KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Punya Kulit Sawo Matang? Ketahui 3 Hal Ini Dulu

Kamis, 16 Februari 2017 15:00 Penulis: Nadya Paramitha
copyright: pexels.com

Vemale.com - “Malas ah pakai highlighter, hasilnya bikin wajah belang putih-putih!”

Ini jawaban sahabat saya ketika saya tawarkan untuk mencoba highlighter yang saya punya. Hmm, padahal ya, saya dan sahabat saya punya warna kulit yang tak jauh beda. Sawo matang alias kecokelatan. Karena penasaran dengan alasan wajah belangnya, dimulailah sesi interogasi dengan tema ‘menemukan kesalahan pemakaian highlighter’ dengan sahabat saya sebagai pelakunya. Anda yang juga memiliki warna kulit sawo matang, coba simak hasil ‘interogasi’ berikut ini agar pemakaian highlighter Anda tidak gatot (gagal total). Ada 3 poin penting yang harus Anda ketahui!

1. Gunakan Warna yang Tepat

copyright: sociolla.com

Peach Gold, Rose Gold, Pink Gold, Copper.

Saudara-saudari sekalian. Warna highlighter itu tidak hanya satu, melainkan ada banyak! Sahabat saya punya dua highlighter powder. Yang satu warnanya broken white dengan hasil matte, yang satu lagi shimmery icy silver. Ehem, tak heran jika hasilnya bisa bikin belang.... Untuk kulit sawo matang atau kecokelatan, amannya adalah produk dengan warna-warna yang hangat. Bisa bronze, copper, sheer gold, hingga rosy gold. Seperti foundation, pilihlah warna yang ‘masuk’ ke warna kulit.

Jika Anda sudah punya produk dengan warna yang kurang cocok atau pigmennya kurang ‘megang’, coba trik ini. Gunakan lagi blush di atas sapuan highlighter Anda. Dengan begini, warna pipi Anda akan tampak merona dari dalam. Warnanya pun jadi mendekati warna kulit. Lakukan hal ini jika Anda memiliki blush dengan tekstur yang sama dengan highlighter, misalnya blush powder di atas highlighter powder. Hindari menggunakan produk cair di atas produk bubuk, karena hasilnya akan merusak sapuannya.

2. Pemula? Coba Highlighter Cream atau Liquid

copyright: sociolla.com

Selain warna, produk ini juga memiliki berbagai tekstur. Ada yang powder (bubuk), krim, atau liquid (cair). Untuk yang sudah biasa dandan, ‘pegangan’ tangannya mungkin sudah jago. Level expert gitu loh. Namun, untuk pemula atau yang baru coba-coba produk ini, tekanan tangan atau sapuan atau letak bauran sangat memengaruhi hasil. Agar terhindar dari efek wajah belang, Anda mungkin harus menghindari yang berjenis powder. Beberapa produk dengan tekstur powder memiliki pigmen yang sangat kuat sehingga butuh kuas dan tekanan tangan yang halus. Pilih yang bentuknya krim atau cair, yang teksturnya mudah dibaurkan dan terlihat lebih ‘ringan’.

3. Pilih Produk Dengan Hasil Luminous Dibanding Shimmery

Salah satu keuntungan wanita dengan kulit sawo matang adalah adanya kilau alami yang memang sudah dimiliki. Aturan pemakaian produknya pun berbeda dengan wanita yang berkulit terang. Highlight harus dibuat lebih halus, sehingga tak tampak palsu. Hal ini bisa dibantu dengan produk dengan hasil akhir yang tepat. Untuk yang berkulit sawo matang, ada baiknya Anda memilih produk dengan finish luminous (dengan partikel kilau lebih halus) dibanding yang shimmery.

Baca Juga: Kegunaan Lain Highlighter yang Anda Belum Tahu

Article powered by: Beauty Journal Sociolla


 

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA