Sukses

Beauty

Spa Ala Kartini Jaman Dulu

Oleh: Agatha Yunita

Bersyukurlah Anda bahwa saat ini banyak sekali spot-spot spa yang menjamur dengan segala perawatan kulit yang ditawarkan, dan bisa Anda kunjungi kapan saja. Jaman dahulu, semua bahan adalah hasil alam dan harus diracik dan dihaluskan sendiri. Kalau sekarang sih, sudah ada beberapa herbal spa instant yang tinggal diaplikasikan di tubuh tanpa harus meracik atau menghaluskannya.

Namun, sepertinya asyik ya bermain dan berkreasi dengan bahan-bahan yang langsung dari alam. Nah, jika Anda penasaran, yuk kita coba spa alam ala Kartini jaman dahulu. Sudah siap?

Pertama-tama, siapkan bahannya terlebih dahulu, terdiri dari:

3 ruas kunyit, 1 sdm gula pasir, 4 sdm madu, 50 ml air. Haluskan, dan campur semua bahan tersebut jadi satu di sebuah mangkuk.

Kedua, oleskan pada seluruh tubuh, hingga wajah. Dan pada bagian-bagian yang kasar, terutama tumit, siku, dan lutut, massage selama beberapa menit agar sel kulit mati dapat berganti. Gula pasir yang dicampurkan tadi berfungsi sebagai scrub alami yang aman untuk kulit, asal jangan digosokkan terlalu ekstrem saja.

Ketiga, biarkan ramuan tersebut mengering dengan sendirinya. Sementara itu siapkan bahan kedua:

Air hangat untuk mandi, taburi dengan kelopak bunga mawar, 2 buah sari jeruk nipis dan 1 sdt minyak zaitun. Campurkan semua ramuan di dalam sebuah bak mandi (bathup).

Keempat, berendamlah di dalam air hangat dan perlahan massage sendiri seluruh tubuh sambil berusahalah menghilangkan beberapa bagian yang masih terkena lulur kunyit.

Kelima, bilas kembali tubuh Anda dengan air bersih. Anda boleh menggunakan sabun, namun sangat disarankan gunakan sabun mangir agar aroma alaminya tidak hilang.

Nah, bagaimana, apa yang Anda rasakan setelah berendam dan melakukan perawatan ala Kartini tadi? Segar dan nyaman bukan?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading