1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Sering Muncul Jerawat di Jidat, Aduh Ternyata Penyebabnya...

Sabtu, 21 Oktober 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Jerawat di jidat./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Jerawat merupakan masalah kulit yang sering muncul saat pori-pori kulit tersumbat minyak dan sel-sel mati. Jerawat pun bisa muncul di area kulit manapun. Salah satunya di area jidat.

Masalah jerawat pada orang dewasa itu biasanya disebabkan oleh perubahan hormon. Munculnya jerawat di area jidat khususnya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor berikut ini. Kalau kamu sering bete dengan jerawat yang sering muncul di area jidat, coba cek sejumlah penyebab berikut ini.

Nggak Cocok dengan Produk Kosmetik yang Digunakan
Jerawat di jidat bisa disebabkan oleh masalah produk kecantikan kulit dan rambut yang tidak cocok dengan kulitmu. Bisa jadi kandungan yang ada di produk kosmetik yang kamu kenakan menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Ketombe dan Kulit Kepala Berminyak
Ketombe dan produksi minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Coba cek kondisi rambutmu, apakah ada ketombe dan produksi minyak yang berlebih? Jika iya, bisa jadi memang itu penyebab munculnya jerawat di jidat.

Penyebab munculnya jerawat bisa karena berbagai faktor./Copyright shutterstock.com

Menyebarnya Bakteri karena Jerawat yang Dipencet
Ketika muncul satu jerawat, lalu kamu nekat memencetnya, bakterinya bisa tersebar dan menyebabkan lebih banyak jerawat lagi. Jadi perlu hati-hati sekali pokoknya kalau ada jerawat di jidat, jangan sembarangan memencetnya ya.

Masalah Pencernaan
Dilansir dari food.ndtv.com, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa gangguan pencernaan seperti sembelit, heartburn, dan kembung bisa menyebabkan jerawat. Karena kulit adalah organ yang paling luas, masalah seperti jerawat, dermatitis, dan lainnya bisa terjadi kalau ada gangguan atau masalah di pada organ dalam.

Stres
Kalau kamu stres, produksi minyak yang menyumbat folikel rambut akan meningkat. Dampaknya? Akibatnya jerawat yang muncul akan lebih banyak lagi.

Eksfoliasi yang Berlebihan
Inilah kenapa eksfoliasi itu sebaiknya dilakukan dua kali seminggu, tidak setiap hari. Soalnya kalau eksfoliasi dilakukan secara berlebihan, dampak negatifnya bisa menyebabkan jerawat dan iritasi pada kulit.

Itu tadi sejumlah penyebab seringnya muncul jerawat di area jidat. Selain menggunakan produk kecantikan yang tepat, jaga pola makan juga penting agar jerawat nggak sering-sering muncul, ya ladies.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Kensington Palace Umumkan Kehamilan Meghan Markle