Sukses

Beauty

Yuk Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat. Bagi penyuka yoga, manfaat yang paling terasa adalah tubuh menjadi lentur dan tidak mudah lelah. Ternyata selain bermanfaat bagi kebugaran tubuh, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak lho ladies. Dengan melakukan yoga secara rutin selama 20 menit setiap hari, kinerja otak bisa membaik dan meningkat. Hal ini ditemukan ilmuwan di University of Illinois di Urbana-Champaign yang melakukan penelitian mengenai hal ini.

Ilmuwan di Urbana-Champaign melakukan penelitian kepada 30 orang. Partisipan diukur kemampuan otaknya menggunakan tes memori. Hasilnya sungguh mengagumkan. Orang-orang yang mengikuti dan melakukan yoga dengan rutin selama 20 menit setiap hari dapat menyelesaikan tes lebih cepat daripada partisipan yang melakukan olahraga lainnya seperti lari atau berenang. Partisipan yang rutin melakukan yoga memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memfokuskan mental mereka.

"Yoga adalah ilmu dari India kuno serta jalan hidup yang tak hanya melibatkan gerakan fisik tetapi juga menjaga pernapasan dan meditasi," ungkap peneliti University of Illinois. Manfaat lain dari rutin melakukan yoga adalah dapat merespon informasi dengan lebih cepat, akurat, serta mampu belajar dan mengingat lebih baik. Hal ini membuat partisipan yang rutin melakukan yoga menjadi lebih unggul dibandingkan dengan partisipan yang melakukan olahraga lain.

Selain penelitian yang dilakukan di University of Illionis, Dr Debbie Cohen dari University of Pennsylvania juga melakukan penelitian seputar manfaat yoga. Dalam penelitian terpisah yang dilakukan oleh Dr Debbi, dia menemukan bahwa melakukan yoga dua kali seminggu bisa menurunkan tekanan darah. Proses pernapasan yang ada dalam olahraga yoga membuat pikiran lebih tenang dan mencegah pikiran buruk untuk datang. Karena itulah, tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Olahraga yoga selain praktis dan tidak menyita tempat juga memiliki banyak manfaat. Dengan menyisihkan waktu 20 menit setiap hari saja untuk melakukan yoga, Anda mendapat banyak hasil positif tidak hanya bagi tubuh tapi juga meningkatkan kinerja otak. Untuk Anda yang belum pernah melakukan yoga, coba ikut yoga yuk.

(vem/Sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading