Sukses

Beauty

Menghirup Aroma Kopi, Ampuh Redakan Stres?

Kopi memang punya aroma yang begitu khas. Apalagi jika kopi yang diseduh berasal dari biji kopi berkualitas tinggi. Wah, aromanya yang kuat sudah pasti akan menggelitik indera pencium kita.

Ladies, apakah Anda tahu manfaat dari mencium aroma kopi? Dilansir dari caffeineinformer.com, para peneliti hingga saat ini telah menemukan 800 kandungan di dalam kopi. Sebagian besar kandungan tersebut berhubungan dengan aroma khasnya. Kopi kaya akan senyawa-senyawa heterosiklik yang mempengaruhi rasa serta aroma suatu bahan. Manusia cenderung menyukai aroma khas kopi karena aromanya menyentuh banyak reseptor bau.

Aroma dan bau-bauan bisa memicu perasaan bahagia, kenangan, hingga trauma. Sementara itu, aroma kopi bisa membuat kita lebih terjaga. Saat kita menghirup aroma kopi, akan ada sinyal yang terkirim ke otak dan menstimulasinya.

Dilansir dari webmd.com, ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum dan mencium aroma kopi bisa berdampak pada gen-gen dan protein-protein dalam otak. Para penulis penelitian yang diketuai oleh Han-Seouk Seo dari Seoul National University menuliskan kalau aroma kopi bisa memengaruhi kita, atau dalam penelitian ini memengaruhi tikus-tikus percobaan, sebagian di antaranya tak mendapat tidur yang cukup.

Dengan tikus percobaan dan biji kopi Colombia yang sudah disangrai, Seo dan koleganya dari Jepang dan Jerman menguji bagaimana aroma kopi memengaruhi otak tikus-tikus dewasa yang “stres” karena kurang tidur dan yang tidak mengalami stres. Kemudian membandingkannya dengan dua kelompok tikus yang stres dan tidak stres tapi tak diberi aroma kopi.

Hasilnya, tikus-tikus yang kurang tidur dan mencium aroma kopi menunjukkan tingkat aktivitas berbeda di 17 gen otaknya. Kadar sejumlah protein otak juga berubah yang bisa memberi efek menenangkan dan memiliki fungsi sebagai antioksidan. Apakah efek yang dirasakan manusia sama dengan tikus-tikus percobaan tersebut bila menghirup aroma kopi? Hal ini sepertinya masih butuh penelitian lebih lanjut.

Ladies, mungkin Anda mau mencoba sendiri di rumah? Misal dengan meletakkan biji kopi yang sudah disangrai di samping tempat tidur Anda. Lalu di pagi hari, Anda bisa coba menghirupnya, buktikan sendiri apakah Anda merasa lebih tenang dan berkurang stres Anda saat menghirupnya.



 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading