KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Tips Memilih Lipstik Nude, Penting dan Wajib Dicoba

Rabu, 11 Oktober 2017 16:00 Penulis: Andini Apriliana
lipstik nude/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Meski tren lipstik nude sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, hingga kini popularitasnya belum surut juga ya? Rasanya memang wajar sih. Apalagi selain mengingat warnanya yang kalem dan nggak heboh, warna ini juga cocok dipakai dalam berbagai acara. Meski begitu, ternyata ada juga sebagian wanita yang enggan memakai warna nude karena enggan terlihat pucat atau bahkan takut kulit wajahnya tampak kusam. Padahal, kalau tahu cara memilihnya, kamu mungkin akan menyukai warna nude dan akan sulit berpaling dari jenis warna yang satu ini.

Warna nude pada lipstik juga memiliki berbagai undertone. Dan, masing-masing warnanya belum tentu memiliki hasil yang sama pada setiap orang. Kecocokannya pun pasti akan berbeda-beda. Bisa jadi pada kulit teman terlihat sangat bagus, namun saat kita pakai warnanya malah terlalu pucat dan membuat wajah tampak aneh. Nah, daripada bingung bagaimana menentukan warna nude yang sesuai, coba ikuti cara mudah berikut ini yuk!

Pilih Berdasarkan Undertone Kulit

Undertone kulit/Copyright Shutterstock

Sebelum menentukan warna nude, yang wajib diketahui terlebih dahulu oleh para pengguna adalah apa warna undertone kulit wajah yang dimiliki. Setelah itu, baru deh kamu bisa menyesuaikannya dengan lipstik nude yang akan dipilih. Perlu diketahui juga nih, warna undertone itu berbeda lho dengan warna skintone. Undertone sendiri merupakan ‘warna semu’ yang menjadi kecenderungan warna kulit kita. Selama ini, ada tiga macam undertone yang diketahui, yakni cool (agak pinkish), warm (agak kekuningan), dan juga neutral.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui undertone adalah dengan melihat warna pembuluh nadi di pergelangan tangan. Jika pembuluh nadi berwarna hijau, maka undertone kita warm. Jika pembuluh nadi berwarna biru, maka undertone kita cool. Sedangkan, jika warna pembuluh nadi kita berada di antara kedua warna tersebut, artinya kita memiliki undertone yang neutral. Setelah mengetahui undertone yang dimiliki, baru deh kamu bisa memilih warna nude yang sesuai. Nah, buat yang punya undertone warm, kamu bisa pilih lipstik yang warnanya cenderung lebih hangat dan gelap. Sedangkan untuk undertone cool, pilih warna yang memiliki sedikit hint warna pink. kamu yang memiliki neutral undertone cukup beruntung nih! Karena pemilik undertone ini bisa memakai hampir seluruh lipstik nude.

Baca juga: Hindari 7 kesalahan ini Untuk Dapatkan Warna Lipstik yang Maksimal

Pilih Lipstik yang Warnanya Serupa dengan Warna Puting

Cara ini memang tergolong unik dan sedikit nyeleneh ya kedengarannya? Namun, menyesuaikan warna lipstik nude berdasarkan dengan warna nipple atau puting dianggap sebagian wanita sebagai cara yang cukup efektif dan sesuai untuk menyesuaikan warna kulit wajah. Menurut beberapa pendapat, tubuh kita itu memiliki warna alami dan merupakan yang terbaik. Sehingga, komposisi warna lipstik yang menyesuaikan dengan warna puting payudara dirasa akan sangat sesuai dengan kulit wajah. Sayangnya, di balik keunikannya, ada juga yang berpendapat cara ini kurang efektif mengingat warna puting dapat berubah-ubah sesuai dengan suhu, aliran darah, dan kadar hormon seseorang.

Baca juga: Lipstik nude para editor Beauty Journal di sini.

Tentukan Berdasarkan Warna Gusi

Kalau memilih warna nude berdasarkan warna puting saja sudah terdengar aneh, ini ada juga memilih lipstik nude berdasarkan warna gusi. Pemilihan lipstik nude berdasarkan warna gusi dianggap cukup efektif dalam menyesuaikan warna kulit wajah. Selain itu, trik ini juga dianggap dapat membuat tampilan gigi tampak lebih putih, lho. Namun, biasanya seseorang yang merokok mungkin akan sedikit kesulitan menentukan warna nude yang sesuai karena warna asli gusinya sudah berubah menggelap. Meski ada plus dan minus-nya, namun nggak ada salahnya untuk dicoba juga kan?

Baca juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Coba Lakukan Tips Ini untuk Merawatnya

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA