Sukses

Beauty

7 Fakta Unik dan Misteri Mimpi Yang Belum Anda Tahu

Yang namanya mimpi, selalu dikatakan sebagai kembang tidur atau pemanis saat kita tidur. Sejak dulu, mimpi masih jadi hal yang misterius. Sederet penelitian belum bisa mengupas tuntas rahasia di balik mimpi. 

Dari banyaknya penelitian itu, masih banyak misteri tentang dunia mimpi. Di Indonesia sendiri, mimpi sering dikaitkan dengan petanda tertentu atau sesuatu yang berhubungan dengan alam gaib. Misalnya saja mimpi menggendong bayi pria berarti akan mendapat rejeki, atau mimpi gigi tanggal berarti ada keluarga yang akan meninggal.

Benarkah semua itu? Dari jutaan misteri mimpi, mari kupas beberapa fakta tentang mimpi.

  1. Walaupun Anda yakin ingat dengan mimpi yang terjadi dan ingat detil kejadiannya saat sedang bermimpi, sebenarnya kita melupakan sebagian besar mimpi tersebut. Sekitar 50 persen mimpi akan terhapus saat kita terbangun 5 menit. Lalu setelah 10 menit, kita akan melupakan 90 persen mimpi.
  2. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jennie Parker, psikolog dari University of the West of England, wanita lebih sering mengalami mimpi buruk ketimbang pada pria.
  3. Ada perdebatan antara warna-warna yang muncul di mimpi. Ada yang mengatakan bahwa sebagian besar mimpi sebenarnya tidak berwarna, alias hitam putih. Namun ada juga yang mengatakan bahwa mimpi memiliki warna, namun sebagian kecil hitam putih.
  4. Orang yang tidak memiliki penglihatan akan memimpikan aroma, sentuhan, bias cahaya dan membuatnya menjadi rangkaian cerita.
  5. Fakta yang ini agak aneh, ternyata pria lebih sering memimpikan pria. Sedangkan wanita memimpikan pria dan wanita secara seimbang. Maka tidak heran jika pria sangat bahagia jika berhasil memimpikan wanita, apalagi wanita yang dia sukai.
  6. Dalam satu kali tidur, kita bisa mengalami sekitar 3 hingga 7 mimpi yang berbeda. Dari waktu tidur normal, kira-kira 2 hingga 3 jam habis untuk bermimpi.
  7. Pernah nonton Inception? Teori itu bukan khayalan semata, karena kita bisa mengatur mimpi. Nama ilmu ini adalah Lucid Dream, yaitu kemampuan seseorang untuk mengatur dan merancang mimpinya. Cara ini agak sulit, namun bisa dilatih dengan terus mengingat dan menulis mimpi apa yang Anda alami langsung setelah bangun tidur.

Itulah beberapa fakta mimpi. Apakah Anda percaya bahwa mimpi menyimpan misteri? Atau sekedar bunga tidur saja?

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading