KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Mitos Sunscreen Ini Wajib Kamu Ketahui

Senin, 19 Juni 2017 15:00 Penulis: Andini Apriliana
Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Dalam dunia kecantikan, sunscreen dikenal memiliki banyak mitos yang kebenarannya masih berada di zona ‘abu-abu’. Keberadaan mitos tersebut tentu dapat membuat para wanita yang ingin melindungi kulitnya dari sinar matahari jadi bingung karena pemahaman yang masih rancu. Akibatnya, perlindungan kulit yang mereka ambil pun jadi kurang tepat. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, ada baiknya kita kenali dulu yuk mana yang mitos dan mana yang bukan. Apa saja?

Sunscreen perlu digunakan hanya ketika kamu sedang beraktivitas di bawah terik matahari. Benarkah begitu?

Copyright thinkstockphotos.com

Mitos! Anggapan ini tentu tidak benar. Faktanya, matahari memancarkan dua jenis sinar UV, yakni UVA dan UVB. Dari kedua sinar ini, sinar UVA-lah yang mampu menembus pakaian, awan dan kaca. Meskipun kamu sedang berada di dalam ruangan, sinar UVA akan tetap mengenai kulit dan menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Penggunaan sunscreen saat berada di dalam ruangan tetaplah dibutuhkan, hanya saja intensitas SPF yang diperlukan tidaklah besar. Kandungan SPF 15 juga sudah cukup, kok. Namun, jika sedang beraktivitas di bawah terik matahari, ada baiknya kamu minimal menggunakan SPF 50 supaya kulit terlindungi lebih lama. 

Apa iya, sering memakai sunscreen ternyata bisa bikin kulit jerawatan?

Sebenarnya, tidak semua produk sunscreen dapat menyebabkan kulit berjerawat. Jerawat yang biasanya muncul, seringkali disebabkan oleh proses pembersihan yang kurang maksimal. Namun, pada beberapa kasus ada juga bahan kandungan dalam sunscreen yang dapat memicu jerawat, khususnya bagi pemilik kulit wajah berminyak dan sensitif. Karena itu, pemilik kulit berminyak dan sensitif disarankan untuk memilih sunscreen yang water-based dan non-comedogenic. Selain formulanya ringan, sunscreen yang berbahan dasar air tentu memiliki risiko yang lebih kecil untuk menyumbat pori-pori kulit.

Baca juga: Pakai Sunscreen Tiap Hari Berbahaya? Masa, Sih?

Wanita berkulit gelap memiliki pigmen yang lebih banyak, sehingga mereka tak lagi membutuhkan sunscreen. Apakah hal ini juga termasuk mitos?

Copyright thinkstockphotos.com

Ya, hal ini jelas-jelas mitos. Faktanya, sunscreen merupakan benda wajib yang dibutuhkan semua orang, apapun jenis dan warna kulitnya. Kulit gelap bukanlah tanda bahwa ia tidak membutuhkan perlindungan. Orang-orang yang punya kulit berwarna gelap, justru biasanya lebih rentan terhadap hyperpigmentation yang dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik hitam di kulit. Rajin memakai sunscreen sebelum memulai aktivitas bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Wajib diingat ya, kulit yang gelap sekalipun butuh perlindungan ekstra supaya tetap sehat dan nggak terlihat kusam.

Baca juga: Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen yang Perlu kamu Ketahui

Makin tinggi angka SPF, maka tingkat perlindungan ke kulit pun akan semakin bagus. Bagaimana dengan yang satu ini?

Copyright thinkstockphotos.com

Ini juga termasuk mitos. Berapapun tinggi SPF dari sebuah produk, tetap tak ada jaminan produk tersebut akan melindungi kulit hingga 100%. Sunscreen ber-SPF tinggi sebenarnya hanya memberikan perlindungan sedikit lebih lama dibandingkan sunscreen yang angka SPF-nya rendah. Oleh karena itu, ada baiknya kamu selalu melakukan re-apply sunscreen demi mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, tak peduli berapapun tinggi SPF dari sunscreen yang kamu miliki, efeknya tetap saja akan hilang dalam beberapa jam ke depan.  

Dan, apakah benar jika semua jenis sunscreen yang beredar di pasaran itu cocok untuk semua jenis kulit?

Jawabannya tentu saja tidak benar. Sunscreen mempunyai banyak jenis, beberapa yang paling sering dijumpai di pasaran di antaranya lotion, cream, spray, gel dan foam. Dari keseluruhan jenis ini, biasanya sunscreen bertekstur cream-lah yang wajib dihindari oleh pemilik wajah berminyak. Pilihlah jenis yang lebih ringan seperti lotion, gel, atau foam. Selain kandungannya lebih ‘ramah kulit’, sunscreen berjenis lotion, gel, ataupun foam juga tergolong aman untuk kulit yang sensitif.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Kecantikan Kulit: Benar atau Salah, Ya?

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA