Sukses

Beauty

Sebelum Pakai Serum Wajah, Yuk Pahami Ini Dulu

Di pasaran, mudah sekali ditemukan produk serum wajah. Tapi belum semua orang paham soal kegunaan hingga memilih serum wajah yang tepat. Padahal untuk perawatan kulit yang efektif, serum wajah memiliki peranan yang sangat penting.

Apa itu serum wajah? Serum wajah ini biasanya dijual dalam botol kecil dengan cairan yang berwarna jernih dan bertekstur ringan. Umumnya mengandung bahan-bahan aktif, seperti vitamin dan antioksidan. Dilansir dari boldsky.com, menggunakan serum sebelum pakai pelembap, tabir surya, atau krim malam bisa memberikan hasil yang lebih baik untuk kecantikan kulit. Karena berbahan dasar air, serum ini umumnya cepat sekali diserap oleh kulit. Tapi ada juga serum yang mengandung sedikit minyak yang dapat melembapkan kulit lebih baik.

Apa saja manfaat dan kegunaan serum wajah?
Ada segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan serum wajah secara teratur. Mulai dari membuat kulit jadi terasa lebih kencang, menjaga kelembapan kulit, menyamarkan kerutan di wajah, mencegah penuaan dini, menutrisi kulit, menghaluskan kulit, dan menghilangkan flek serta noda bekas jerawat. Selalu perhatikan bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam serum untuk mengetahui manfaat terbaiknya.

Serum wajah memiliki banyak sekali manfaat./Copyright shutterstock.com

Bagaimana cara menggunakan serum yang baik dan benar?
Jangan memakai serum bila wajah belum benar-benar bersih. Demi mendapatkan hasil terbaiknya, pastikan kamu mencuci wajah hingga bersih, lalu gunakan toner. Diamkan sekitar 3 menit sampai toner benar-benar meresap, baru gunakan serum. Tak perlu berlebihan dalam menggunakan serum. Cukup 3-4 tetes yang diusapkan secara merata ke titik-titik wajah seperti dahi, pipi, dan dagu. Kamu bisa menggunakan serum ini di siang hari atau malam hari, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamananmu.

Apakah penggunaan serum wajah itu wajib?
Bisa dibilang nggak semua orang membutuhkan serum. Tergantung dari jenis kulit dan kebutuhannya. Kalau menurutmu kulitmu baik-baik saja dan sudah cukup terawat, tak perlu menambahkan serum. Tapi kalau kamu masih merasa butuh menggunakan serum untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit lebih maksimal lagi, maka kamu bisa menggunakan serum secara rutin.

Jenis-jenis serum itu ada apa sajakah?
Bisa dibilang jenis-jenis serum ada banyak sekali. Mulai dari yang fungsinya untuk melembapkan kulit hingga yang bisa mencegah penuaan dini.

Serum anti penuaan dini:
Serum ini biasanya mengandung retinol yang berfungsi untuk menyamarkan garis-garis halus dan keriput wajah. Manfaat utamanya adalah untuk mencegah penuaan dini.

Serum eksfoliasi:
Kandungan utamanya adalah asam glikolat dan salisilat. Fungsinya untuk membantu melunturkan sel-sel kulit mata dalam semalam.

Serum pencerah:
Serum ini umumnya mengandung asam kojic yang berfungsi untuk mencerahkan wajah. Selain itu bisa juga menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Serum pelembap:
Gliserin dan asam hyaluronic adalah kandungan utama serum ini. Fungsi utamanya adalah untuk membuat kulit terasa lebih lembap.

Serum antioksidan:
Ingin kulit terlindungi dari radikal bebas? Serum antioksidan ini paling pas buatmu.

Selain jenis-jenis serum di atas, ada juga serum yang serbaguna. Seperti sebutannya, serum jenis ini memiliki banyak fungsi. Selalu pastikan kamu mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam serum yang kamu gunakan, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading