KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Waktu Terbaik utnuk Menggunakan Pelembap

Sabtu, 11 November 2017 16:00 Penulis: Nisita Widianti
Krim pelembap/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Harus menjaga kebersihannya, kesehatan kulit pun harus dijaga dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan pelembap. Meskipun kamu tidak akan memakai makeup atau hanya akan menghabiskan hari di rumah, penggunaan pelembap tetaplah penting. Tapi, sudah tahu belum, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada waktu-waktu terbaik untuk menggunakan pelembap. Kapan saja? Scroll terus untuk mengetahui kapan saja waktu terbaik untuk menggunakan pelembap.

Sebelum Tidur

Jadikan pelembap sebagai bagian dari rutinitas skin care yang kamu lakukan sebelum tidur. Pelembap berguna untuk memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi saat siang hari. Selain itu, tubuh kehilangan banyak cairan pada waktu tidur sehingga kelembapan kulit pun akan berkurang. Dengan menggunakan pelembap sebelum tidur, kulit akan tetap terhidrasi dan efek-efek penuaan pun akan terminimalisir. Jika kamu tidak nyaman dengan rasa lengket dari pelembap, pilih pelembap yang teksturnya lebih ringan seperti lotion atau gel. Untuk kulit tubuh, kamu bisa menggunakan pelembap pada area tertentu seperti siku, lutut, dan buku-buku jari.

Sesaat Setelah Mencuci Wajah dan Mandi

Setelah mencuci wajah/Copyright Shutterstock

Setelah mengeringkan kulit wajah dan tubuh, kelembapan kulit akan mulai hilang akibat adanya kontak dengan udara, belum lagi kalau cleanser yang digunakan bisa membuat kulit kering. Maka dari itu, penting bagi kita untuk segera mengembalikan dan mengunci kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap. Untuk area wajah, usahakan untuk menggunakan pelembap dalam waktu kurang dari 1 menit. Sedangkan pada area tubuh, gunakan pelembap dalam waktu kurang dari 5 menit setelah kamu mengeringkan tubuh. Dengan begitu, kelembapan kulit kita akan terjaga dengan baik!

Baca juga: Kulit Tetap Kering Meskipun Sudah Diberi Pelembap? Bisa Jadi 3 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Sebelum dan Sesudah Shaving

Bercukur merupakan salah satu bentuk eksfoliasi pada kulit tubuh. Gesekan antara alat cukur dan kulit tidak hanya mengangkat rambut halus, namun juga mengangkat lapisan sel kulit mati. Saat tereksfoliasi, kulit memiliki kemampuan menyerap kelembapan dengan lebih baik. Manfaatkan kondisi ini untuk memberikan nutrisi pada kulit. Selain itu, penggunaan pelembap pada kulit yang telah tereksfoliasi juga membantu melindungi lapisan kulit baru dan mencegahnya menjadi kering. Menggunakan pelembap sebelum shaving juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya, lho! Selain dapat membantu proses shaving menjadi lebih mudah, kulit yang lembap juga akan mengurangi terjadinya resiko iritasi pada kulit.

Sebelum dan Sesudah Naik Pesawat

Kabin pesawat memiliki tingkat kelembapan yang sangat rendah yaitu sekitar 10 – 20%. Padahal, kelembapan ruang yang kita tempati umumnya berkisar antara 30 – 65%. Pada kondisi ini tubuh akan mengalami beberapa reaksi, salah satunya adalah kulit kering. Sebelum naik pesawat bersihkan wajah dengan micellar water, dan lanjutkan dengan menggunakan pelembap. Setelah itu, sesaat sebelum mendarat, ulangi kembali langkah tadi. Dengan begitu, kulit kamu akan tetap lembap selama dan setelah penerbangan. Jangan lupa sertai dengan minum air putih yang cukup, ya!

Baca: Mencoba Face Slapping, Teknik Meratakan Pelembap ala Wanita Asia

Setelah Berolahraga

Saat berolahraga, keringat yang keluar dari tubuh akan menguap dan bisa mengakibatkan kulit menjadi dehidrasi. Kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan sel kulit menjadi lebih cepat mati dan berisiko menyumbat pori-pori pada kulit. Setelah berolahraga, bilas tubuh dan segera gunakan pelembap ringan untuk mengunci kelembapan pada kulit. Jika kamu berolahraga di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan pelembap ringan dengan kandungan sunscreen sebelum berolahraga.

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA