Sukses

Beauty

5 Hal Penting Wajib Tahu Soal Retinol (Khususnya Ibu Hamil)

Retinol bukan lagi menjadi produk kecantikan yang asing bagi mereka yang sedang getol-getolnya merawat kulit, wajah terutama. Penggunaan krim retinol dipercaya tidak hanya mampu melawan kerutan, tetapi dalam seukuran biji jagung krim ajaib ini mampu menekan produksi kelenjar minyak di wajah, mengempeskan jerawat, mengurangi noda hitam dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Meski manfaatnya sangat beragam, ternyata mengaplikasikan krim retinol sebagai perawatan kulit nggak boleh sembarangan lho, Ladies. Dermatologis Rita Linker, M.D menyarankan kita agar mengetahui lima hal penting ini terlebih dahulu sebelum memutuskan memasukkan krim retinol ke dalam rangkaian skincare kita sehari-hari:

Retinol tidak hanya untuk menghilangkan noda di wajah

Tidak seperti perawatan untuk noda jerawat yang mana kita hanya perlu mentotolkannya sedikit pada area yang berjerawat. Krim retinol dan serumnya akan bekerja dengan baik jika diaplikasikan ke seluruh wajah.

Nggak perlu mengaplikasikannya banyak-banyak

Retinol sebaiknya diperlakukan kaviar dalam rutinitas perawatan kulitmu. Bukan hanya karena kita hanya memerlukannya tipis-tipis saja, melainkan karena krim dan serum retinol harganya cukup mahal. Disarankan hanya menggunakan seukuran biji kacang polong untuk seluruh wajah dan leher.

Mulailah dengan dosis kecil

Seringkali pengguna retinol tidak sabar ingin segera melihat kulitnya 'bagus' karena krim ajaib ini sehingga mereka mengambil dosis tinggi langsung dan digunakan sering. Sebaiknya mulailah dosisnya dari 0,1 persen dan perlahan-lahan meningkat hingga 1 persen.

Gunakan di malam hari

Retinol bersifat photolabile, yaitu kandungannya tidak bisa bekerja dengan baik di bawah paparan sinar matahari. Meski kita menggunakan sunscreen setelahnya, tetapi hal ini nggak akan banyak berefek pada kulit. Sebaiknya gunakan krim retinol di malam hari.

Hentikan pemakaian jika ...

Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan menggunakan retinol. Meski belum ada studi yang benar-benar menunjukkan dampak penggunakan topical retinoid terhadap ibu hamil dan menyusui, namun para dokter mengkhawatirkan bahan-bahan kimianya berpotensi menimbulkan dampak yang tidak diketahui.

Itu dia serba-serbi soal retinoid yang sebaiknya kamu tahu sebelum menjadikannya holy grail skincare product. Semoga informasi ini membantumu ya!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading