatan wajah dengan teknik 10 langkah skin care Korea, kan? Nah, bagi kamu yang baru tertarik dengan hal ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal berikut, supaya rutinitas layering skin care memperlihatkan hasil yang diinginkan. Yaitu, punya kulit wajah mulus dan sehat layaknya para aktris Korea.

Cara Mengaplikasikan

Cara Mengaplikasikan/Copyright Shutterstock

Ada beberapa istilah dalam cara mengaplikasi skin care yang perlu kamu ketahui. Contohnya tap, pat, dan press. Meskipun terdengar serupa namun tiga istilah ini punya arti yang berbeda, lho. Kalau kamu sampai salah mengartikannya bukan tidak mungkin hal ini akan membuat produk tidak berfungsi maksimal, bahkan menimbulkan masalah kulit baru seperti penuaan dini.

Aplikasikan toner dengan langkah tap. Tap adalah gerakan menepuk-nepuk ringan toner ke wajah, supaya toner menyerap ke dalam kulit tanpa membuat lecet atau iritasi karena gosokan. Lalu istilah pat merujuk pada arti mengoleskan sambil melakukan gerakan tepuk dengan penekanan lembut pada wajah. Hal ini biasanya dilakukan pada produk bertekstur krim agar produk menyerap sempurna. Cara ini disebut lebih efektif, karena tidak akan merusak kolagen, dibandingkan kamu mengaplikasikan krim dengan cara menggosoknya. Sedangkan istilah press artinya adalah menekan lembut pada wajah ketika menggunakan serum atau pelembap yang diawali dengan menghangatkan produk dengan menggosokannya di kedua telapak tangan. Teknik penghangatan ini mampu memudahkan serum menyerap ke dalam kulit karena membantu peredaran darah menjadi lancar.

Baca juga: 7 Skin Method, Tren Perawatan Kulit dari Korea yang Memakai Toner Sampai 7 Lapis

Pilih Melayer Beberapa Produk daripada Memilih Produk All in One

Pilihan produk berjenis all in one memang dianggap lebih praktis. Akan tetapi, untuk beberapa kasus tertentu hal ini justru bisa menimbulkan permasalahan baru di kulit. Karena ada bagian tertentu pada kulit yang tidak perlu menggunakan pelembap yang punya tekstur berat, misalnya bagian T zone, khususnya bagi kamu yang punya jenis kulit berminyak atau kombinasi. Sedangkan untuk kulit di pipi yang cenderung kering, kamu tentu membutuhkan pelembap yang punya tekstur berat. Kalau menggunakan produk all in one, daerah T-zone malah menjadi greasy dan makin menimbun komedo. Jadi meskipun terkesan praktis, sebaiknya kamu memilih produk bertekstur ringan yang mudah dilayer supaya permasalahan di beberapa area wajah kamu dapat teratasi.

Mulai dari Produk yang Konsistensinya Ringan

Saat melayer skin care, untuk kamu yang baru mencoba mungkin bisa menjadi bingung. Seperti apa urutannya? Nah, pilih skin care dari yang konsistensinya paling ringan, lalu disusul dengan yang lebih kental setelahnya. Misalnya, toner, lalu diikuti dengan serum, baru setelahnya pakai krim pelembap.

Produk Skin Care yang Bisa Di-layer

Salah satu langkah mudah bagi kamu yang ingin memulai teknik layering skin care adalah dengan memilih produk kecantikan yang sudah terpercaya dan dikenal memiliki kualitas baik. Ada beberapa brand Korea yang menghadirkan rangkaian produk untuk layering method, seperti Mizon, Sulwhasoo dan Laneige. Sebagai permulaan kamu bisa memilih rangkaian series Waterbank dari Laneige yang punya bahan dasar kandungan air. Agar sesuai, kamu juga bisa melihat dari website resminya tiap brand bagaimana cara efektif melayer rangkaian produknya.

Perhatikan Kondisi Kulit

Perhatikan kondisi kulit kamu/Copyright Shutterstock

Tapi sebelum melangkah lebih jauh dan mengadaptasi langkah ini sebaiknya perhatikan juga kondisi kulit kamu. Mengingat perbedaan iklim Indonesia dan Korea yang cukup berbeda tentu ada berbagai hal yang harus disesuaikan agar tiap produk yang kamu gunakan benar-benar memberi efek baik pada kulit wajah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologis, atau melakukan langkah layering secara perlahan saja, misal lakukan 3 langkah layering lalu mulai meningkat jika kulit tidak mengalami masalah bahkan malah memberi hasil yang signifikan. Selain itu dengan menggunakan produk skin care secara bertahap kamu dapat dengan mudah mendeteksi produk mana yang cocok dan tidak bagi kulit kamu.

Baca juga: Tertarik Coba 10 Langkah Skincare Korea Ini?

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA