KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Usia 30, Jangan Lupa untuk Memakai Skin Care dengan Kandungan Ini

Jum'at, 11 Agustus 2017 09:00 Penulis: Nadya Paramitha
Kandungan skin care/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Apakah tahun ini atau tahun depan kamu sudah memasuki usia 30 tahun? Nah, jika usia bertambah, maka rutinitas perawatan wajah juga perlu ditambah nih. Jika tadinya kamu berkutat dengan masalah minyak dan jerawat, maka di usia 30 tahun, masalah yang dihadapi biasanya masalah kerut halus dan kulit kusam. Wajar kok, karena fungsi dan kerja kolagen pasti berkurang seiring kita menua. Kolagen yang berkurang akan menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan kelembapan. Begitu juga dengan pergantian sel kulit baru. Sel kulit akan lebih lama berganti dan kadang malah menumpuk sehingga kulit menjadi kusam dengan tekstur kulit yang tak rata. Nah, apa saja nih kandungan skin care yang wajib dipakai setelah memasuki usia 30 tahun? Simak panduannya di sini.

Solusi Anti-Kerut

Yang pertama perlu kamu tambahkan dalam rutinitas skin care adalah kandungan skin care untuk anti-kerut. Kandungan skin care yang biasanya digunakan sebagai perawatan anti-aging adalah vitamin A dan segala turunannya. Pernah dengar retinol? Nah, kandungan skin care yang satu ini adalah bentuk lain vitamin A yang terbukti mampu merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Tak hanya retinol, kamu bisa menggunakan produk skin care dengan kandungan anti-oksidan lainnya seperti vitamin C, Vitamin E, dan resveratrol.

Baca juga : 5 Tips Anti Aging Dari Selebriti Hollywood

Anti Kulit Kusam Dengan Eksfoliasi

Jika kolagen menurun, pergantian kulit baru akan lebih melambat. Tak hanya itu, pelepasan sel kulit mati pun bisa tak maksimal. Akibatnya, ada penumpukan kulit mati yang bisa menyumbat pori. Kalau di usia 30 ini kamu merasa kulit semakin kusam dan tekstur kulitnya tak rata, nah, bisa jadi ini adalah salah satu alasannya. Untuk mengatasi hal ini, gunakan produk dengan kandungan anti-oksidan dan rutin melakukan eksfoliasi. Untuk menemukan produk yang tepat, coba cari produk yang memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA), Beta Hydroxy Acids (BHA), dan Polyhydroxy Acids (AHA). Ketiga asam ini akan mengikis sel kulit mati yang masih tertahan di kulit. Kulit akan lebih cerah dan bersih dengan bantuan kandungan skin care ini.

Produk Kecantikan Anti Kulit Kusam Dengan Eksfoliasi/copyright sociolla.com

BHA: AVENE OIL CONTROL FOAM RP325.000, AHA: PAULA’S CHOICE RESIST DAILY SMOOTHING TREATMENT 5% AHA, PHA: COSRX PHA MOISTURE RENEWAL POWER CREAM RP210.000

Namun, ada beberapa produk yang tidak secara gamblang mancantumkan AHABHA, atau PHA dalam label kemasan. Kandungan skin care ini memiliki bentuk lain dan tentu saja dengan nama yang lain juga. Bentuk lain AHA biasanya adalah glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, hingga citric acid. Bentuk lain BHA yang biasa kamu temukan adalah salicylic acid. Bentuk lain PHA adalah lactobionic acid atau gluconic acid.

Baca juga : Rahasia Kulit Awet Muda di Usia 30-an

Pelembap Untuk Kulit Superkering

Masalah lainnya yang akan kamu hadapi di usia ini adalah kulit yang semakin kering dan kehilangan kekenyalannya. Selain rutin menggunakan produk skin care dengan kandungan anti-oksidan, jangan lupa juga untuk memperhatikan tingkat kelembapan kulit. Jika dulu kamu biasa memakai pelembap jenis lotion atau krim dengan tekstur ringan, kini kamu mungkin bisa memilih lotion dan krim dengan tekstur yang mulai kental. Atau, kamu juga bisa mencoba menggunakan face oil. Pilih juga yang kandungannya mengandung beberapa pelembap ‘super’ yang konsentrasinya tinggi, seperti lipids, hyaluronic acid, atau niacinamide.

Pelmbap untuk kulit wajah / copyright sociolla.com

NIACINAMIDE: THE ORDINARY NIACINAMIDE 10% + ZINC 1%, LIPIDS: MARIO BADESCU CERAMIDE HERBAL EYE CREAM RP360.000COSRX HONEY CERAMIDE FULL MOISTURE CREAM RP240.000, HYALURONIC ACID: MY BEAUTY DIARY MOISTURIZING MASK BOX IN 5 PIECES RP135.000, COSRX

Ketiga kandungan skin care ini memiliki untuk meningkatkan kelembapan kulit. Bentuk lain lipids adalah ceramides yang bagus untuk meningkatkan pertahanan kelembapan alami kulit dan asam lemak yang membantu meningkatkan produksi ceramides. Nah, hyaluronic acid ini adalah sejenis asam unik yang mampu meningkatkan kelembapan kulit dan juga  mempertahankannya. Lalu, niacinamide adalah bentuk lain vitamin B3 yang berfungsi sebagai pencerah kulit sekaligus pelembap. 

Kamu sudah punya produk skin care dengan beberapa kandungan ini?

Baca juga : 3 Kandungan Anti-Aging yang Perlu Kamu Cari Dalam Produk Skincare

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Sukses Diet, Tapi Aku Malah Nggak Bahagia...