KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Hindari 5 Hal Ini agar Terbebas Rambut Rontok dan Tipis

Selasa, 15 Agustus 2017 09:00 Penulis: Nisita Widianti
Penyebab rambut rontok / Copyright Shutterstock

Vemale.com - Rambut yang rontok dan menipis sering kali menjadi masalah utama para wanita. Seperti yang kita tahu, tebal tipisnya rambut seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat rambut menjadi tipis? Jika kamu mau rambut yang sehat dan lebih bervolume, pastikan untuk menghindari kebiasaan yang dapat membuat rambut menjadi tipis ini, ya! Apa saja?

Menyisir Rambut Saat Basah

Menyisir rambut yang basah / Copyright Shutterstock

Rambut menjadi lebih rapuh dalam kondisi basah. Jadi, selalu ingat untuk mengeringkan rambut kamu secara perlahan, ya. Menyisir rambut saat basah dan menggosok-gosok rambut dengan ‘kasar’ dapat membuat rambut menjadi mudah patah. Tak hanya itu, folikel rambut kamu juga akan rusak. Selalu sisir rambut kamu dalam keadaan kering sebelum mandi. Untuk mengeringkannya, cukup dengan menepuk (bukan menggosok) rambut basah menggunakan handuk lembut secara perlahan.

Baca juga : 5 Cara Merawat Rambut Rontok

Tidak Melakukan Hari Trimming Secara Teratur

Hair trimming secara teratur merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Rambut yang bercabang dapat membuat ujung rambut kamu menjadi tipis. Tidak ada perawatan yang bisa menghilangkan ujung rambut yang bercabang. Jika rambut kamu bercabang, satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan membuang ujung rambut tersebut. Lakukan hair trimming setidaknya 3 bulan sekali, rambut juga akan terlihat lebih sehat jika kamu rutin melakukan hair trimming.

Baca juga: Tidak Sesulit yang Dibayangkan Kok! Rambut Tebal Bisa Didapatkan dengan 5 Tips Mudah Ini

Mandi Menggunakan Air Panas

Seperti pada kulit, air panas juga dapat membut rambut kamu menjadi kering. Air panas dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Tak hanya itu, panas dari air juga akan membuat pori-pori kulit kepala bekerja lebih keras untuk terus memproduksi minyak alami yang telah hilang pada rambut. Hal ini dapat berujung pada kerusakan akar rambut dan membuat rambut menjadi rontok atau patah. Untuk mencegahnya, turunkan suhu air mandi kamu atau coba untuk membilas rambut dengan air dingin.

Baca juga : 3 Tips Menata Rambut yang Ampuh Mengurangi Risiko Kerontokan Rambut

Sering Menggunakan Hot Tools

Sering Menggunakan Hot Tools / Copyright Shutterstock

Temperatur panas dapat merusak protein pembentuk rambut dan kutikula rambut. Ketika kutikula rambut kamu rusak, kelembapan pada kulit kepala akan terganggu dan rambut menjadi lebih mudah mengalami kerontokan. Unuk mencegahnya, batasi penggunaan hot tools pada rambut kamu, tidak terkecuali blow dryer. Cukup 2-3 kali saja tiap minggunya dan mulailah dari pengaturan suhu terendah. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan heat-protection spray, yang dapat memberikan ‘hambatan’ sehingga rambut kita tidak langsung terkena panas dari hot tools.

Baca juga: Punya Rambut Tipis? Pilih Makanan Berikut yang Bisa Bikin Rambut Sehat Sekaligus Cepat Tumbuh

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Gaya rambut seperti ponytails dan kepang dapat membuat rambut kamu jadi tertarik. Hati-hati ya, tarikan berlebih pada folikel rambut dapat merusaknya dan membuat ‘luka’ yang bersifat permanen. Kerusakan rambut yang disebabkan oleh tarikan adalah alopecia, yaitu sebuah kondisi di mana folikel rambut menjadi lemah dan membuat rambut tidak dapat tumbuh lagi. Untuk mencegahnya, longgarkan ikatan rambut kamu. Jika merasa kulit kepala kamu tertarik, itu tandanya kamu mengikat rambut terlalu kencang. Coba juga untuk mengubah gaya rambut setiap harinya, selain agar tidak bosan, kamu juga bisa mengistirahatkan kulit kepala dari tarikan ikat rambut.

Baca juga : 5 Gaya Rambut yang Bisa Buat kamu Terlihat Tua

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA