KAPANLAGI NETWORK
MORE

Hindari Kulit Kering dan Kusam Selama Puasa

Sabtu, 17 Juni 2017 13:00 Penulis: Wina Andria
Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Cuaca di bulan Ramadhan tahun ini terasa cukup panas. Artinya, tubuh akan lebih sering terkena sinar matahari dan cairan dalam tubuh akan lebih cepat berkurang. Bila tak diantisipasi dengan baik, perubahan pola makan yang drastis pada bulan puasa juga bisa membuat kulit kamu jadi rusak dan kering. Supaya bisa tetap cantik dengan kulit wajah sehat bersinar selama bulan puasa, kami sudah merangkum 6 tips mudah yang bisa kamu coba.

1. Perbanyak Minum

Untuk menghindari kulit wajah kering dan kusam karena tubuh kekurangan cairan, kamu perlu minum setidaknya 8 gelas air putih saat sahur dan setelah berbuka puasa. Supaya tidak bosan minum air putih melulu, kamu bisa membuat infused water dengan menambahkan buah ke dalamnya. Hindari dulu minuman bersoda dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti jus kemasan dan sirup. Begitu juga halnya dengan kopi, teh, dan minuman lain yang mengandung kafein, karena bisa membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

2. Jangan Membasuh Tubuh Terlalu Sering

Copyright thinkstockphotos.com

Selama bulan Ramadan, kulit kamu sangat rentan terhadap kondisi dehidrasi. Karena itu, hindari dulu membasuh tubuh di luar waktu mandi dan wudhu, agar kulit tak jadi semakin kering. Bila ingin mendinginkan atau melembapkan wajah, kamu bisa menggunakan produk face mist seperti Laneige Water Bank Mineral Skin Mist atau Bioderma Hydrabio Brume.

3. Rawat Kulit Wajah

Ketika kulit kamu dalam kondisi kering, maka biasanya ada penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam. Pastikan kamu melakukan exfoliation atau pengelupasan sel kulit mati secara rutin, setidaknya sekali dalam seminggu. Selain membantu membersihkan pori kulit wajah yang tersumbat, hal ini juga akan merangsang sirkulasi darah di wajah, sehingga kamu bisa terus tampil cantik dengan kulit sehat bersinar. Jangan lupa bilas wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori kulit wajah atau lanjutkan dengan menggunakan masker wajah.

Baca Juga: Selamat Tinggal Kulit Kusam! Ini Deretan Produk Pencerah Wajah yang Bisa Mengatasinya

4. Gunakan Pelembap

Setelah membersihkan muka atau melakukan perawatan kulit wajah rutin, oleskan pelembap pada kulit. Untuk yang berkulit kering, kamu bisa coba pelembap berbahan dasar minyak dan krim seperti L’Occitane Shea Fabulous Oil atau Shiseido Ibuki Refining Moisturizer Enriched. Kalau kulit kamu berminyak, sebaiknya gunakan pelembap berbahan dasar gel seperti Laneige Water Bank Gel Cream.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Copyright thinkstockphotos.com

Tak hanya dari luar, kulit sehat bersinar juga harus didukung oleh asupan nutrisi yang cukup dari dalam tubuh. Selama bulan puasa, kamu harus memaksimalkan protein dalam makanan sahur atau berbuka kamu, seperti ikan, daging, dan kacang-kacangan. Sebagai ganti camilan manis atau gorengan, ayo tukar dengan makanan kaya serat, asam lemak, dan anti-oksidan, seperti buah-buahan berry, kacang almond, dark chocolate, dan buah delima.

6. Gunakan Tabir Surya

Yang satu ini penting sekali untuk diingat. Sebelum kamu keluar ruangan dan beraktivitas di bawah teriknya matahari, kamu wajib mengoleskan tabir surya pada wajah dan tubuh. Lebih oke lagi kalau kamu juga melindungi bibir dengan menggunakan lip balm yang mengandung SPF seperti Sebamed Lip Care Stick SPF 30, agar kulit bibir tetap lembap dan tak mudah kering.

Baca Juga : Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen yang Perlu kamu Ketahui

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Berawal Dari Bali, Ayudia Bing Slamet Putuskan Berhijab
PRODUK REKOMENDASI