Sukses

Beauty

Dari PMS Hingga Stres, Ini Penyebab Wanita Gampang Menangis

Ladies, pernah nggak pada saat tertentu kamu tiba-tiba menangis? Tak tahu penyebab yang pasti tapi air mata dengan sendirinya mengalir dan perasaanmu jadi sangat tak menentu. Kamu pun jadi mudah sekali tersinggung. Hm, penyebab untuk kondisi ini sebenarnya sangat beragam. Mulai dari PMS hingga stres.

Sekalipun kamu bukan wanita cengeng tapi pada kondisi tertentu kamu bisa gampang menangis. Kondisi tubuh dan pikiran sangat berpengaruh besar pada kestabilan emosi dan mentalmu. Selengkapnya yuk kita kenali beberapa penyebab seorang wanita gampang menangis berikut ini. Tujuannya agar kita bisa tetap mengendalikan diri saat emosi sedang tidak stabil.

    Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

    Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, sekitar 20 hingga 40 persen wanita mengalami sejumlah gejala PMS saat akan haid. Gampang menangis adalah salah satu gejala PMS yang paling umum selain sakit kepala dan perut kembung. Perasaan jadi sangat sensitif dan gampang tersinggung, mudah sekali kamu menangis. Tapi nantinya kondisi ini akan membaik saat haid dan pasca haid.

    Kurang Tidur

    Seperti bayi, orang dewasa bisa gampang menangis kalau kelelahan. Kalau kamu mengalami perasaan aneh sering tiba-tiba menangis tanpa alasan yang pasti, coba cek kualitas tidurmu. Para peneliti menyebutkan bahwa seseorang bisa mengalami perubahan mood (suasana hati) jika cuma tidur 4,5 jam. Solusi untuk masalah ini tak lain adalah meluangkan waktu lebih untuk benar-benar istirahat yang cukup.

    Rasa Cemas dan Gelisah

    Menangis adalah respon alami saat mengalami perasaan yang tak menentu. Bahkan kamu akan bertanya-tanya sendiri, "Kenapa aku menangis tanpa alasan yang pasti?" Hal ini bisa disebabkan karena kondisi emosi dan mentalmu yang sangat tak stabil. Rasa cemas, gelisah, khawatir, susah tidur, gampang deg-degan, hingga tubuh yang gemetar bisa menyertai juga.

    Stres

    Tingkat kecemasan atau gelisah yang berlebihan bisa mengarah pada rasa stres. Dan stres yang dirasa bisa membuat seseorang jadi gampang menangis. Saat kamu merasa jadi makin sering gampang menangis dan lebih cengeng dari biasanya, coba cek lagi kualitas hidupmu. Jangan-jangan saat ini kamu sedang stres atau merasa terbebani dengan rutinitasmu.

Jadi sebenarnya "menangis tanpa alasan" itu tak benar-benar ada. Pasti ada sesuatu yang menyebabkannya. Bisa karena kondisi tubuhmu atau pikiranmu.

Segera cari bantuan atau berkonsultasi dengan dokter kalau kamu merasa kondisimu makin parah dan tak menantu. Kestabilan emosi pastinya akan sangat mempengaruhi kualitas hidupmu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading