1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

4 Hal Ini Ternyata Membuat Kulit Kamu Berminyak

Kamis, 26 Oktober 2017 16:00 Penulis: Dwinada Gitaswara
Kulit berminyak/Copyright Shutterstock

Vemale.com - “Kegiatan tidak ada yang berubah, pola makan juga rasanya sama seperti biasa. Tapi kenapa kulit jadi lebih berminyak ya?” Apakah pertanyaan tersebut mendadak muncul dalam pikiran kamu? Ayo coba lakukan check up kilat berikut, dan ingat-ingat, barangkali dari 4 hal di bawah ini ada yang terjadi pada kamu. Karena ternyata, masing-masing di antaranya bisa menyebabkan kulit semakin berminyak, lho.
 

1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Karena sering beraktivitas di luar ruangan, atau mudah berkeringat, rasanya kulit jadi terasa cepat kotor. Apalagi panas matahari membuat wajah pun cepat kusam. Merasa mengalaminya? Untuk kamu yang hobi menyelesaikan permasalahan ini dengan membersihkan wajah, hati-hati ya. Karena kalau terlalu sering membersihkan muka, kulit justru semakin kehilangan kelembapan alaminya, dan memaksa kulit untuk lebih banyak memproduksi minyak. Hal ini dilakukan sebagai upaya proteksi dari kulit wajah agar tidak dehidrasi. Hasilnya? Jadi lebih berminyak dari biasanya. Bersihkan wajah di pagi hari sebelum pergi beraktivitas, dan di malam hari seusai beraktivitas.
 
Baca Juga: 3 Fakta Menarik Tentang Kulit Dehidrasi

2. Stres

Stres ternyata memicu kulit berminyak/Copyright Shutterstock

Pusing melihat jerawat yang semakin meradang? Ditambah lagi kegiatan di kampus atau pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Makin stres deh pikiran. Kalau sudah begini, hati-hati, Ladies. Saat seseorang stres, hormon kortisol di tubuhnya meningkat. Nah, semakin banyaknya hormon kortisol, produksi sebum di kulit pun bisa meningkat.  Coba untuk lebih tenang menghadapi masalah dan melihat sisi positif dari semua hal. Kalau stres karena orang lain, coba luangkan waktu untuk melakukan me time.

Baca juga: Stres Mulai Melanda? Yuk, Luangkan Jadwal Untuk Punya Waktu Untuk Diri Sendiri

3. Membersihkan Muka Menggunakan Air Panas

Sering mandi dengan air panas? Mungkin tanpa sadar air panas yang kamu gunakan untuk mandi, terkena wajah juga. Rupanya kebiasaan yang tidak disadari ini dapat menyebabkan kulit semakin berminyak. Hampir mirip dengan terlalu sering mencuci muka, tanpa sadar hal ini menyebabkan minyak alami wajah terkuras hingga kulit wajah pun memproduksi minyak secara berlebih. Coba ubah kebiasaan satu ini, yaitu dengan membersihkan muka menggunakan air suhu normal atau hangat. Jika ingin mandi air panas pun, usahakan agar tidak mengenai muka.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Produk Dairy

Terlalu Banyak Mengonsumsi Produk Dairy/Copyright Shutterstock

Doyan segala produk olahan susu seperti yoghurt, keju, butter? Makanan ini sebaiknya mulai kamu kurangi perlahan. Produk dairy rupanya memiliki level hormon testosterone yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan produksi minyak kulit semakin meningkat. Kalau kulit semakin berminyak, makin besar juga potensi pori-pori kulit tersumbat akibat campuran minyak, kotoran, dan sisa makeup yang menempel di wajah. Ujung-ujungnya timbul jerawat deh. Kalau masih sulit, jangan berhenti langsung. Mulai kurangi saja porsi produk dairy secara bertahap. Lama-lama pasti bisa kok!

Baca Juga: Gemas dengan Kulit Berminyak? Perhatikan Beberapa Hal Ini untuk Menjinakkannya

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!