Sukses

Beauty

Stress, Jadi Diam Atau Malah Eksplosif?

Vemale.com- Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda ketika dihadapkan pada stres. Beberapa orang cenderung mengalami depresi, berlarut-larut dalam kesedihan yang berlebihan dan menjadi sangat tergantung pada sesuatu atau seseorang ketika stres. Segala yang ada dirasakannya sebagai kesedihan.

Sebagian besar lainnya justru sangat reaktif ketika sedang stres, yang sayangnya, reaktif secara negatif. Sedikit saja kata atau perbuatan yang menyinggung bisa menyulut amarahnya. Bahkan ketika Anda tidak bermaksud melakukan hal negatif itu, pikirannya telah mendahului perbuatan Anda dan membuatnya tidak terima.

Sisanya adalah kelompok orang-orang yang 'bingung', paduan antara mudah tersinggung, mudah marah namun juga mengasihani diri sendiri dan terpuruk dalam kesedihan berlarut-larut. Orang yang memilih eksplosif saat stres biasanya tidak mau dirinya disakiti dan tidak kehilangan kepercayaan diri; berbeda dengan orang tipe yang ketiga ini, mereka dengan mudah merasa rendah diri sekaligus marah kepada sekelilingnya.

Perbedaan reaksi orang dalam menghadapi stres ternyata berpengaruh pada cara mengatasi stres itu sendiri. Beda reaksi, beda pula perlakuan yang dibutuhkan untuk membebaskan orang tersebut dari stres. Berikut ini caranya.

Si penyiksa diri sendiri

Untuk mereka yang mudah depresi, terapi menenangkan diri justru akan membuatnya semakin terpuruk. Pilih teknik relaksasi yang lebih membangkitkan semangat dan merangsang sistem syarafnya untuk aktif, seperti latihan ritmik, dansa, dan olahraga.

Si tukang marah-marah

Tipe ini butuh ditenangkan dengan teknik relaksasi. Lakukan meditasi, latihan pernafasan, mengunjungi tempat-tempat yang menenangkan dan mendengarkan musik-musik teduh.

Si bingung

Oleh karena tipe ini adalah gabungan dari dua tipe sebelumnya, cara mengatasinya pun gabung dari keduanya. Orang ini butuh teknik relaksasi yang menenangkan sekaligus mengaktifkan tubuh, seperti power yoga dan joging di medan berat.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading