Sukses

Beauty

Punya Hobi Bikin Kerajinan, Hidup Lebih Bahagia dan Bebas Stres

Stres, depresi, dan cemas, semua itu memang jadi bagian dari kehidupan dan keseharian kita. Kalau bisa mengatasinya dengan baik, hidup bisa lebih baik. Hanya saja kadang saat sudah memiliki perasaan tertekan, mengatasi itu semua terasa sangat sulit.

Ada banyak cara untuk bikin hidup lebih bahagia dan bebas stres. Salah satu cara termudahnya adalah dengan memiliki hobi membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan ini bisa bermacam-macam jenisnya. Mulai dari merajut, membuat karya dari barang bekas, hingga membuat aksesoris dari berbagai manik-manik.

Menjaga Fungsi Otak
Seperti yang dikutip oleh lifehack.org, ada sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa hobi bikin kerajinan ini bisa bantu melindungi otak dari kerusakan karena penuaan. Ritme aktivitas bikin kerajinan tangan yang berulang bisa dibilang mirip dengan meditasi yang bisa membawa kita ke kondisi tenang. Manusia pada dasarnya hanya bisa fokus pada satu hal dalam satu jangka waktu tertentu.

Dengan memilih untuk membuat pikiran sibuk dengan membuat kerajinan tangan, kita melindungi pikiran dari hal-hal yang membuat kita kacau. Saat membuat kerajinan, kita bisa membuat diri lebih tenang dan menstabilkan emosi.

Intinya Pilih Aktivitas yang Kamu Suka
Kegiatan membuat kerajinan tangan ini sangat banyak dan beragam. Intinya sih pilih yang kamu suka dan kamu betah melakukannya dengan perasaan senang. Kalau tak suka merajut, kamu bisa pilih kegiatan membuat aksesoris. Atau bisa juga kamu mencoba sesuatu yang baru untuk membuatmu lebih semangat beraktivitas.

Saat dilanda masalah atau mengalami sesuatu yang berat dalam hidup, coba alihkan pikiran dengan melakukan sesuatu yang bisa cukup menyita waktu. Membuat kerajinan pastinya akan membuatmu harus meluangkan waktu khusus. Ketika pikiran sudah teralihkan untuk melakukan sesuatu, stres dan perasaan tertekan bisa dengan sendirinya luntur. Dan kita jadi lebih mudah mengendalikan emosi dan perasaan.


Tak Perlu Memaksakan Diri
Beri dirimu waktu untuk bisa mengeksplorasi dan benar-benar menikmati hobi membuat kerajinan tangan. Tak usah memaksakan diri kalau ternyata kamu cuma bisa bertahan kurang dari satu jam untuk melakukan hobi tersebut. Nanti saat sudah menemukan tempo dan ritmenya, kamu akan merasa nyaman dengan sendirinya. Apalagi jika hasil yang kamu buat ternyata memuaskan, kamu pasti bakal tambah nggak sabar untuk membuat yang baru lagi.

Jadi, kerajinan tangan apa yang akan kamu buat saat ini, Ladies?




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading